Advertorial

Gandeng KKP, BRI Turut Sukseskan Ekonomi Biru Indonesia

Kompas.com - 08/03/2023, 11:22 WIB

KOMPAS.com – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI memperluas kerja sama dengan berbagai pihak demi memperkuat bisnis dan layanannya.

Teranyar, perseroan menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Adapun kerja sama ini terkait dengan pemanfaatan jasa dan layanan perbankan dalam peningkatan ekonomi sektor kelautan dan perikanan.

Perjanjian tersebut ditandatangani oleh Direktur Utama BRI Sunarso serta Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono. Turut hadir pula perwakilan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM), perwakilan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), dan pejabat terkait lain.

Sunarso menyampaikan bahwa pihaknya siap mendukung program KKP, yakni Ekonomi Biru untuk Indonesia Maju.

Perseroan, sambungnya, terus mendukung penuh program pemerintah. Utamanya, untuk sektor-sektor yang belum bankable melalui program Link UMKM BRI.

“Terkait kerja sama ini, manfaat layanan bisa dirasakan oleh masyarakat, terutama pelaku usaha eksportir produk kelautan dan perikanan,” tutur Sunarso dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Rabu (8/3/2023).

Sebagai informasi, total penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) sektor kelautan pada 2022 mencapai Rp 9,9 triliun. Dari angka tersebut, BRI menyalurkan Rp 7,2 triliun kepada 199.224 nasabah.

Selain itu, BRI juga memperkenalkan aplikasi digital marketplace khusus komoditas pangan, Pasar Rakyat Indonesia (PARI). Saat ini, terdapat 18.000 petambak, petani, dan peternak yang telah bergabung di ekosistem PARI.

Sunarso menuturkan, KKP dapat memanfaatkan unit kerja BRI yang tersebar hingga ke pelosok desa. Terlebih, lebih dari 84 persen portofolio BRI berasal dan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang bersentuhan langsung dengan masyarakat pesisir.

Tak hanya itu, pegawai KKP yang memiliki payroll di BRI juga dapat menikmati BRIguna Digital. Ini merupakan fasilitas pinjaman pegawai yang memiliki sejumlah keuntungan, seperti suku bunga khusus, cair dalam kurang dari 15 menit, tak perlu mengunjungi unit kerja BRI, serta tanpa jaminan Surat Keputusan (SK) Pegawai.

Fasilitas tersebut, kata Sunarso, diharapkan dapat menambah kesejahteraan pegawai. Apalagi, layanan tersebut dapat diakses melalui BRImo sehingga lebih praktis.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com