Advertorial

Sakit tenggorokan? Jangan Langsung Minum Antibiotik

Kompas.com - 15/02/2023, 15:20 WIB

Sakit tenggorokan merupakan salah satu penyakit yang umum diderita dengan gejala rasa sakit dan gatal pada tenggorokan, sakit saat menelan dan kadang disertai bengkak/kemerahan pada tenggorokan. Penyebab paling umum sakit tenggorokan adalah infeksi virus. Selain infeksi oleh virus, bisa juga disebabkan infeksi bakteri, iritasi karena asap rokok atau asap pembakaran, iritasi makanan (atau zat kimia tertentu yang ada di dalam makanan), alergi dan bisa juga karena disebabkan refluks asam lambung (GERD).

Karena penyebab paling umum sakit tenggorokan adalah infeksi virus, oleh karena itu kurang tepat jika mengonsumsi antibiotik. Perlu diperhatikan juga menggunakan antibiotik sembarangan beresiko menyebabkan resistensi. Jika sudah terjadi resistensi,kedepannya pengobatan menggunakan antibitotik sudah tidak bisa lagi menyembuhkan infeksi. Oleh karena itu, hanya gunakan antibiotik sesuai anjuran dokter.

Jika sakit tenggorokan menyerang, jangan langsung minum antibniotik, berikut adalah obat-obatan yang dapat dikonsumsi:

  1. Spray Antiseptik

Spray antiseptik berkerja lokal pada area mulut dan tenggorokan, kandungan antiseptiknya mempercepat penyembuhan sakit tenggorokan karena virus maupun bakteri. Juga bisa meredakan sakit tenggorokan dengan cepat. Tidak banyak pilihan spray antiseptik oral di apotek, pilihlah spray mulut dengan kandungan Phenol Crystal.

  1. Dexamethason/metilprednisolon

Merupakan obat untuk meredakan gejala peradangan seperti bengkak dan rasa panas pada tenggorokan. Diminum sehari 2-3 kali dan jika gejala radang sudah reda, penggunaan obat ini bisa dihentikan

  1. Parasetamol/ibuprofren

Obat ini bisa dipilih jika gejala sakit tenggorokan disertai demam. Diminum sehari 2-3 kali dan jika demam sudah reda, penggunaan obat ini bisa dihentikan

  1. Multivitamin

Multivitamin berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh dan mempercepat penyembuhan. Selalu gunakan multivitamin untuk mendampingi obat-obatan anda untuk memperkuat imun tubuh terhadap serangan virus maupun bakteri. Multivitamin juga baik dikonsumsi setiap hari.

-DOK. Istimewa -

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com