Advertorial

Punya Banyak Nutrisi, Berikut 6 Keuntungan Mengonsumsi Air Kelapa Saat Ramadhan

Kompas.com - 17/02/2023, 09:00 WIB

KOMPAS.com - Sebentar lagi Ramadhan tiba. Sejumlah persiapan pun sudah dimulai masyarakat. Salah satunya adalah menyiapkan daftar sajian selama bulan puasa.

Dari beragam sajian, air kelapa kerap dimasukkan sebagai salah satu daftar menu berbuka puasa. Terlebih, meminum air kelapa sudah seperti tradisi turun-menurun yang diwariskan oleh setiap keluarga di Indonesia.

Selain menyegarkan, minuman tersebut juga memiliki kandungan nutrisi yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh.

Dilansir dari healthline.com, air kelapa memiliki sejumlah kandungan yang bermanfaat bagi tubuh, seperti karbohidrat, mineral, protein, elektrolit (potasium, sodium, magnesium, serta kalsium), sitokinin, asam amino, vitamin B, dan antioksidan.

Lalu, apa saja manfaat mengonsumsi air kelapa terlebih selama menjalankan ibadah puasa? Berikut adalah ulasannya.

  1. Membantu mengembalikan cairan tubuh yang hilang

Dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh merupakan hal yang lumrah terjadi saat seseorang menjalankan ibadah puasa.

Dilansir dari laman mayoclinic.org, dehidrasi terjadi ketika jumlah cairan dan elektrolit yang keluar melebihi jumlah yang masuk ke dalam tubuh.

Elektrolit sendiri adalah mineral bermuatan listrik yang banyak terdapat pada sel dan jaringan tubuh manusia. Salah satu fungsi senyawa ini adalah untuk mengendalikan atau menyeimbangkan kadar air dalam tubuh,

Oleh karena itu, Anda perlu segera mengganti cairan tubuh yang hilang saat berbuka puasa agar terhindar dari hal yang tak diinginkan.

Adapun orang yang mengalami dehidrasi akan merasakan beberapa gejala, seperti haus yang ekstrem, mulut terasa kering, kulit kering, pusing, lemas, sakit kepala, kelelahan, dan sulit fokus.

Untuk mengatasi dehidrasi, air kelapa bisa menjadi opsi minuman saat berbuka puasa. Pasalnya, air kelapa punya kandungan elektrolit yang lebih banyak ketimbang air putih, seperti potasium, sodium, magnesium, dan kalsium.

Selain itu, air kelapa juga rendah sodium ketimbang minuman berenergi sehingga mengurangi risiko tekanan darah tinggi. Kadar kalium yang tinggi pada air kelapa juga berperan menjaga keseimbangan cairan tubuh dan mengatur tekanan darah.

  1. Meningkatkan imunitas tubuh

Selain membantu menghidrasi tubuh, air kelapa juga berfungsi membantu meningkatkan imunitas tubuh.

Dokter spesialis gizi klinis Rumah Sakit (RS) Pondok Indah dr. Juwalita Surapsari, MGizi mengatakan, manfaat tersebut didapat berkat kandungan vitamin B6 atau folat pada air kelapa yang berfungsi membantu tubuh memproduksi serta memelihara sel-sel baru.

“Jika melihat manfaatnya, vitamin B6 punya peran besar sekali di dalam sistem imun. Orang yang mengonsumsi air kelapa akan mendapat manfaat dari berbagai kandungan vitamin yang ada di dalamnya (termasuk vitamin B6),” ujar Juwalita seperti diberitakan Kompas.com, Rabu (14/7/2021).

Selain vitamin B6, air kelapa juga memiliki kandungan asam laurat dan vitamin C yang bersifat antioksidan. Berkat kandungan ini, minuman tersebut dapat membantu sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi yang diakibatkan oleh virus, bakteri, atau jamur.

  1. Memperlancar pencernaan

Orang yang menjalankan ibadah puasa kadang kala mengalami sembelit. Kondisi ini merupakan hal wajar karena saat berpuasa karena tubuh kekurangan asupan nutrisi, cairan, dan durasi waktu tidur.

Dikutip dari pharmeasy.in, konsumsi air kelapa dapat menjadi cara alami untuk mengatasi kondisi tersebut.

Pasalnya, kandungan magnesium yang ada dalam air kelapa dapat membantu meningkatkan fungsi otot pencernaan, meningkatkan kadar air, membantu sistem peristalsis, dan melembekkan feses. Dengan begitu, pencernaan dapat lancar kembali.

  1. Menghidrasi kulit

Kulit kering adalah satu dampak yang dirasakan saat tubuh sedang mengalami dehidrasi. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengonsumsi air kelapa secara rutin.

Untuk diketahui, air kelapa mengandung antioksidan dan sitokinin tinggi. Kedua kandungan ini bisa mencegah tanda-tanda penuaan dini, mengurangi pigmentasi, dan meningkatkan kadar kolagen kulit.

Selain itu, kandungan omega-3 dan vitamin lain pada air kelapa juga mampu membantu mengelupas sel-sel kulit mati, mengecilkan pori-pori, dan mencerahkan kulit.

  1. Mencukupi kebutuhan nutrisi dan vitamin

Air kelapa dapat membantu tubuh untuk melengkapi kebutuhan nutrisi dan vitamin penting. Contohnya adalah kandungan gula, karbohidrat, zat besi, protein, dan kalium.

Bahkan, air kelapa memiliki kandungan kalium lebih tinggi ketimbang minuman olahraga dan empat buah pisang.

  1. Menjaga kesehatan jantung dan kolesterol

Berkat kandungan kalium yang tinggi, air kelapa dapat membantu menjaga kesehatan jantung dengan mengurangi tekanan darah dan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Agar manfaat tersebut bisa didapat secara maksimal, Anda bisa melengkapi diet Anda dengan air kelapa dan makanan kaya kalium lain.

Itulah enam manfaat penting mengonsumsi air kelapa asli selama Ramadhan. Seluruh manfaat tersebut juga bisa ditemukan pada Hydro Coco.

Sebagai informasi, Hydro Coco terbuat dari 100 persen air kelapa asli yang diproduksi oleh KALBE Nutritionals, perusahaan yang ahli di bidang kesehatan dan nutrisi. Di dalamnya juga terkandung sejumlah nutrisi bermanfaat bagi tubuh, seperti vitamin C, B3, B5, dan B6, kalsium, magnesium, serta tinggi serat dan rendah kalori.

Selain itu, produk tersebut juga dibuat tanpa bahan pengawet dan pemanis buatan sehingga aman untuk dikonsumsi setiap hari. Hydro Coco tersedia dalam ukuran 250 mililiter (ml), 3.300 ml, 500 ml, dan 1 liter yang pas untuk keluarga.

Jadi, siapkan selalu air kelapa di rumah untuk berpuasa nanti. Bagi yang ingin membeli produk Hydro Coco, silakan kunjungi toko terdekat atau klik tautan berikut.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com