Advertorial

Fakta Unik Cabai Hiyung, Cabai Terbaik dari Kalimantan Selatan

Kompas.com - 02/03/2023, 10:00 WIB

KOMPAS.com — Tahukah Anda, Indonesia memiliki salah satu cabai lokal berkualitas yang uniknya ditanam di tanah gersang, yakni Cabai Hiyung? Cabai khas yang tumbuh di Kalimantan Selatan (Kalsel) ini ternyata punya sejarah unik!

Diberitakan Kompas.com pada Kamis (2/2/2023), Cabai Hiyung pertama kali dibawa oleh seorang petani bernama M Khalilurrahman atau dikenal dengan Pak Barjo.

Ia membawa 200 bibit cabai dari gunung yang berada di Desa Linuh, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan (Kalsel). Cabai ini kemudian ditanam di Desa Hiyung dan Desa Mandurian, Kabupaten Tapin, untuk dibudidayakan.

Setelah ditanam di Desa Hiyung, cabai tersebut tak dinyana memiliki kualitas bagus ketimbang cabai lain. Sejak saat itu, warga Desa Hiyung berangsur menanam cabai yang dibawa Pak Barjo.

Budidaya cabai itu pun semakin luas dan menggerakkan ekonomi masyarakat setempat. Jadilah cabai yang dibawa Pak Barjo dikenal sebagai Cabai Hiyung oleh masyarakat luas, yang kini Cabai Hiyung telah menjadi komoditas utama yang diketuai oleh Junaidi sebagai salah satu Ketua Kelompok Tani.

Adapun penanaman Cabai Hiyung berbeda jika dibandingkan cabai lain. Cabai ini ditanam dengan menebarkan bibit pada mulsa dari rumput rawa. Cabai ini juga tumbuh dengan baik pada lahan dengan tingkat keasaman atau pH 3,5.

Dari segi cita rasa, Cabai Hiyung memiliki kadar kapsaisin yang tinggi sejalan dengan kualitasnya yang tinggi. Karena hal tersebut, Cabai Hiyung pun didapuk sebagai salah satu cabe berkualitas di dunia.

Nah, oleh Pemerintah Kabupaten Tapin, Cabai Hiyung diikutkan dalam ajang Top Inovasi Pelayanan Publik dan masuk 99 besar tingkat nasional. Cabai ini juga sudah memiliki hak kekayaan intelektual dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM).

Kelezatan Cabai Hiyung ada di Sambal ABC 

Cita rasa Cabai Hiyung telah Anda cicipi lewat saus sambal pilihan yang kerap hadir di meja makan, yakni Sambal ABC!

Untuk diketahui, lezatnya Sambal ABC didapat dari Cabai Hiyung berkualitas, hal ini lah yang menjadi salah satu rahasia kelezatan Sambal ABC selama ini. 

Dengan cabai berkualitas khas Tanah Air tersebut, Sambal ABC cocok digunakan dengan makanan apa pun. Sambal terbaik ini bisa dicocol secara langsung dengan makanan, seperti ayam goreng, dan bisa pula ditambahkan untuk memasak makanan, seperti ayam goreng saus padang. Maka tak heran, Sambal ABC bukan sambal biasa.

Sambal ABC dari Cabai Hiyung. Dok. Sambal ABC Sambal ABC dari Cabai Hiyung.

Adapun Sambal ABC terdiri dari lima varian, yakni Sambal Asli, Sambal Extra Pedas, Sambal Bawang, Sambal Manis Pedas, dan Sambal Ayam Goreng. 

Dengan varian-varian tersebut, kamu pun memiliki banyak pilihan sambal untuk menemani menyantap makanan lezat yang tersedia di meja makan.

Yuk, perkaya cita rasa makanan keluarga di rumah dengan Sambal ABC pilihan Anda. Sambal ABC bisa didapatkan di supermarket dan minimarket terdekat. Anda bisa juga membeli saus tersebut secara online di berbagai e-commerce, seperti Shopee dan Tokopedia.

Untuk mengetahui informasi lebih lengkap tentang saus sambal ABC, silakan kunjungi tautan berikut.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com