Advertorial

Optimalkan Peluang Bisnis Selama Ramadhan, MMA Global Indonesia Gelar MMA Ramadan Insights 2023

Kompas.com - 02/03/2023, 20:09 WIB

KOMPAS.com – Asosiasi perdagangan pemasaran terkemuka di Indonesia, MMA Global Indonesia, menggelar MMA Ramadan Insights 2023 di Hotel Park Hyatt Menteng, Jakarta, Kamis (9/3/2023) mulai pukul 12.00 sampai 16.30 Waktu Indonesia Barat (WIB). Perhelatan ini merupakan acara pertama MMA Global Indonesia yang digelar secara offline sejak pandemi Covid-19 melanda Indonesia.

Melalui acara tersebut, para profesional periklanan serta pemasaran brand nonfood akan dibekali dengan berbagai perspektif strategis, mulai dari tren, teknologi, hingga ide kreatif, untuk mengoptimalkan peluang bisnis selama Ramadhan.

Sebagai informasi, data Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat, produk domestik bruto (PDB) Indonesia meningkat sebesar 5,4 persen pada kuartal II 2022. Peningkatan ini berkaitan dengan periode Ramadhan. Berkaca dari angka tersebut, MMA Global Indonesia pun menekankan peran penting penerapan strategi Ramadhan secara efektif.

Country Head and Board of Director MMA Global Indonesia Shanti Tolani menilai bahwa perilaku konsumen kerap berubah secara signifikan saat Ramadhan. Oleh sebab itu, momen ini menjadi waktu yang tepat bagi brand untuk mengeksplorasi ide pemasaran yang berani dan unik.

“Di tengah perkembangan industri yang pesat, pelaku usaha perlu memeriksa kembali strategi pemasaran yang digunakan dan menyempurnakannya dengan pendekatan baru,” jelas Shanti dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (1/3/2023).

Untuk mengakomodasi hal tersebut, lanjut Shanti, MMA Ramadan Insight 2023 akan membahas perubahan paradigma dalam industri dan menyoroti elemen-elemen penting yang menjadi kunci keberhasilan kampanye pemasaran pada Ramadhan 2023.

Shanti menjelaskan, MMA Ramadan Insight 2023 terdiri atas sejumlah sesi talk show dengan berbagai topik menarik. Beberapa di antaranya adalah tren konsumen, seperti full funnel dan omnichannel marketing, serta upaya peningkatan strategi kampanye brand.

Topik lain yang juga dibahas adalah personalisasi konten dan kerangka kerja dengan strategi e-commerce yang tepat.

“Acara itu juga membahas pendekatan hiperlokal yang menyoroti keunggulan brand sekaligus mendorong pertumbuhan,” ujar Shanti.

Sebagai informasi, penelitian terbaru Google menunjukkan bahwa brand yang berhasil menerapkan kerangka kerja hiperlokal memiliki pertumbuhan view through rate (VTR) sebesar 15 persen lebih tinggi jika dibandingkan benchmark industri.

Studi tersebut juga menunjukkan bahwa 60 persen masyarakat Indonesia yang berlibur akan berbelanja, baik secara online maupun offline. Oleh sebab itu, pelaku usaha perlu bertemu pelanggan pada berbagai tahap perjalanan konsumen mereka.

Lebih lanjut Shanti menjelaskan bahwa pelaku usaha wajib memahami sinergi antara pemanfaatan teknologi dan perilaku konsumen. Hal ini akan membantu mereka untuk memperluas pasar.

“Pengoptimalan machine learning solutions, augmented reality (AR), dan artificial intelligence (AI) dapat membantu brand untuk membuka peluang yang lebih besar,” jelas Shanti.

Hal tersebut diperkuat oleh temuan terbaru Meta yang menyebutkan, 83 persen pembeli (observer) setuju bahwa AR memengaruhi keputusan pembelian mereka.

Studi tersebut juga mendapati bahwa 91 persen pengguna menikmati konten yang mempromosikan komunitas dan kebersamaan.

Untuk diketahui, MMA Ramadan Insights 2023 dipelopori oleh industry thought leaders serta dikurasi untuk brand, agency, dan profesional senior, seperti chief marketing officer (CMO), chief technology officer (CTO), head of departments, lead planners, serta senior managers.

Acara tersebut juga menampilkan industry leaders dari sejumlah organisasi terkemuka, seperti Telkomsel, Mayora, Unilever, Paragon Corp, Go Play, DMP Communications, YouTube, Dentsu, Graas, Mintel, Magnus, P&G, Kantar, dan InMobi.

InMobi sendiri merupakan presenting partner pada MMA Ramadan Insights 2023.

Informasi lengkap mengenai MMA Ramadan Insights 2023, mulai dari sesi talk show, pembicara, hingga pendaftaran, bisa Anda dapatkan pada tautan berikut.

Pendaftaran acara tersebut ditutup pada Selasa (7/3/2023) pukul 21.00 WIB.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com