Advertorial

Gubernur Sulsel: Perbaikan Jalan di Kabupaten Enrekang Mulai Berprogres

Kompas.com - 25/02/2023, 17:55 WIB

KOMPAS.com - Perbaikan jalan provinsi pada ruas Paleteang-Malaga-Kabere di Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan (Sulsel), yang dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel mulai menunjukkan progres positif.

Sebelumnya, kondisi pada ruas jalan tersebut mengalami kerusakan yang cukup berat. Padahal, ruas jalan itu masuk ke dalam kategori lalu lintas harian rata-rata (LHR) tinggi.

Oleh karena itu, ruas jalan yang menghubungkan Kabupaten Enrekang dan Kabupaten Pinrang tersebut jadi salah satu fokus utama Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman.

"Alhamdulillah, progresnya sudah melewati rekonstruksi jalan dan jembatan. Saat ini, sudah masuk tahap penyelesaian pengaspalan dan beton di bahu jalan. Perbaikan serupa untuk jembatan yang sempat rusak juga hampir rampung," ujar Andi Sudirman dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Sabtu (25/2/2023).

Andi menambahkan, jalan tersebut merupakan jalur alternatif yang sering digunakan oleh masyarakat Kabupaten Enrekang untuk menuju ke Kabupaten Tana Toraja atau sebaliknya.

Jalan yang melewati Kabupaten Pinrang itu dikatakan Andi lebih sering digunakan masyarakat karena dapat memangkas jarak tempuh hingga sekitar 30 kilometer (km) jika dibandingkan jalan nasional.

Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Andi Sudirman Sulaiman.DOK. Pemprov Sulsel Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Andi Sudirman Sulaiman.

Adapun perbaikan selanjutnya akan difokuskan untuk penanganan pada segmen jalan yang rusak berat sepanjang 2,35 kilometer (km).

Penampakan jalan di Kabupaten Enrekang sebelum dan setelah diperbaiki.Dok. Pemprov Sulsel Penampakan jalan di Kabupaten Enrekang sebelum dan setelah diperbaiki.

Fokus itu ditargetkan lantaran kerusakan berat pada jalan tersebut berada di jalur yang terjal dan sempit sehingga sering menimbulkan kemacetan.

"Perbaikan akan dilakukan di jalan sempit dan tanjakan ekstrem karena membahayakan pengendara yang melintas. Dengan rencana ini, pengguna jalan diharapkan dapat lebih nyaman saat menggunakan jalan," jelas Andi Sudirman.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com