Advertorial

Pendaftar Meningkat, Pertamina Perluas Uji Coba Penggunaan QR Code Subsidi Tepat

Kompas.com - 09/03/2023, 17:43 WIB

KOMPAS.com – Pertamina memperluas wilayah uji coba penggunaan kode quick response (QR) pada transaksi bahan bakar minyak (BBM) program Subsidi Tepat per Kamis (9/3/2023).

Langkah tersebut diambil lantaran terjadi peningkatan jumlah pendaftar program Subsidi Tepat hingga lebih dari 5 juta kendaraan pada awal Maret 2023.

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting mengatakan, perluasan uji coba tersebut akan dilakukan di kota dan kabupaten di wilayah Sumatra, Nusa Tenggara, dan Papua.

Khusus Maret 2023, lanjut Irto, uji coba penggunaan kode QR pada transaksi solar bersubsidi diperluas hingga 141 kota atau kabupaten. Sementara untuk transaksi Pertalite, perluasan dilakukan di 19 kota atau kabupaten.

“Perluasan wilayah uji coba (sebenarnya sudah) dilakukan secara bertahap sejak Desember 2022. Bagi (masyarakat) yang belum memiliki QR code akan tetap dilayani dengan diarahkan untuk mendaftar di website program Subsidi Tepat,” jelas Irto dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Kamis.

Sebagai informasi, program Subsidi Tepat bertujuan untuk mendata kendaraan yang menggunakan Pertalite dan Solar bersubsidi. Dengan begitu, penyaluran BBM bersubsidi diharapkan dapat lebih terpantau dan kecurangan atau penyalahgunaan di lapangan bisa dicegah. Selain itu, BBM bersubsidi dapat tersalurkan kepada masyarakat yang benar-benar berhak.

Irto menambahkan, saat ini, Pertamina Patra Niaga terus melakukan sosialisasi dan edukasi mengenai tata cara pendaftaran, serta uji coba kesiapan verifikasi kode QR.

“Kami juga terus memantau perkembangan revisi Peraturan Presiden Nomor 191 Tahun 2014 yang menjadi regulasi acuan penetapan penyaluran BBM bersubsidi,” tambahnya.

Adapun pendaftaran program Subsidi Tepat terbuka untuk kendaraan roda empat. Pertamina telah menjalin kerja sama dengan Korps Lalu Lintas (Korlantas) Kepolisian Republik Indonesia (Polri) terkait sinkronisasi data kendaraan untuk program tersebut.

Masyarakat yang hendak mendaftar program Subsidi Tepat perlu menyediakan sejumlah dokumen, seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), foto kendaraan, alamat e-mail, dan dokumen pendukung lainnya.

Pendaftaran program Subsidi Tepat bisa dilakukan dengan mengunjungi laman https://subsiditepat.mypertamina.id. Jika membutuhkan informasi atau mengalami kendala saat mendaftar, silakan hubungi Pertamina Call Center di nomor 135.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com