Advertorial

Perpani dan Pasaraya Blok M Gelar Kompetisi Panahan Indoor untuk Pelajar dan Umum

Kompas.com - 03/03/2023, 09:51 WIB

KOMPAS.com – Popularitas olahraga panahan mengalami peningkatan di kalangan masyarakat perkotaan. Sejak 2015, olahraga ini tak lagi menjadi olahraga eksklusif. Anak muda, orang dewasa, hingga kaum perempuan mulai menggemari panahan.

Tak sedikit pula sekolah-sekolah di Jakarta menjadikan panahan sebagai salah satu kegiatan ekstrakurikuler untuk para siswa. Klub serta komunitas olahraga panahan juga semakin mudah ditemukan di perkotaan.

Melihat popularitas tersebut, Persatuan Panah Indonesia (Perpani) DKI Jakarta dan Pasaraya Blok M pun menggelar kompetisi panahan Pasaraya Indoor Archery Competition (PIAC) 2023 di lantai LG Gedung B Pasaraya Blok M, Jakarta, Sabtu (25/2/2023) hingga Minggu (27/2/2023).

Ketua Panitia PIAC 2023 Risqi Amrulloh mengatakan, kompetisi PIAC 2023 merupakan ajang bagi para pemanah usia dini dan menengah untuk pamer kemampuan mereka dalam mencapai akurasi.

Kompetisi tersebut, lanjutnya, juga terbilang unik. Berbeda dengan pertandingan panahan pada umumnya yang digelar di luar ruangan atau outdoor, PIAC justru diadakan di area indoor.

"Tantangan panahan yang dilakukan secara indoor tentu berbeda bila dilakukan di area outdoor," ujar Risqi dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (1/3/2023).

Risqi menjelaskan, terdapat tujuh kategori perlombaan pada ajang PIAC 2023, yakni Standar Nasional Sekolah Dasar (SD) 5 meter (m), Standar Nasional SD 10 m, Standar Nasional Sekolah Menengah Pertama (SMP) 15 m, dan Standar Nasional Umum 18 m.

Selain itu, ada pula kategori Barebow Umum 18 m, Recurve Umum 18 m, dan Compound Umum 18 m.

Risqi menambahkan, peserta yang berpartisipasi pada kompetisi PIAC 2023 mencapai 400 peserta. Para peserta tidak hanya berasal dari sekolah di sekitar Jakarta, peserta juga datang dari Solo, Lampung, dan Makassar.

“Peserta PIAC 2023 mulai dari level SD terbagi menjadi dua kelompok, yakni kelas 1 sampai 3, serta kelas 4 sampai 6. Selain itu, ada pula level SMP dan umum ataupun dewasa. Mereka bertanding untuk memperebutkan 49 medali emas dan trofi juara umum,” kata Risqi.

Ketua Panitia PIAC 2023 Risqi Amrulloh mengatakan, kompetisi PIAC 2023 merupakan ajang bagi para pemanah usia dini dan menengah untuk pamer kemampuan mereka dalam mencapai akurasi.Dok. Pasaraya Ketua Panitia PIAC 2023 Risqi Amrulloh mengatakan, kompetisi PIAC 2023 merupakan ajang bagi para pemanah usia dini dan menengah untuk pamer kemampuan mereka dalam mencapai akurasi.

Kenyamanan area Pasaraya Blok M

Risqi menuturkan, area indoor Pasaraya Blok M sengaja dipilih karena sejumlah alasan. Selain menghadirkan kompetisi panahan yang lebih menantang, Pasaraya Blok M merupakan tempat yang nyaman untuk peserta dan pengunjung.

Di area kompetisi, terdapat pujasera Dapur Raya. Baik peserta, anggota delegasi, maupun pengunjung dapat menikmati ragam kuliner di sana sembari menonton pertandingan.

“Kompetisi PIAC 2023 diharapkan dapat melahirkan pemanah-pemanah hebat di masa depan yang bisa mengharumkan nama Bangsa Indonesia,” kata Risqi.

Untuk diketahui, Pasaraya Blok M merupakan salah satu pusat perbelanjaan kenamaan di Indonesia yang telah lama hadir dengan konsep department store khas Indonesia. Berbagai produk berciri khas Indonesia tersedia di sana, mulai dari batik, handicraft, hingga fesyen muslim.

Seiring dengan perubahan dan gaya hidup masyarakat yang kian modern, Pasaraya pun mengusung konsep baru dengan menjadi "Pasaraya One Stop Place Generasi Baru".

Melalui konsep tersebut, Pasaraya menghadirkan area perkantoran, ritel, coffee shop, serta kuliner Indonesia dalam satu tempat.

Adapun Pasaraya Blok M memiliki Gedung A dan Gedung B yang menempati area premium di pusat Blok M. Hal ini menambah nilai dan prestise di Jakarta Selatan (Jaksel).

Lokasinya pun mudah dijangkau dengan menggunakan sejumlah moda transportasi, baik bus TransJakarta maupun MRT. Selain dekat dengan kawasan SCBD, Pasaraya Blok M juga dekat Tol Dalam Kota, Tol JORR, serta mudah untuk mengakses jalan non-tol menuju TB Timasupang, Cipete, dan Cilandak.

Pusat perbelanjaan ini juga dikelilingi shopping mall dan office tower, seperti Blok M Plaza, Lippo Mall Kemang, Ashta District, dan Menara Sentraya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com