Advertorial

Festival Musik Open Air Amphitheatre Pertama di Indonesia, Prambanan Musik Senja, Siap Ajak Penonton Nikmati Musik secara Intim di Waktu Sore

Kompas.com - 20/02/2023, 16:12 WIB

KOMPAS.com – Dua penyanyi muda kenamaan Indonesia, Rizky Febian dan Mahalini, akan tampil di festival musik berkonsep open air amphitheatre pertama di Indonesia, Prambanan Musik Senja: Love in Jogja. Acara ini digelar di Prambanan Open Air Theater Candi Prambanan, Yogyakarta, Sabtu (26/2/2023).

Open air amphitheatre sendiri merupakan arena pertunjukan luar ruangan berbentuk lonjong atau bulat dan tanpa atap dengan tempat duduk penonton bertingkat-tingkat. Konsep ini memungkinkan seluruh penonton mendapatkan tempat duduk untuk menikmati pertunjukan.

Pimpinan Oneline Pro Nur Wakhid mengatakan, pertunjukan musik berkonsep open air amphitheatre sudah rutin dilaksanakan di Amerika Serikat (AS), seperti The Orion Amphitheatre, Shoreline Amphitheatre, serta Red Rocks Park and Amphitheatre.

“Prambanan Musik Senja menjadi festival musik pertama yang menggunakan Prambanan Open Air sebagai venue konsernya,” kata Wakhid dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (20/2/2023).

Wakhid menjelaskan, Prambanan Musik Senja akan mengajak penonton menikmati musik dengan latar keindahan pemandangan Candi Prambanan saat senja dan lighting show spektakuler.

Selaku promotor, Oneline Pro akan mendatangkan Rizky Febian dan Mahalini. Kedua musisi ini sedang naik daun di kalangan milenial.

Oneline Pro juga menghadirkan D’Cinnamons yang akan membawakan lagu nostalgia era 2000-an. Hadir pula musisi tunanetra yang menjadi simbol kesetaraan dalam berkarya, Putri Ariani, serta penyanyi pendatang baru Sindy Amani.

“Kami ingin memperlihatkan bahwa Prambanan Open Air terbuka untuk semua orang, baik industri musik indi maupun artis disabilitas dalam berkarya,” ujarnya.

Wakhid memaparkan bahwa Panggung Ramayana yang biasa digunakan untuk pertunjukan sendratari akan disulap menjadi venue konser musik yang megah. Hal ini pun belum pernah dilakukan sebelumnya oleh promotor mana pun.

Terkait penyelenggaraan Prambanan Musik Senja diadakan pada Februari 2023, Wakhid menjelaskan bahwa Februari merupakan momen yang tepat untuk merayakan cinta sekaligus mendorong kunjungan wisatawan ke Yogyakarta. Salah satunya adalah ke kawasan budaya, seperti Candi Prambanan.

Dalam penyelenggaraan festival tersebut, Oneline Pro mendapatkan dukungan dari sponsor serta bekerja sama dengan pihak hotel dan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Yogyakarta.

“Saya berharap, Prambanan Musik Senja memiliki daya tarik lebih bagi wisatawan untuk berkunjung ke Yogyakarta pada Februari,” tutur Wakhid.

Adapun daftar pihak yang bekerja sama dengan Oneline Pro dapat dilihat pada laman media sosial Instagram @senjadiprambanan.

Menurut Wakhid, antusiasme penonton Prambanan Musik Senja luar biasa. Ini terlihat dari mayoritas penonton yang akan datang berasal dari luar kota untuk menyaksikan festival musik open air amphitheatre pertama di Indonesia ini. Bahkan, ada juga penonton yang datang dari luar Pulau Jawa.

Sebagai informasi, kapasitas tempat duduk Prambanan Musik Senja berjumlah 1.300 kursi. Kapasitas kursi yang relatif terbatas ini dapat menambah sisi keintiman menyaksikan konser sekaligus menjadi kesempatan langka yang tidak boleh dilewatkan. 

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com