Advertorial

Catat, 6 Makanan dan Minuman Berikut Wajib Dikonsumsi Selama Ramadhan agar Tubuh Tetap Bugar

Kompas.com - 15/03/2023, 09:00 WIB

KOMPAS.com - Bulan Ramadhan tinggal menghitung hari. Bagi umat Islam, penting untuk menjaga kebugaran tubuh agar bisa menunaikan ibadah puasa selama bulan suci tersebut.

Persiapan pun biasanya sudah dilakukan sejak jauh-jauh hari, termasuk menjaga badan tetap bugar agar ibadah selama Ramadhan tidak terganggu. Salah satunya, lewat konsumsi makanan dan minuman bergizi.

Seperti diberitakan Kompas.com, Selasa (5/4/2022), mengonsumsi makanan bergizi dapat membantu memperkuat sistem imun tubuh selama menjalankan ibadah puasa.

Dengan begitu, tubuh menjadi tidak mudah rentan terhadap infeksi yang dapat menyebabkan badan terasa lelah, lemas, dan mengantuk.

Berikut enam makanan dan minuman bergizi yang bisa kamu santap untuk memperlancar puasa Ramadhan.

  1. Kurma

Kurma seolah menjadi salah satu makanan yang umum dikonsumsi pada Ramadhan, terutama saat berbuka puasa.

Mengonsumsi kurma selama Ramadhan juga dianjurkan oleh nabi besar umat muslim, Muhammad SAW. Ini karena jenis makanan satu ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Dilansir dari laman medicalnewstoday.com, kurma memiliki kandungan nutrisi dan vitamin yang kompleks, seperti kalori, lemak, karbohidrat, protein, serat, vitamin B6, zat besi, magnesium, dan potasium yang semuanya baik untuk tubuh.

Atas kandungan tersebut, mengonsumsi kurma setelah menjalankan ibadah puasa dapat membantu mengembalikan energi yang telah hilang selama beraktivitas.

  1. Telur

Telur merupakan salah satu makanan kaya protein dan gizi yang dapat membantu tubuh tetap bugar selama Anda menjalankan ibadah puasa.

Ahli Gizi dari Akademi Gizi Karya Husada Kediri Mirthasari Palupi mengatakan, mengonsumsi telur saat sahur sangat disarankan lantaran dapat membantu tubuh memiliki cadangan tenaga.

Untuk diketahui, setiap butir telur mengandung vitamin A, vitamin B5, vitamin B12, vitamin K, vitamin D, vitamin E, kalsium, zink, asam amino, fosfor, selenium, omega 3, serta folat.

“Telur adalah sumber protein dengan nilai biologis tinggi. Dalam prosesnya, nilai biologis telur bisa mencapai 99 persen. Makanan dengan kadar biologis tinggi cenderung lebih banyak diserap oleh tubuh. Artinya, telur yang dikonsumsi dalam tubuh, sarinya akan terserap hampir semuanya,” ujar Mirthasari seperti dilansir dari tribunnews.com, Kamis (7/4/2022).

  1. Buah

Seperti diketahui, buah-buahan memiliki banyak manfaat kesehatan lantaran kaya vitamin dan serat. Nah, mengonsumsinya saat setelah berpuasa amat dianjurkan.

Pasalnya, buah juga memiliki kandungan gula alami yang dapat diolah tubuh menjadi energi. Maka dari itu, mengonsumsi buah saat berbuka puasa dapat meningkatkan kebugaran tubuh secara keseluruhan.

Selain cocok dikonsumsi saat buka puasa, buah-buahan juga dapat dikonsumsi saat sahur karena dapat membantu menjaga kebugaran tubuh agar tidak lemas saat menjalani ibadah puasa.

  1. Madu

Mengonsumsi madu saat sahur dapat membantu tubuh menjadi lebih kuat saat menjalankan ibadah puasa sehari penuh.

Pasalnya, madu mengandung banyak gula alami, seperti sukrosa, maltosa, glukosa, dan fruktosa yang dapat memberikan suplai energi pada tubuh secara instan dan bisa bertahan hingga seharian.

Satu sendok madu mengandung sekitar 17 gram karbohidrat atau gula. Dengan kandungan tersebut, kamu dapat memanfaatkan madu sebagai penambah energi yang setara dengan beberapa sendok dari nasi putih.

Saat sahur, kamu cukup mengonsumsi madu sebanyak 1-2 sendok makan. kamu dapat mengonsumsinya secara langsung atau dicampur dengan air. Sesuaikan konsumsi madu dengan kebutuhan kalori kamu supaya tidak berlebihan.

  1. Bayam

Sayuran hijau satu berikut merupakan salah satu makanan yang perlu dipertimbangkan kehadirannya selama kamu menjalankan ibadah Ramadhan.

Pasalnya, bayam kaya akan asam folat yang berfungsi untuk membantu tubuh membentuk sel-sel baru. Selain itu, bayam juga tinggi aktioksidan, serat, dan vitamin B yang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Mengonsumsi bayam saat sahur dan berbuka sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian sehingga dapat membuat tubuh tetap bugar.

  1. Air Kelapa

Air kelapa sudah secara turun temurun menjadi minuman yang selalu dihidangkan saat berbuka puasa. Minuman ini memiliki sejumlah kandungan bermanfaat bagi tubuh, seperti karbohidrat, mineral, protein, elektrolit (potasium, sodium, magnesium, serta kalsium), sitokinin, asam amino, vitamin B, dan antioksidan.

Salah satu manfaat utama mengonsumsi air kelapa selama Ramadhan adalah cepat mengembalikan cairan tubuh yang hilang saat buka puasa. Sebab, air kelapa punya kandungan elektrolit yang lebih banyak ketimbang air putih.

Adapun kadar kalium yang tinggi pada air kelapa juga berperan menjaga keseimbangan cairan tubuh dan membantu mengatur tekanan darah.

Selain membantu menghidrasi tubuh, air kelapa pun dapat meningkatkan imunitas tubuh berkat kandungan vitamin B6 atau folat. Kandungan ini berfungsi untuk membantu tubuh memproduksi serta memelihara sel-sel baru.

Tak sampai di situ, air kelapa juga memiliki kandungan vitamin C yang bersifat antioksidan. Berkat kandungan ini, minuman tersebut dapat membantu sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi yang diakibatkan oleh virus, bakteri, atau jamur.

Tak perlu repot mencari air kelapa, kamu juga bisa mendapatkan seluruh manfaat tersebut pada produk air kelapa asli dalam kemasan yaitu Hydro Coco.

Hydro Coco terbuat dari 100 persen air kelapa asli. Minuman ini mengandung sejumlah nutrisi bermanfaat bagi tubuh, seperti vitamin C, B3, B5, dan B6, kalsium, magnesium, serta serat.

Selain itu, Hydro Coco yang merupakan produk dari KALBE Nutritionals ini juga dibuat tanpa bahan pengawet dan pemanis buatan sehingga aman untuk dikonsumsi setiap hari. Minuman ini tersedia dalam ukuran 250 mililiter (ml), 3.300 ml, 500 ml, dan 1 liter yang pas untuk keluarga.

Bagi kamu yang ingin berbuka dengan kesegaran air kelapa asli Hydro Coco, silakan kunjungi toko terdekat atau klik tautan berikut.

Itulah enam produk konsumsi yang baik dikonsumsi selama Ramadhan. Pastikan kamu mengonsumsinya agar ibadah Ramadhan bisa dilakukan dengan optimal.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com