Advertorial

Rayakan HUT Ke-35, Nova Berkomitmen untuk Terus Tingkatkan Literasi Keuangan Perempuan

Kompas.com - 27/02/2023, 10:31 WIB

KOMPAS.com – Sebagai sahabat dan pemandu perempuan Indonesia sejak 1988, kini media Nova telah memasuki usia 35 tahun, tepatnya pada Sabtu (25/2/2023). Memasuki usia yang matang, Nova terus hadir di berbagai media digital dengan mengusung 3 pilar utama, yaitu relationship, keuangan, dan kesehatan.

Sebagai bagian dari Grid Network milik Kompas Gramedia, Nova selalu berusaha menginspirasi perempuan Indonesia untuk berani dan mandiri. Hal ini diwujudkan dengan senantiasa memberikan informasi yang relevan dengan permasalahan pembacanya dari waktu ke waktu, khususnya seputar keuangan.

Berdasarkan survei audiens Nova pada 2022, diketahui sebanyak 87 persen responden mengaku bahwa keuangan keluarga dikelola oleh istri atau ibu. Sementara itu, sebesar 54 persen belum pernah melakukan investasi melalui platform digital. Di sisi lain, sebanyak 7 dari 10 perempuan sudah memiliki usaha dan perangkat seperti m-banking untuk membantu bisnisnya.

Sementara itu, responden yang belum memiliki produk keuangan digital mengaku masih mempelajari dan kurang percaya jika tidak pergi langsung ke bank atau memiliki buku tabungan. Bila diteruskan ke area investasi, sebesar 57 persen juga mengaku belum familier dengan investasi digital dan tidak mengetahui jenis investasi. Mereka juga belum menggunakan aplikasi investasi digital.

Salah satu faktornya disebabkan karena kurangnya pemahaman terhadap kemudahan yang ditawarkan produk keuangan digital. Hal ini membuat perempuan Indonesia jadi tidak tajam dan tepat dalam pengambilan keputusan finansial. Bahkan, minimnya pemahaman keuangan digital dapat mengakibatkan kerugian, baik untuk diri sendiri maupun keluarga.

Temuan itu sejalan dengan data Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 2022 yang menggambarkan tingkat literasi keuangan perempuan yang masih rendah jika dibandingkan tingkat inklusinya, yaitu sebesar 33,55 persen.

Untuk itu, sejak 2020, Nova mengusung kampanye Pintar Atur Uang yang bertujuan untuk meningkatkan dan menguatkan literasi keuangan perempuan Indonesia. Kampanye ini dilakukan dengan mengedukasi perempuan terkait perencanaan keuangan keluarga, tabungan dan proteksi, hingga ide bisnis serta pengelolaan usaha yang fokus pada pemahaman dan pemanfaatan teknologi keuangan.

Apalagi, pada 2023, masyarakat Indonesia tengah dihadapkan dengan isu resesi global dan badai pemutusan hubungan kerja (PHK). Untuk menanggulangi masalah ini, peran perempuan sangat penting dalam memastikan kesejahteraan keluarganya.

Editor in Chief Nova Indira Saraswaty mengatakan, semangat Pintar Atur Uang Bukan yang digaungkan Nova tidak hanya seputar penggunaan mobile banking atau bank digital, tetapi juga melalui produk-produk keuangan digital lain yang tepat untuk kebutuhan dan kemampuan diri dan keluarga. Misalnya, untuk usaha rumahan, kebutuhan sehari-hari, biaya sekolah anak, dana darurat, proteksi keuangan, serta tip dan trik investasi digital.

“Teknologi itu memudahkan. Jadi, sudah sewajarnya kita manfaatkan semaksimal mungkin. Namun, agar sejahtera, pemahaman harus dibangun. Sebab, edukasi keuangan untuk perempuan bukanlah pekerjaan semalam, ” kata Indira dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Sabtu (25/2/2023).

Lebih lanjut, Indira mengatakan, Nova ingin terus menjadi sahabat perempuan dalam menghadapi masa-masa sulit yang penuh ketidakpastian. Bukan dalam hal pengelolaan keuangan keluarga saja, melainkan juga upaya untuk membuat ekonomi keluarga terus berdaya dan mampu beradaptasi.

"Sebagai bagian dari perayaan hari ulang tahun ke-35 dan kampanye Pintar Atur Uang, Nova membuat berbagai kegiatan edukatif sekaligus mengajak perempuan Indonesia untuk aktif menjadi agen perubahan. Tidak hanya sampai level keluarga, tapi untuk masyarakat sekitar dan negara,” jelas Indira.

Sebagai informasi, Pintar Atur Uang yang diadakan Nova dilakukan dengan berbagai program daring dan luring yang akan dijalankan dalam format talk show dengan ahli keuangan.

Program tersebut meliputi Cakap Penting (Caping), berbagi cerita dan pengalaman dengan para pelakon usaha perempuan, Kumpulan Kisah Inspiratif Bisnis (Kukis), serta aktivitas digital bersama komunitas Sahabat Nova.

Dapatkan informasi dan keseruan berbagai program Nova sepanjang 2023 melalui platform media sosial, yaitu Instagram dan TikTok @tabloidnovaofficial, Youtube NOVA, Twitter @officialnova_id, Facebook @NOVA.id, dan websitewww.nova.id.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com