Advertorial

Tak Selalu Konsumtif, Berikut 4 Manfaat Cicilan Tanpa Jaminan dari Kredivo untuk Mengatur Finansial

Kompas.com - 25/02/2023, 10:00 WIB

KOMPAS.com - Dahulu, cicilan tanpa jaminan relatif sulit diakses lantaran fasilitas pinjaman atau cicilan hanya disediakan oleh bank atau lembaga keuangan konvensional.

Saat ini, fasilitas tersebut dapat diakses dengan mudah berkat kehadiran perusahaan financial technology (fintech), seperti Kredivo, yang turut memberikan cicilan tanpa jaminan dengan berbagai kemudahan.

Adapun kemudahan yang diberikan Kredivo meliputi cicilan 0 persen untuk paylater dengan tenor 30 hari, cicilan 3 bulan, bunga rendah 2,6 persen untuk cicilan bertenor 6 hingga 12 bulan, serta pinjaman tunai dengan pilihan tenor 30 hari, 3 bulan, dan 6 bulan.

Namun, sebagian orang beranggapan bahwa beragam kemudahan tersebut hanya berlaku untuk penggunaan yang bersifat konsumtif. Padahal, layanan cicilan tanpa jaminan dari Kredivo bisa menjadi solusi finansial yang bermanfaat. Berikut adalah ulasan lengkap mengenai manfaat cicilan tanpa jaminan.

  1. Langkah awal disiplin mencicil

Jika belum pernah merasakan pengalaman menggunakan layanan kredit atau cicilan, Anda mungkin bisa mulai mencoba layanan cicilan tanpa jaminan dari Kredivo. Anda dapat memanfaatkan layanan ini untuk belajar mencicil dan mengatur keuangan sendiri.

Seperti yang sudah disebutkan, Kredivo memiliki berbagai macam jenis layanan kredit yang #Sefleksibelitu dan bisa digunakan di ribuan merchant, seperti Tokopedia, Lazada, Bukalapak, iBox, serta Erafone.

  1. Solusi dana darurat

Cicilan tanpa jaminan biasanya memiliki pencairan cepat, yakni maksimal 1 x 24 jam. Hal serupa juga hadir pada fitur Pinjaman Tunai dari Kredivo. Selain itu, Kredivo juga menawarkan kemudahan dalam pendaftarannya.

Berbagai kemudahan tersebut bisa Anda andalkan untuk menghadapi kondisi darurat, seperti biaya rumah sakit, memperbaiki kendaraan rusak, serta renovasi rumah.

  1. Modal bisnis

Anda bisa menggunakan cicilan tanpa jaminan sebagai modal awal memulai usaha atau bisnis. Namun, pastikan Anda sudah memiliki perencanaan bisnis yang matang sebelum mengajukan pinjaman.

Jika sumber modal bisnis Anda berasal dari pinjaman, sebaiknya mulailah usaha dalam skala kecil dan minim risiko. Anda bisa meminjam dari fintech yang memiliki bunga rendah, seperti Kredivo.

Sebab, sebuah bisnis baru umumnya membutuhkan waktu lama untuk menghasilkan keuntungan. Dengan demikian, bunga cicilan yang rendah akan meringankan beban angsuran yang harus Anda bayar per bulan.

  1. Meningkatkan skor kredit

Penggunaan fitur Pinjaman Tunai dari Kredivo bisa meningkatkan skor kredit berdasarkan catatan pembayaran yang tepat waktu dan frekuensi penggunaan layanan kredit. Hal ini bermanfaat untuk rencana keuangan di masa depan yang lebih besar, seperti kredit pemilikan rumah (KPR).

Untuk diketahui, nilai baik dan buruk riwayat kredit Anda adalah skor kredit yang tercatat di BI checking. Tanpa skor kredit, pengajuan pinjaman mungkin akan ditolak oleh lembaga kredit terkait. Untuk membentuk skor kredit positif, sebaiknya jangan mengambil dua kredit atau cicilan sekaligus dalam satu waktu.

Itulah empat keuntungan cicilan tanpa jaminan dari Kredivo yang bisa Anda manfaatkan.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com