Advertorial

Dorong Inovasi, Setjen DPD RI Gelar Innovation Festival 2023

Kompas.com - 02/03/2023, 17:26 WIB

KOMPAS.com – Sebagai wujud komitmen untuk mendorong inovasi di masa depan, Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) menggelar Innovation Festival 2023 di Gedung DPD RI, Jakarta, Kamis (2/3/2023).

Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPD RI Lalu Niqman Zahir mengatakan, penyelenggaraan festival tersebut sekaligus menjadi momentum penting bagi Sekretariat Jenderal (Setjen) DPD RI untuk merayakan deretan inovasi yang telah dihasilkan lembaga ini.

“Sebagai bagian dari lembaga legislatif, kami sadar bahwa tantangan yang dihadapi Indonesia sangat kompleks. Untuk itu, memerlukan solusi inovatif dari berbagai pihak,” ujar Lalu Niqman dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis.

Lalu Niqman menambahkan, sebelumnya, Setjen DPD RI telah mencanangkan transformasi digital pada 2021.

Usai transformasi digital tersebut dicanangkan, berbagai inovasi digital di lingkup DPD RI dilakukan secara konsisten, baik di level nasional maupun daerah (provinsi).

“Inovasi adalah kunci untuk mencapai kemajuan. Berkat inovasi, seluruh pihak dapat menciptakan hal-hal baru, memperbaiki yang sudah ada, dan mengatasi berbagai tantangan,” katanya.

Lalu Niqman menjelaskan, Setjen DPD RI sebagai supporting system bertanggung jawab untuk mendorong inovasi pada berbagai aspek. Salah satunya, dalam hal pengelolaan administrasi dan data.

Gelaran Innovation Festival 2023 bertujuan untuk memperkenalkan hasil kinerja dan pelayanan dari setiap unit Eselon II kepada seluruh pegawai Setjen DPD RI dan para pemangku kepentingan. Dok. DPD RI Gelaran Innovation Festival 2023 bertujuan untuk memperkenalkan hasil kinerja dan pelayanan dari setiap unit Eselon II kepada seluruh pegawai Setjen DPD RI dan para pemangku kepentingan.

Tidak hanya itu, imbuh Lalu Niqman, inovasi juga diperlukan dalam upaya sosialisasi dan komunikasi dengan masyarakat.

“Seluruh pihak perlu mencari cara-cara baru yang lebih efektif untuk meningkatkan kinerja,” terangnya.

Wadah kolaborasi

Lebih lanjut, Lalu Niqman menambahkan, Innovation Festival 2023 yang diinisiasi Setjen DPD RI merupakan wadah yang tepat bagi unit kerja untuk berkolaborasi dan saling berbagi ide serta pengalaman dalam menciptakan solusi inovatif dan berkelanjutan.

“Melalui gelaran ini, seluruh pihak dapat berdiskusi, berbagi pengetahuan, dan menunjukkan karya-karya inovatif yang telah dihasilkan,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Biro (Kabiro) Organisasi Keanggotaan dan Kepegawaian Setjen DPD RI Fitriani menambahkan, Innovation Festival 2023 diselenggarakan selama dua hari mulai Kamis (2/3/2023) hingga Jumat (3/3/2023).

Adapun festival tersebut digelar secara hibrida yang diikuti oleh seluruh pejabat dan pegawai DPD RI, baik di pusat maupun seluruh kantor DPD RI di provinsi.

“Festival ini merupakan pameran layanan unggulan dari unit-unit eselon II Setjen DPD RI, sekaligus kegiatan pertama di lingkungan DPD RI yang diselenggarakan dengan format pameran,” kara Fitriani.

Adapun tujuan penyelenggaraan Innovation Festival 2023, imbuh Fitriani, yakni untuk memperkenalkan hasil kinerja dan pelayanan dari setiap unit Eselon II kepada seluruh pegawai Setjen DPD RI dan para pemangku kepentingan.

Tidak hanya itu, acara tersebut juga sekaligus menjadi ajang peningkatan budaya kerja dalam rangka memacu semangat seluruh unit eselon II untuk saling berbaur dan berkolaborasi.

“Innovation Festival 2023 terdiri dari beberapa rangkaian acara, seperti talk show dan diskusi. Selain itu, ada juga pameran inovasi atau layanan unggulan yang diikuti oleh 11 unit eselon II Setjen DPD RI,” paparnya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com