Advertorial

Pascainsiden Depo Plumpang, Pertamina Pastikan Stok dan Distribusi BBM Jawa Bagian Barat Aman

Kompas.com - 06/03/2023, 14:55 WIB

KOMPAS.com - Pascainsiden kebakaran Integrated Terminal Jakarta, Plumpang, PT Pertamina Patra Niaga secara konsisten memonitor stok dan proses distribusi bahan bakar minyak (BBM) untuk masyarakat.

Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Alfian Nasution mengatakan, stok dan proses distribusi BBM untuk masyarakat, khususnya di wilayah Jawa Bagian Barat, terpantau aman.

Ia menuturkan bahwa pascainsiden tersebut, pihaknya bergerak cepat dengan mengaktifkan skema distribusi regular, alternative, and emergency (RAE) atau skema penyaluran alternatif.

Adapun alternatif suplai datang dari Terminal BBM (TBBM) Tanjung Gerem, TBBM Cikampek, TBBM Ujung Berung dan TBBM Balongan.

“Kebutuhan BBM untuk wilayah Jawa Bagian Barat secara keseluruhan disuplai dari 7 TBBM. Saat ini, stok dan penyaluran dalam kondisi aman sehingga masyarakat tidak perlu khawatir,” imbuhnya dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Senin (6/3/2023).

Dari sisi pasokan produk, sambung Alfian, ketahanan stok BBM jenis gasoline yang terdiri dari Pertalite, Pertamax, dan Pertamax Turbo rata-rata berada di angka 18 hari untuk wilayah tersebut.

Sementara itu, BMM jenis gasoil yang terdiri dari Biosolar, Dexlite, dan Pertamina Dex rata-rata berada di angka 17 hari.

Untuk diketahui, status keadaan darurat atau emergency Integrated Terminal Jakarta, Plumpang, telah dicabut pada Sabtu (4/3/2023) pukul 03.35 WIB.

Pertamina telah bekerja sama dengan berbagai pihak untuk menyediakan posko pengungsi yang berada di lokasi aman. Perseroan juga secara konsisten memonitor dan memberikan bantuan bagi korban terdampak, baik mereka yang tengah dirawat di rumah sakit maupun keluarga pendamping.

Untuk informasi lebih lanjut terkait stok dan distribusi BBM serta informasi lain seputar Pertamina, masyarakat dapat menghubungi Pertamina Call Center 135.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com