Advertorial

Berkenalan dengan Jenis-jenis Epoxy Flooring, Cat yang Bikin Lantai Bangunan Kinclong

Kompas.com - 14/02/2023, 14:36 WIB

KOMPAS.com – Pengaplikasian epoxy kini tengah menjadi tren untuk interior bangunan. Selain digunakan pada pabrik dan gudang, epoxy juga diterapkan di berbagai jenis properti lain, seperti kantor, restoran, bandara, perumahan, dan rumah toko (ruko).

Epoxy sendiri merupakan salah satu jenis resin yang berfungsi sebagai pelapis untuk lantai beton atau rangka bangunan dan dinding. Adapun pengaplikasian material pada lantai disebut epoxy flooring. Penggunaan epoxy membuat lantai bangunan terlihat berkilau, tetapi tidak licin.

Salah satu produsen cat epoxy di Tanah Air adalah PT Kimia Konstruksi Indonesia. Produk cat epoxy buatan perusahaan ini dapat menjadi pilihan sekaligus solusi tepat bagi setiap kalangan yang membutuhkan cat epoxy untuk flooring.

Epoxy flooring memiliki beragam jenis yang dapat dipilih sesuai kebutuhan atau jenis lantai. Berikut adalah enam jenis epoxy flooring terbaik yang bisa diterapkan.

  1. Primer epoxy oil based danwater based

Primer epoxy oil base adalah resin epoxy berbahan dasar minyak (oil), sedangkan primer epoxy water based berbahan dasar air. Keduanya memiliki fungsi sama, yaitu sebagai pelapis dasar lantai yang dibuat khusus sebagai pelapis dasar.

Untuk mendapatkan hasil flooring yang lebih optimal, PT Kimia Konstruksi Indonesia merekomendasikan penggunaan produk Consol Floor 161 untuk primer epoxy oil base terbaik.

Produk tersebut dapat digunakan sebagai coating primer serta adhesion promoter untuk lantai epoxy dan polyurethane (PU) pada lantai beton, screed mortar semen,lantai semen epoxy, dan mortar epoxy.

Sementara untuk primer epoxy water based, produk Consol Hybrid Natural AB dapat menjadi pilihan. Produk ini memiliki beragam fungsi, yakni meratakan atau menambal permukaan beton, meratakan lapisan bawah lantai epoxy, serta pelapis lantai sintetis, karpet, dan parket kayu

  1. Epoxy hybrid

Epoxy hybrid juga menjadi salah satu pilihan tepat untuk memberikan lapisan pada lantai. Jenis resin ini digunakan sebagai penahan kelembapan lantai.

Ada dua produk dari Consol yang direkomendasikan PT Kimia Konstruksi Indonesia. Pertama, Consol Hybrid Epoxy V. Produk ini berfungsi sebagai penyegel pori sementara pada permukaan vertikal dan horizontal.

Kedua, Consol Hybrid Epoxy Natural. Produk ini sangat baik digunakan untuk meratakan atau menambal permukaan beton, penyegel sementara pada permukaan horizontal, serta pelapis lantai sintetis, karpet, atau parket kayu

  1. Epoxy water based thin coat

Epoxy water based thin coat adalah jenis epoxy yang mudah larut dalam air dan dapat memberikan tampilan semi-mengilap pada lantai dan dinding beton. Produk yang direkomendasikan untuk Anda adalah Consol Floor 253.

Produk tersebut memberikan perlindungan optimal pada lantai dan dinding beton serta dapat diaplikasikan untuk lantai area produksi, garasi, dan laboratorium

  1. Epoxy oil based self-levelling and coating

Epoxy oil based self-levelling (SL) and coating merupakan epoxy berbahan dasar minyak yang memiliki ketahanan dan keawetan sangat baik.

Rekomendasi produk jenis tersebut adalah Consol Floor 361. Produk ini cocok diaplikasikan untuk lantai area produksi, parkiran mobil, laboratorium, dan ruang penyimpanan.

  1. PU concrete

PU concrete adalah gabungan dari berbagai jenis pasir, dry powder, dan spesial PU resin.

Gabungan seluruh komponen tersebut dapat menghasilkan lapisan pelindung lantai yang lebih tahan terhadap bahan kimia sehingga cocok digunakan pada area basah.

Produk pelapis terbaik yang bisa Anda gunakan adalah Consol Ecocrete Produk PU Concrete LF, MF, HF, dan GF yang menghasilkan tampilan akhir doff. Produk ini cocok digunakan untuk lantai higienis, area basah, lantai tahan bahan kimia, dan lantai tahan gesekan atau goncangan, seperti untuk freezer, lemari es, dan oven.

  1. PU concrete glossy

PU uconcrete glossy terbuat dari bahan dasar yang sama dengan PU concrete doff. Jenis epoxy ini juga dapat diaplikasikan pada lantai higienis, area basah, dan lantai tahan bahan kimia.

Meski demikian, kedua jenis ini punya perbedaan pada hasil akhirnya. Lantai dengan PU concrete glossy tampak lebih mengilap ketimbang PU concrete.

Keunggulan lainnya adalah membuat lantai antiselip dan tidak licin sehingga lebih aman bagi pengguna. Tahapan pengerjaannya pun lebih cepat sehingga lebih efisien.

Itulah enam jenis epoxy flooring terbaik yang bisa diaplikasikan sesuai dengan kebutuhan lantai bangunan.

Anda tertarik menggunakan epoxy flooring jenis apa? Penggunaannya tentu harus disesuaikan dengan kebutuhan dan jenis bangunan Anda.

Untuk mendapatkan kualitas epoxy unggulan, Consol Flooring bisa menjadi pilihan terbaik. Sebab, dalam epoxy flooring, hasil akhirnya ditentukan oleh jenis cat yang digunakan.

Informasi lebih lengkap seputar epoxy flooring bisa didapat dengan mengeklik tautan berikut.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com