Advertorial

Dana Pensiun Perusahaan Pelabuhan Akselerasi Transformasi Organisasi

Kompas.com - 18/02/2023, 10:34 WIB

KOMPAS.com -  Dana Pensiun Perusahaan Pelabuhan dan Pengerukan (DP4) mendukung program transformasi Dana Pensiun (Dapen) Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang digagas oleh Kementrian BUMN.

Transformasi tersebut dibutuhkan agar organisasi menjadi lebih sehat dan mampu menjamin kesinambungan pembayaran Manfaat Pensiun (MP) bagi para pensiunan.

Sebagai informasi, DP4 merupakan pengelola dana pensiun dari perusahaan pendiri, yakni PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau Pelindo, serta empat mitra pendiri yang terdiri dari PT Pelabuhan Indonesia I, III, IV (Persero) dan PT Pengerukan Indonesia.

Sejalan dengan program pembenahan Dapen BUMN oleh Kementerian BUMN, pada 2021 dilakukan pergantian pengurus. Kala itu Juni 2021, posisi Direktur Utama efektif dijabat oleh Mujianto.

“Pasca-merger pada 1 Oktober 2021, Pelindo selaku perusahaan pendiri mendorong Dapen untuk meningkatkan kinerja operasional, kualitas layanan kepada pensiunan dan reformasi organisasi sehingga selaras dengan strategi perusahaan pendiri,” ujar Group Head Sekretariat Perusahaan PT Pelindo Ali Mulyono dalam rilis yang diterima Kompas.com, Sabtu (18/2/2023).

Sebagai wujud komitmen, pihak manajemen DP4 menyusun program transformasi Dapen yang tertuang dalam Roadmap tahun 2021 – 2025 dengan tiga tahapan, yaitu: Fit in Business (2021-2022); Enhancement (2023); dan Establishment (2024-2025).

Pada tahap Fit in Business, sejumlah program telah dilaksanakan. Program itu antara lain pembaruan atas pedoman kerja, pengesahan kode etik, penyusunan standard operating procedure (SOP), serta penerapan transaksi cashless dan digitalisasi layanan keuangan.

Adapun seluruhnya dimaksudkan untuk memperbaiki tata kelola dana pensiun yang lebih baik (good pension government).

“Sebagai (bentuk) pertanggungjawaban manajemen, kinerja DP4 pada 2022 menunjukkan hasil positif sehingga pembayaran manfaat pensiun kepada lebih dari 10.000-an peserta dapat berjalan dengan baik dan lancar,” jelas Direktur Utama DP4, Mujianto.

Pada 2023, DP4 memasuki tahap Enhancement dengan fokus peningkatan kualitas pelayanan, melakukan optimalisasi aset dan investasi. Dengan begitu, pengelolaan Dapen menjadi berkelanjutan (sustainable).

“Manajemen DP4, baik pendiri, mitra pendiri, pengurus, dan dewan pengawas siap mengawal transformasi dan reformasi organisasi. Kami berharap, DP4 dapat melaksanakan program transformasi menjadi pengelola Dapen yang sehat dengan tata kelola yang semakin baik,” ujar Mujianto.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com