Advertorial

Daftar Oleh-oleh Unik Kekinian Khas Malang untuk Dibawa Pulang

Kompas.com - 26/02/2023, 14:48 WIB

KOMPAS.com – Setiap daerah di Indonesia memiliki kekhasannya sendiri, baik dalam bentuk makanan, minuman, pakaian, atau kerajinan tangan. Begitu pun dengan Kota Malang, Jawa Timur.

Maka tak heran, saat berkunjung ke suatu daerah, seseorang akan membawa salah satu hal tersebut untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Lagi pula, membeli oleh-oleh sudah menjadi tradisi orang Indonesia ketika bepergian.

Bicara Kota Malang, berikut rekomendasi oleh-oleh yang wajib dibeli untuk dibawa pulang. 

  1. Bolu Bakpao Telo

Salah satu wisatawan yang membawa pulang Bolu Bakpao Telo sebagai oleh-oleh. Dok. Agrinesia Salah satu wisatawan yang membawa pulang Bolu Bakpao Telo sebagai oleh-oleh.

Rekomendasi oleh-oleh khas Malang pertama adalah Bolu Bakpao Telo. Makanan satu ini sedang hits. Sebab, meski namanya bakpao, Bolu Bakpao Telo berbeda dari bakpao lainnya.

Bolu Bakpao Telo sebenarnya merupakan bolu. Hanya saja, bentuknya bulat persis bakpao. Keunikan lain dari kuliner ini adalah bahan pembuatnya, yaitu menggunakan telo atau ubi ungu. Karena itu, bolu bakpao ini berwarna ungu.

Bolu Bakpao Telo tersedia dalam dua varian, yakni Bolu Bakpao Telo Original dan Bolu Bakpao Telo rasa Cokelat. Cita rasa keduanya tidak perlu diragukan lagi sehingga tak afdal rasanya jika sedang di Malang, Anda tidak mencicipinya.

Saat pulang pun, Bolu Bakpao Telo wajib masuk ke dalam daftar oleh-oleh yang harus dibawa. Agar tidak penasaran dengan rasanya, beli saja kedua varian tersebut.

Adapun per kotak Bolu Bakpao Telo dijual seharga Rp 35.000 dengan isi 8 buah bolu bakpao. Pengemasannya pun dibuat premium

Sebagai informasi, Bolu Bakpao Telo merupakan salah satu jenama kuliner produksi Singosari yang baru saja launching, yakni pada Jumat (24/2/2023). Produsennya adalah Singosari

Masyarakat Malang atau Anda yang kebetulan sedang berada di Malang, pasti sudah tahu mengenai hal tersebut. Sebab, spanduk dan billboard berwarna ungu yang memuat informasi perilisan Bolu Bakpao Telo sudah jauh-jauh hari menghiasi Kota Malang. Salah satunya, di flyover Malang dan jalur ke arah Batu.

Singosari sendiri merupakan produsen bolu kenamaan khas Malang yang kualitas produknya sudah tidak diragukan lagi. Perusahaan ini sebelumnya memproduksi Bolu Rasa Telo ungu dan Bolu Rasa Apel Malang.

Nah, Bolu Bakpao Telo Singosari adalah produk kategori baru yang berbeda. Pasalnya, produk bolu premium ini dikemas satuan dengan bungkus kotak premium.

Karena itu, produk tersebut disukai banyak kalangan. Utamanya, para milennial yang menyukai produk baru yang simple, premium looks, tapi tetap dijual dengan harga terjangkau.

  1. Aneka olahan buah apel

Malang identik dengan apel. Ini karena Malang, khususnya Kota Batu, banyak perkebunan apel sehingga menjadikannya sebagai salah satu komoditas setempat.

Selain buahnya, olahan apel juga banyak yang suka. Contohnya, sari buah apel, keripik buah apel, jenang apel, dan berbagai jenis olahan lainnya. Semuanya sangat bisa dijadikan oleh-oleh khas Malang yang wajib Anda bawa pulang.

  1. Putu lanang

Oleh-oleh khas Malang selanjutnya yang wajib dibawa pulang adalah kue putu lanang. Penganan ini merupakan kue basah tradisional yang legendaris. Jadi, jika berkunjung ke Malang, pastikan Anda mencicipinya.

Apalagi, kue tersebut terkenal akan kelegitannya dan cita rasanya yang gurih. Hal ini didapat dari penggunaan tepung beras dan parutan kelapa sebagai bahan pembuatnya, serta isian gula merah.

  1. Madu klanceng

Di Malang terdapat produk madu yang terkenal, yakni madu klanceng. Madu ini terkenal karena berasal dari lebah madu liar, Trigona sp.

Adapun lebah liar itu berbentuk ramping dan berwarna hitam. Selain enak, madu klanceng juga memiliki banyak khasiat.

  1. Ledre pisang bangka

Oleh-oleh khas Malang berikutnya adalah ledre pisang bangka yang merupakan sejenis camilan manis nan renyah. Sesuai namanya, camilan ini berbahan dasar buah pisang.

Ledre pisang bangka cocok dijadikan sebagai teman nonton atau kerja, apalagi jika ditambah dengan segelas kopi atau teh panas.

  1. Carang mas

Nama camilan yang satu ini sangat unik, yaitu carang mas. Makanan ini merupakan jajanan jaman dulu (jadul) dengan bentuk bola dan terbuat dari potongan ubi berwarna kuning.

Pembuatan camilan itu dimulai dari mencelupkan potongan ubi ke dalam gula merah cair, kemudian menggorengnya.

Rasanya yang manis dan gurih serta teksturnyan yang renyah membuat Anda akan menyukai carang mas.

  1. Topeng malangan

Oleh-oleh khas Malang berikutnya bukanlah makanan, melainkan hasil karya seni dari para perajin setempat. Salah satunya, topeng Malangan.

Bagi Anda penyuka barang-barang bernilai seni tinggi, topeng malangan wajib untuk dimasukkan ke dalam daftar oleh-oleh. Pasalnya, kerajinan ini berhiaskan aneka bentuk pahatan dengan balutan warna-warna yang semarak. Meski begitu, benda ini dijual dengan harga relatif murah.

Anda bisa menjadikan topeng malangan sebagai hiasan rumah. 

  1. Batik topeng malangan

Membeli topeng Malangan tidak akan lengkap jika tidak membeli batik topeng Malangan. Apalagi, jika Anda menyukai wastra Nusantara. Wajib hukumnya bagi Anda untuk mengoleksi kain batik topeng malangan ini.

Jangan lupa, saat ke sentra batiknya, pastikan Anda mencoba untuk membuat batiknya sendiri. Sensasi membatik di sana pasti akan Anda sukai. Terlebih, batik yang dibuat bisa dibawa pulang untuk dijadikan kenang-kenangan.

Itulah delapan aneka oleh-oleh Khas Malang yang wajib Anda beli saat berpelesir ke Kota Malang. Dengan keunikan tersendiri, semua rekomendasi itu dijamin akan Anda sukai.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com