Advertorial

Pintu Incubator Boyong 5 Brand Fesyen Lokal Indonesia ke Paris Trade Show 2023

Kompas.com - 06/03/2023, 20:53 WIB

Kompas.com - Salah satu program hasil kolaborasi dari Jakarta Fashion & Food Festival (JFFF atau JF3), Pintu Incubator, membawa lima brand lokal untuk berpartisipasi dalam Paris Trade Show 2023 di ajang Premiere Classe, Jardin Des Tuileries, Paris, Prancis, Jumat (3/3/2023) hingga Senin (6/3/2023).

Kelima brand lokal itu terdiri dari empat brand yang ikut berpartisipasi program Pintu Incubator, yakni Parapohon, Apakabar, Tenun Imam, dan Tenun Lurik Rachmad. Seluruhnya sudah menerima berbagai program pembinaan, mentoring, dan workshop dari Pintu Incubator.

Sementara satu brand lainnya adalah LAKON Indonesia yang juga sekaligus salah satu inisiator Pintu Incubator. 

Seluruh brand tersebut berkesempatan untuk memamerkan koleksi eksklusif terbaru secara langsung kepada calon pembeli potensial dari berbagai negara.

“Kami bangga atas keberangkatan lima brand yang juga akan mewakili industri fesyen Indonesia untuk hadir di event berskala internasional melalui ajang Paris Trade Show. Selama penyelenggaraan JF3 sejak 2004 hingga sekarang, kami tidak pernah luput untuk melibatkan dan mendukung pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) lokal untuk tumbuh dan berkembang bersama,” kata Chairman JF3 Soegianto Nagaria dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Senin (6/3/2023). 

Soegianto menambahkan, Pintu Incubator juga mengapresiasi antusiasme dan komitmen seluruh partisipan karena telah bersedia melalui lebih dari 45 sesi mentoring selama 4 bulan.

“Program ini bukanlah ajang kompetisi, melainkan pembimbingan agar brand yang memiliki potensi dapat berkembang secara bisnis. Pada akhirnya, kami berharap agar brand lokal Indonesia bisa memberikan kontribusi terhadap kemajuan industri mode Tanah Air,” ujar Soegianto.

Suasana salah satu booth pameran jenama lokal di Paris Trade Show 2023. Dok. Pintu Incubator Suasana salah satu booth pameran jenama lokal di Paris Trade Show 2023.

Sebagai informasi, Premiere Classe merupakan trade show bergengsi yang hanya menampilkan koleksi khusus berdasarkan penilaian ketat meliputi kreativitas, style, dan orisinalitas. Acara tahunan ini menampilkan 350 brand dari seluruh dunia dan turut dihadiri oleh buyers, pelaku industri fesyen, serta jurnalis internasional yang akan memperluas eksposur Premiere Classe dalam skala global. 

Paris Trade Show sendiri menjadi ajang penting dalam dunia bisnis fesyen internasional. Sebab, acara ini membuka peluang bagi brand untuk memperkenalkan produk ke pasar yang lebih luas.

Selain itu, gelaran tersebut juga merupakan titik pertemuan bagi pebisnis dan pengusaha dari seluruh dunia. Dengan demikian, ajang ini dapat menjadi sarana para pebisnis untuk bertemu dengan mitra bisnis potensial.


Artinya, kelima brand lokal yang ikut serta pada ajang tersebut juga berkesempatan membangun jaringan internasional dengan buyers, memperluas bisnis ke pasar global, serta membuka peluang untuk bertransaksi secara langsung dengan buyers.

Membawa budaya Indonesia 

Dalam kegiatan Paris Trade Show 2023, kelima brand mendapatkan peluang emas untuk bisa memamerkan produk andalannya. Apakabar memamerkan 15 koleksi, Parapohon memamerkan 33 koleksi, Tenun Imam membawa 7 koleksi, Tenun Lurik Rachmad juga membawa 7 koleksi, dan LAKON Indonesia ikut memamerkan 48 koleksi. 

Inisiator Pintu Incubator Thresia Mareta mengatakan, Paris Trade Show menjadi tonggak penting sekaligus kesempatan besar bagi brand lokal untuk memamerkan produk dan potensi bisnisnya kepada khalayak global. Apalagi, brand Indonesia yang berpartisipasi telah dipersiapkan dan dibekali dengan berbagai pengetahuan dan wawasan, mulai dari finansial, bisnis, marketing, serta ekspor dan impor. 

“Kami bangga memamerkan produk Indonesia yang bernafaskan budaya kepada dunia. Partisipasi kami dalam Paris Trade Show 2023 akan membantu memperluas kehadiran brand lokal Indonesia di pasar internasional,” ujar Thresia. 

Paris Trade Show 2023. Dok. Pintu Incubator Paris Trade Show 2023.

Selain menggelar pameran, kelima brand juga berkesempatan untuk mengunjungi beberapa fashion incubator terkemuka, seperti Incubator Ateliers de Paris dan La Caserne accélérateur de Mode, serta beberapa institusi fesyen bergengsi di Paris, seperti ESMOD Paris, Campus Métiers de la Mode et du Design, dan Institut Français de la Mode. 

Tidak hanya itu, kelima brand juga akan dijadwalkan mengunjungi museum sejarah fesyen, seperti Musée des Arts Décoratifs dan Palais Galliera-Musée de la Mode de la ville de Paris. 

Rangkaian kegiatan tersebut diadakan untuk menambah wawasan serta pengetahuan bisnis fesyen yang dapat diterapkan dalam bisnis mereka agar bisa semakin berkembang.

Adapun untuk mendukung keberhasilan Paris Trade Show 2023, berbagai persiapan telah dilakukan, baik secara teori maupun praktik. Salah satunya dengan menggelar 45 sesi mentoring kelas untuk membimbing partisipan selangkah demi langkah oleh para mentor profesional, baik lokal maupun internasional. 

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) turut mengapresiasi dukungan dan antusias terhadap program tersebut. Bahkan, sebanyak 3 orang mentor asal Prancis secara khusus didatangkan untuk untuk membimbing partisipan secara langsung dalam mengembangkan produk sesuai dengan standar pasar internasional. 

Hal itu penting karena dapat menjadi sebuah investasi bagi buyer dalam menjamin konsistensi kualitas jangka panjang dan kapasitas produksi setiap brand.

Informasi lengkap mengenai Pintu Incubator dapat diakses melalui tautan berikut dan Instagram @pintu_incubator.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com