Advertorial

Lantik 57 Kades, Bupati Kediri: Prioritaskan Program Pengentasan Kemiskinan

Kompas.com - 06/03/2023, 10:09 WIB

KOMPAS.com - Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana melantik 57 kepala desa (kades) periode 2023-2029 yang terpilih dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 2022. Prosesi pelantikan dilaksanakan di Pendopo Panjalu Jayati, Kabupaten Kediri, Jawa Timur (Jatim), Jumat (3/3/2023).

Bupati yang akrab disapa Mas Dhito itu meminta para kades yang dilantik untuk segera membuat program unggulan desa sehingga dapat direalisasikan pada 2023.

Ia mengatakan bahwa keputusan program yang dapat direalisasikan akan disepakati di Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Kediri.

"Saya akan pilih tiga desa yang punya program paling baik, tiga desa yang bisa merealisasikan programnya," kata Mas Dhito dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (6/3/2023).

Tiga desa terbaik, ucapnya, akan diberikan bantuan keuangan (BK) sesuai dengan kebutuhan masing-masing desa.

Mas Dhito berpesan, program desa yang dibuat harus dapat bersentuhan dengan masyarakat miskin di wilayahnya. Dengan begitu, program desa sejalan dengan program pemerintah dalam mengurangi angka kemiskinan.

“Persoalan kemiskinan masih terjadi di Kabupaten Kediri. (Saat ini), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri tengah memetakan kantong kemiskinan di Bumi Panjalu,” ujar Mas Dhito.

Ia berharap, kades yang baru saja dilantik dapat segera bekerja untuk dapat memetakan kantong kemiskinan yang ada di wilayahnya.

Mas Dhito menekankan bahwa angka kemiskinan harus dapat diturunkan. Pemkab Kediri pun siap memberi dukungan terhadap program prioritas desa yang memberikan dampak terhadap kesejahteraan rakyat.

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana saat pelantikan 57 kades Dok. Pemkab Kediri Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana saat pelantikan 57 kades

Ia juga menyampaikan bahwa kades memiliki kewajiban untuk dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Oleh karena itu, ia meminta semua kades untuk bekerja keras demi meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintahan desa.

"Saya harus mengingatkan (bahwa) jabatan itu cuma mandat (yang) tidak dibawa mati. Pimpinan kalian itu, ya, rakyat," ujarnya.

Dengan demikian, ia berharap, kades yang baru saja dilantik dapat bekerja dengan amanah dan menjadi kades yang dicintai oleh rakyatnya.

Sebagai informasi, 57 kades yang dilantik terpilih dari 155 peserta pilkades serentak. Adapun pilkades serentak diselenggarakan di 13 kecamatan, Rabu (7/12/2022).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPD) Kabupaten Kediri Agus Cahyono menerangkan, dari 57 kades yang telah dilantik, sebanyak 31 merupakan kades baru. Sementara, 26 sisanya merupakan kades petahana.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com