Advertorial

Masih Menyisakan Duka Mendalam, Mastercard Berikan Bantuan untuk Penyintas Gempa Cianjur

Kompas.com - 21/02/2023, 18:24 WIB

KOMPAS.com – Bencana gempa bumi yang mengguncang Cianjur, Jawa Barat (Jabar), pada November 2022 masih menyisakan duka mendalam bagi para korbannya hingga kini.

Kala itu, banyak bangunan, rumah, dan infrastruktur hancur dalam semalam. Sebanyak 602 nyawa terenggut, 593 luka-luka, dan 164.989 orang kehilangan tempat tinggal.

Sebagai bentuk dukungan untuk masyarakat terdampak dalam masa pemulihan pascabencana, Mastercard melalui Mercy Corps Indonesia menyerahkan bantuan senilai 75.000 dollar AS kepada para penyintas gempa Cianjur.

Adapun bantuan diserahkan secara simbolis oleh Director and Consumer Marketing Mastercard Kenny Winandari dan Executive Director Mercy Corps Indonesia Ade Soekadis kepada Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Cianjur Arief Purnawan pada Selasa (14/2/2023).

Dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (21/2/2022), dijelaskan bahwa bantuan tersebut diberikan kepada 500 keluarga atau sekitar 1.600 pengungsi di Desa Cijedil dan Wangunjaya, Kecamatan Cugenang, Cianjur, Jabar.

Untuk diketahui, hingga kini, para pengungsi masih tinggal di tenda-tenda yang terbuat dari terpal. Mereka juga menemui berbagai kendala terkait akses kebutuhan dasar. Salah satunya adalah air bersih untuk keperluan dan konsumsi sehari-hari. Pasalnya, beberapa mata air di wilayah tersebut, termasuk di Kecamatan Cugenang, hilang akibat gempa.

Tak hanya itu, hujan lebat selama beberapa waktu ke belakang juga menciptakan rawa yang menjadi sumber penyakit. Akibatnya, kasus infeksi saluran pernafasan dan diare semakin meningkat. Hingga saat ini, dinas kesehatan setempat mencatat terdapat 1.235 kasus diare dan 2.538 penyakit kulit akibat penggunaan air tidak bersih.

Untuk meringankan kesulitan tersebut, Mastercard memberikan 14 unit water point sebagai sarana penunjang air bersih.

Terkait kebutuhan konsumsi, Mastercard juga menyalurkan bantuan berupa 400 paket peralatan masak dan makan, serta promosi kesehatan dan nutrisi untuk 500 keluarga.

Bantuan tersebut diberikan kepada keluarga yang memiliki anggota keluarga rentan, seperti ibu hamil, ibu menyusui, ibu yang memiliki bayi dan anak berusia hingga 10 tahun, individu lanjut usia (lansia), serta penyandang disabilitas.

Ada pula bantuan nontunai multiguna untuk 500 keluarga yang bisa dipakai untuk membeli makanan bergizi. Bantuan ini juga merupakan langkah Mastercard untuk membantu memulihkan pasar lokal di daerah terdampak.

Mastercard berharap, keluarga rentan yang terkena dampak gempa bisa mendapatkan nutrisi yang cukup. Utamanya, anak-anak bayi dan balita, agar terhindar dari malanutrisi.

Perseroan juga berharap, seluruh masyarakat terdampak bisa segera mendapatkan akses air bersih dan sanitasi yang baik, serta bertahan dan pulih lebih cepat dari situasi sulit akibat trauma bencana.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com