Advertorial

Bangun Kemandirian Fiskal, Mendagri Dorong Kepala Desa Tingkatkan Pendapatan Asli Desa

Kompas.com - 19/02/2023, 19:24 WIB

KOMPAS.com – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian mendorong kepala desa agar meningkatkan pendapatan asli desa (PADes). Menurut Tito, PADes diperlukan untuk membangun kemandirian fiskal pemerintahan desa sehingga berbagai program pembangunan dapat berjalan lancar.

Pesan tersebut disampaikan Tito saat membuka Simposium Desa 2023 bertajuk “Urgensi Revisi Undang-Undang Desa Nomor 6 Tahun 2014 Membangun Indonesia dari Desa” di Hotel Grand Paragon Gajah Mada, Jakarta, Minggu (19/2/2023). Adapun kegiatan ini digelar oleh Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI).

Tito menjelaskan, serupa dengan kemandirian fiskal pemerintah daerah (Pemda), kemandirian desa juga ditandai dengan jumlah PADes yang lebih besar ketimbang dana transfer dari pemerintah pusat.

“Transfer dana desa yang ada hanya (berperan sebagai) pemancing agar operasional desa berjalan. Dari peluang itu, diharapkan akan timbul peluang untuk pendapatan baru PADes,” ujar Tito dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Minggu (19/2/2023).

Pada kesempatan itu, dia juga meminta kepala desa menyadari bahwa penguatan desa tidak bisa dilakukan hanya dengan mengandalkan anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN). Kepala desa perlu berinovasi demi terciptanya kemandirian fiskal.

“Ketika pemerintah pusat kesulitan memenuhi harapan pemda (dalam hal program pembangunan), kemandirian fiskal pemerintah desa diharapkan dapat menjadi solusi alternatif,” kata Tito.

Tito menuturkan, selain mendukung pembangunan, PADes juga dapat digunakan untuk menyejahterakan perangkat desa, termasuk kepala desa. Dengan demikian, mereka dapat mengantongi tambahan pendapatan sesuai ketentuan.

Pada kesempatan itu pula, Tito menjelaskan sejumlah praktik sukses pemerintah desa yang telah mampu mengantongi PADes dengan jumlah yang besar melalui pemanfaatan berbagai potensi yang dimiliki. Dia berharap, semua kepala desa dapat belajar dari pengalaman tersebut sehingga PADes meningkat.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com