Advertorial

BRI Salurkan Bantuan kepada Warga Terdampak Erupsi Gunung Merapi

Kompas.com - 15/03/2023, 15:20 WIB

KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI melalui program corporate social responsibility (CSR) BRI Peduli melakukan penyaluran bantuan tanggap bencana kepada warga terdampak erupsi Gunung Merapi.

Erupsi Gunung Merapi yang terjadi sejak Sabtu (11/3/2023) mengakibatkan sejumlah wilayah di sekitarnya, seperti Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta; serta Magelang, Boyolali, dan Klaten, Jawa Tengah (Jateng), diguyur hujan abu vulkanik.

Corporate Secretary BRI Aestika Oryza Gunarto mengatakan, bantuan untuk warga terdampak diberikan melalui unit kerja BRI terdekat dengan lokasi bencana, seperti BRI Unit Sawangan di Kecamatan Sawangan dan BRI Unit Dukun di Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang.

Adapun bantuan yang diberikan kepada masyarakat terdiri dari makanan siap saji, paket sembako, serta perlengkapan kesehatan seperti masker.

“BRI bergerak cepat dengan memberikan bantuan kepada warga terdampak. Kami memastikan bahwa masyarakat yang terdampak di wilayah sekitar Gunung Merapi akan mendapatkan bantuan yang dapat meringankan beban mereka,” ujar Aestika dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (15/3/2023).

Terkait operasional BRI di wilayah tersebut, lanjut Aestika, layanan tetap berjalan karena unit kerja tidak terdampak secara signifikan. Oleh karena itu, layanan perbankan BRI tetap berjalan normal demi mendukung aktivitas perekonomian masyarakat.

Tak hanya itu, untuk mempercepat pemulihan pascabencana dan meringankan beban masyarakat, BRI juga terus bekerja sama serta berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk bersinergi dalam menyalurkan bantuan kepada korban.

“Kami turut mengapresiasi peran aktif warga yang mau bergotong-royong menyalurkan bantuan sehingga bantuan dapat cepat sampai di tangan masyarakat terdampak. BRI berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam mempercepat pemulihan bencana yang terjadi di Indonesia dan meringankan beban masyarakat terdampak,” jelas Aestika.

Sebagai informasi, sebelumnya, BRI juga menyalurkan bantuan tanggap bencana kepada warga terdampak di beberapa wilayah di Indonesia, seperti bencana banjir bandang di kawasan Gunung Ijen Bondowoso, Jawa Timur (Jatim); banjir di Lubuk Sepang Lahat, Sumatera Selatan (Sumsel); dan banjir di Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar).

Bantuan yang disalurkan BRI di wilayah tersebut meliputi makanan cepat saji, paket sembako, dan peralatan kebersihan.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com