Advertorial

Erick Thohir Wujudkan Komitmen UMKM Go Global Lewat Rumah BUMN Tarutung

Kompas.com - 26/02/2023, 12:53 WIB

KOMPAS.com – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir berkomitmen untuk selalu mendorong usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) agar terus maju berkembang hingga bisa go global.

Komitmen tersebut diwujudkan melalui peresmian Rumah BUMN Tarutung di Tarutung, Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Jumat (24/2/2023). Hingga saat ini, tercatat lebih dari 200 Rumah BUMN tersebar di Indonesia dan 640.000 UMKM sudah terdaftar di laman Rumah BUMN.

Kementerian BUMN melalui Bank Rakyat Indonesia (BRI) menghadirkan Rumah BUMN sebagai wadah pengembangan UMKM.

Hal itu disampaikan oleh Staf Khusus III Menteri BUMN Arya Sinulingga yang hadir pada peresmian Rumah BUMN Tarutung.

“Rumah BUMN Tarutung merupakan Rumah BUMN ke-16 yang sudah hadir di Provinsi Sumatera Utara. Hadirnya Rumah BUMN merupakan bentuk komitmen BUMN dalam memberikan fasilitas ke para pelaku UMKM agar naik kelas sampai go global,” ujar Arya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Minggu (26/23/2023).

Salah satu pelaku UMKM, Bunga, mengaku senang dengan kehadiran Rumah BUMN Tarutung. Ia berharap, program BUMN ini mampu membuat usaha kopinya bisa semakin berkembang.

“Saya senang sekali karena enam bulan lalu, Erick Thohir berkunjung ke Tarutung. Saat itu, kami meminta bantuan mesin kopi (kepada Erick). Permintaan tersebut kini sudah hadir di Rumah BUMN Tarutung,” ungkap Bunga.

Hal tersebut ditanggi oleh Arya. Ia mengatakan, pihaknya memang sudah menyiapkan mesin roasting kopi di Rumah BUMN Tarutung. Dengan demikian, masyarakat pelaku usaha coffee shop bisa memanggang biji kopi di sana.

“Nantinya, kami juga akan menyiapkan alat packaging untuk membantu pengemasan produk-produk UMKM biar lebih menarik” kata Arya.

Selain itu, Arya juga menyampaikan bahwa di Rumah BUMN Tarutung, terdapat ruang workshop untuk pelatihan UMKM dan memunculkan berbagai ide dan inovasi, ruang pameran, serta basecamp milenial BUMN.

“Ke depan, Rumah BUMN Tarutung akan memfasilitasi permodalan serta pemasaran produk barang dan jasa yang dihasilkan UMKM,” tuturnya.

Sebagai informasi, peresmian Rumah BUMN Tarutung diikuti dengan kegiatan apresiasi dan tanya jawab para pelaku UMKM bersama Arya, Anggota Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Martin Manurung, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Satikah Simamora, Wakil Ketua II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tapanuli Utara Reguel Simanjuntak.

Selain itu, hadir pula Corporate Communication Head BRI Roma JP Simanjuntak, Regional Micro Banking Head BRI Medan Anditya Mahendra, serta Kepala Cabang BRI Tarutung Hendro.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com