Advertorial

Hadir di Keramika Indonesia Expo, Kanmuri Siap Penuhi Kebutuhan Genteng Keramik untuk Konsumen

Kompas.com - 24/02/2023, 08:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Jenama genteng keramik berglazur, Kanmuri, turut serta dalam pameran Keramika Indonesia Expo di Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat, Kamis (23/2/2023).

Melalui ajang tersebut, Kanmuri ingin memperkenalkan produk unggulannya, genteng keramik berglazur, sekaligus mengedukasi masyarakat untuk mengenai pentingnya memilih genteng untuk atap rumah. Pasalnya, atap merupakan bagian krusial dari rumah karena dapat melindungi penghuni dari terpaan sinar matahari dan hujan.

Di sisi lain, atap rumah juga memiliki fungsi estetika, yakni mempercantik tampilan rumah. Adapun jenis genteng yang umum digunakan masyarakat antara lain, genteng keramik, beton, serta tanah liat.

Dari seluruh jenis genteng tersebut, General Manager Kanmuri John S L Chang memaparkan bahwa jenis genteng keramiklah yang unggul dibandingkan jenis genteng lainnya.

John menjelaskan, genteng keramik memiliki daya tahan lebih tinggi karena proses pembuatannya. Misalnya, genteng keramik berglazur yang jadi produk unggulan Kanmuri. Dalam proses pembuatannya, genteng telah melalui proses pembakaran dengan suhu 1.100 derajat Celcius hingga mencapai fase rekatan yang stabil.

"Proses tersebut juga membuat warna genteng keramik berglazur menjadi permanen dan tidak pudar. Hasilnya, genteng mampu bertahan selama lebih dari 50 tahun dan bebas perawatan," ujar John saat ditemui Kompas.com pada Keramika Indonesia Expo di Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat, Kamis (23/2/2023).

Hal tersebut berbeda dengan genteng beton. John memaparkan bahwa umumnya, proses pewarnaan genteng beton dilakukan melalui pengecatan. Proses seperti ini membuat warna genteng rentan pudar dalam jangka waktu singkat, sekitar tiga tahun.

"Setelah warna pudar, porositas yang terjadi pada genteng beton akan bertambah sehingga genteng rentan bocor," katanya.

Jika sudah bocor, kata John, konsumen harus mengeluarkan biaya untuk memperbaiki atau membeli genteng baru.

"Oleh karena itu, Kanmuri ingin mengedukasi konsumen untuk memilih genteng keramik berglazur yang bebas perawatan. Dengan demikian, konsumen tidak perlu mengeluarkan pengeluaran tambahan,” ujar John.

Cocok digunakan di wilayah tropis

John melanjutkan, genteng keramik berglazur Kanmuri cocok digunakan di wilayah tropis, seperti Indonesia yang memiliki karakteristik cuaca terik, lembap, serta curah hujan yang relatif tinggi.

Karena dibuat menggunakan teknologi dari Eropa dan Jepang, genteng Kanmuri memiliki ketahanan tinggi terhadap iklim tropis, baik saat sedang terik maupun dalam kondisi curah hujan tinggi.

John menambahkan bahwa genteng keramik sudah lazim digunakan di negara maju, seperti di Eropa dan Jepang. Pasalnya, selain tahan lama, genteng keramik juga memiliki desain yang modern dan kekinian.

“Genteng keramik berglazur Kanmuri dapat memenuhi kebutuhan arsitektur rumah kekinian yang ingin tampil modern, tapi tetap fungsional,” tuturnya.

Varian produk genteng Kanmuri

Sebagai informasi, Kanmuri memiliki tiga varian genteng keramik berglazur, yakni Espanica, Milenio, serta Full Flat.

Genteng Kanmuri Espanica memiliki bentuk melengkung lebih curam dengan desain double cut untuk mempercepat turunnya aliran air. Desain ini dipakai untuk mencegah kebocoran dan tampias air akibat hujan.

Selanjutnya, Genteng Kanmuri Milenio memiliki desain double interlocking, sistem double cut, serta dilengkapi tanggul air ganda pada sisi atas kanan dan kiri bawah. Hasilnya, genteng ini mampu menambah kesempurnaan fungsi dan estetika atap bangunan.

Sementara itu, Genteng Kanmuri Full Flat dilengkapi lubang paku dengan tanggul yang tinggi serta overlapping lebih panjang dari genteng biasa. Desain ini dipakai untuk mencegah terjadinya tampias balik air pada saat hujan disertai tiupan angin.

Genteng tersebut juga dilengkapi sistem double interlocking dengan tanggul ganda yang tinggi pada sisi kiri untuk mencegah masuknya aliran air.

General Manager Kanmuri John S L Chang dan Deputi General Manager Kanmuri Ferry Setiawan (kanan).DOK. Kanmuri General Manager Kanmuri John S L Chang dan Deputi General Manager Kanmuri Ferry Setiawan (kanan).

John mengakui, dengan kualitas yang demikian, produknya dibanderol dengan harga sedikit lebih mahal dibandingkan jenis genteng lainnya. Akan tetapi, dengan pemasangan yang tepat, produk genteng keramik berglazur Kanmuri dapat membuat konsumen lebih aman dari kebocoran saat hujan lebat.

John juga menjamin, semua tipe produk dari Kanmuri telah memenuhi sertifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI). Ini merupakan wujud komitmen Kanmuri untuk menghadirkan produk genteng keramik berkualitas sesuai standarisasi yang telah diakui dan dipercaya.

“Dengan demikian, konsumen dapat menggunakan produk Kanmuri dengan nyaman dan aman,” ujar John.

Selain menyediakan produk, lanjut John, Kanmuri juga menyediakan layanan konsultasi untuk memandu konsumen dalam pemasangan dan penggunaan produk. Pasalnya, Kanmuri memiliki aplikasi mobile berbasis Android, Kanmuri Roof. Aplikasi ini memudahkan pengguna dalam mendapatkan informasi lengkap serta melakukan perhitungan terkait kebutuhan genteng Kanmuri di rumahnya.

“Semoga konsumen dapat mengetahui keunggulan dan manfaat dari genteng keramik berglazur. Pasalnya, konsumen cukup melakukan satu kali pembelian untuk pemakaian dalam jangka waktu yang lama,” tuturnya.

Sebagai informasi, Keramika Indonesia Expober langsung mulai Kamis (23/2/2023) hingga Senin (27/2/2023). Anda dapat mengetahui produk Kanmuri dengan datang ke pameran ini atau mengunjungi laman www.kanmuriroof.com.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com