Advertorial

Jelang F1Powerboat di Danau Toba, InJourney Beri Pelatihan Hospitality untuk Masyarakat Sekitar

Kompas.com - 24/02/2023, 14:19 WIB

KOMPAS.com - PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney menghadirkan program InJourney Hospitality House (IHH).

Upaya tersebut merupakan wujud komitmen InJourney dalam mendukung pengembangan pariwisata Indonesia, khususnya di 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP), yang menjadi bagian dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) InJourney Group.

Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) dan Digital InJourney Herdy Harman mengatakan bahwa melalui program IHH, pihaknya akan memberikan pelatihan mindset hospitality kepada masyarakat dan pelaku usaha di 5 DPSP.

Hal tersebut sejalan dengan visi dan misi InJourney untuk mewujudkan pelayanan dengan keramahtamahan khas Indonesia ke kancah dunia.

"IHH di Balige jadi yang pertama yang kami hadirkan. Program ini menyasar masyarakat lokal di DPSP, khususnya Danau Toba, agar lebih siap untuk berpartisipasi dan terlibat dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dari sektor pariwisata. Seperti kita ketahui, masyarakat Balige saat ini tengah menyambut gelaran event internasional F1 Powerboat - Danau Toba," ujar Herdy dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (24/2/2022).

Kegiatan pelatihan tersebut, lanjut Herdy, telah dilaksanakan di Aula Gereja HKBP Hinalang Silalahi - Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, Senin (20/2/2023) hingga Rabu (22/2/2023).

Pelatihan tersebut diikuti oleh 56 peserta dan diisi dengan metode pembelajaran praktik serta teori dari trainer IHH.

Para peserta pelatihan itu diberikan sejumlah materi dari empat modul, yakni cara sikap diri yang benar dalam pelayanan, komunikasi dalam pelayanan (hospitality communication), kebersihan produk dan lingkungan, serta cara berpenampilan.

Adapun peserta pelatihan IHH menyasar pelaku pariwisata dari kelompok masyarakat pekerja harian, seperti tukang ojek, tukang becak motor (bentor), dan pedagang kaki lima (PKL).

“Selain Danau Toba, IHH akan kami adakan di empat DPSP lain, yakni Borobudur, Likupang, Mandalika, dan Labuan Bajo. Kegiatan ini diharapkan dapat mendukung peningkatan kompetensi SDM dan kesadaran masyarakat agar menjadi lebih tourism-friendly. Dengan begitu, hal tersebut nantinya akan membawa dampak positif bagi pariwisata Indonesia di mata dunia," jelas Herdy.

Para peserta program IHH Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara. Dok. InJourney Para peserta program IHH Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara.

Salah satu peserta pelatihan yang bekerja sebagai tukang ojek di Balige, Joshua Napitupulu, menyambut baik pelatihan yang diberikan oleh InJourney. Ia pun merasa antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut.

"Kami sangat berterima kasih atas pelaksanaan pelatihan hospitality yang diadakan InJourney. Pelatihan yang diajarkan ini sangat berguna dan bermanfaat bagi kami yang bekerja sehari-hari sebagai tukang ojek dan bentor di kawasan pariwisata Danau Toba, Balige," ujar Joshua.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com