Advertorial

Protein Jadi Nutrisi Penting untuk Dukung Tumbuh Kembang dan Daya Tahan Tubuh Anak

Kompas.com - 21/02/2023, 09:00 WIB

KOMPAS.com - Orangtua dapat mendukung tumbuh kembang anak dengan memberikan makanan sehat. Komponen makanan sehat ini terdiri atas berbagai jenis nutrisi, mulai dari karbohidrat, protein, lemak, hingga vitamin dan mineral.

Perlu diketahui, setiap nutrisi tersebut memiliki peran masing-masing untuk mendorong pertumbuhan dan perkembangan anak. 

Protein, misalnya, dikutip dari WebMD.com, Jumat (5/11/2021), merupakan nutrisi penghasil asam amino yang berperan krusial dalam proses tumbuh kembang anak. Senyawa organik ini membantu pembentukan kulit, rambut, dan kuku, serta menggantikan jaringan tubuh yang rusak.

Lebih dari itu, protein juga berperan dalam pembentukan sistem antibodi anak untuk menangkal infeksi, virus, dan bakteri. Tak hanya itu, nutrisi ini pun berperan dalam membentuk sel, menghasilkan hormon, serta membantu memecah makanan menjadi energi.

Makanan kaya protein juga membantu meningkatkan kemampuan berpikir dan belajar anak, serta membuatnya lebih fokus dalam menerima informasi. 

Dengan banyaknya manfaat protein, Bunda harus memastikan kebutuhan anak terpenuhi. Jika tidak, anak akan rentan mengalami masalah kesehatan.

Kekurangan protein

Anak yang kekurangan protein biasanya terlihat lesu, lemas, mudah marah, dan rewel. Gejala lain yang juga muncul adalah berat badannya menurun atau stagnan. Apabila tidak diatasi, anak juga berisiko mengalami gizi buruk dan stunting yang akan memengaruhi tumbuh kembangnya.

Salah satu cara mudah untuk memenuhi kebutuhan protein anak adalah dengan mengonsumsi nutrisi tambahan, yaitu susu. Akan lebih baik jika susu yang rutin diminum setiap hari mengandung banyak nutrisi sehingga kebutuhan nutrisi harian anak dapat terpenuhi.

Adapun salah satu susu anak yang enak dan bernutrisi adalah Morinaga Chil Go. Susu ini dapat Bunda berikan untuk membantu memenuhi kebutuhan proteinnya.

Sebagai informasi, setiap gelas Morinaga Chil Go mengandung protein dan asam amino esensial. Jika dikonsumsi dengan takaran tepat, susu ini dapat membantu memenuhi kebutuhan protein harian sehingga anak terhindar dari risiko gagal tumbuh. 

Selain mendukung tumbuh kembang anak sesuai tahapan usianya, protein dalam segelas Morinaga Chil Go juga membantu menjaga daya tahan tubuh serta memenuhi nutrisi harian mereka.

Untuk menunjang manfaat tersebut, Morinaga Chil Go juga dilengkapi dengan serat pangan (inulin). Kandungan ini membantu meningkatkan jumlah bakteri baik, yaitu bifidobacterium dan lactobacillus, secara signifikan pada saluran cerna.

Kedua bakteri baik itu dapat mencegah konstipasi dan membantu anak untuk buang air besar (BAB) lebih teratur. Selain itu, bakteri ini juga membantu meningkatkan fungsi pertahanan saluran pencernaan sehingga imunitas tubuh anak lebih kuat.

Orangtua perlu tahu, saluran pencernaan merupakan organ terbesar dalam tubuh. Sekitar 70 hingga 80 persen sel imun terdapat pada organ ini. Oleh karenanya, jika keseimbangan bakteri baik dalam saluran pencernaan terjaga, anak dapat terlindung dari penyakit.

Selain itu, Morinaga Chil Go juga tinggi vitamin A,C, dan E, serta zat besi (zinc) yang berperan dalam menjaga daya tahan tubuh anak.

Morinaga Chil Go juga mendukung perkembangan otak anak berkat kandungan minyak ikan (docosahexaenoic acid/DHA) dan kolin yang merupakan zat gizi esensial untuk menunjang perkembangan sel saraf serta fungsi memori.

Bunda pun bisa memberikan susu cair Chil Go sebagai bekal sekaligus camilan enak dan bernutrisi saat anak ia melakukan aktivitas di luar rumah.

Mengingat banyaknya manfaat dari susu tersebut, tak ada salahnya untuk memastikan anak untuk minum susu setiap hari. Dengan begitu, Bunda telah membantu mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak serta menurunkan risiko stunting. 

Informasi lebih lanjut mengenai Morinaga Chil Go dapat ditemukan melalui tautan berikut

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com