Advertorial

BRI Boyong Alumnus UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR ke NY NOW 2023

Kompas.com - 16/03/2023, 14:03 WIB

KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI mengajak nasabah usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) binaan yang juga alumnus BRILIANPRENEUR mengikuti event Internasional New York (NY) NOW 2023 (Fall Session). Event ini akan diselenggarakan pada Agustus 2023.

Sebelumnya, para UMKM binaan BRI tersebut telah berpartisipasi di kegiatan BRILIANPRENEUR ke-4 yang dilaksanakan pada Desember 2022.

Partisipasi BRI di NY NOW 2023 itu pun merupakan salah satu rangkaian acara Road to UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENUER 2023.

Sebagai tahapan awal untuk mengikuti event tersebut, BRI telah memilih sebanyak 25 UMKM alumnus yang bergerak di bidang kriya untuk diikutkan dalam kegiatan kurasi bertajuk “MSMEs Goes to New York NOW 2023” yang dilaksanakan di Brilian Center, BRI Jakarta, Rabu (8/3/2023). Kegiatan ini turut menghadirkan kurator asal Amerika Serikat (AS), Jenniffer Isaacson.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan tujuan memberikan asistensi maksimal kepada UMKM peserta kurasi agar mereka dapat meningkatkan kualitas produk kriya. Dengan begitu, peserta dapat menampilkan produk UMKM terbaik dari BRILIANPRENEUR.

Oleh karena itu, kegiatan kurasi itu juga diisi dengan sesi seminar dan one on one consultation bersama Jenniffer.

Terdapat lima topik utama yang diangkat pada seminar tersebut, yakni trends, inspiration and design, branding, logo, and merchandising, serta market readiness and NY NOW, workshop explained (pengaplikasian topik 1–3 terhadap usaha UMKM yang saat ini berjalan), serta one on one consultation and product.

Lima topik seminar itu diharapkan dapat membantu pelaku UMKM agar semakin termotivasi, meningkatkan produktivitas dan kualitas usaha, berbagi pengalaman, paham tentang penggunaan teknologi terbaru, serta mampu bersaing dengan kompetitor.

Untuk diketahui, NY NOW 2023 akan dihadiri oleh sejumlah buyers kunci seperti Anthropologie, Macy’s, Bed Bath and Beyond, Bloomingdales, Homegoods, Target, Walmart, dan Urban Outfitters. Mereka hadir untuk mencari supplier berbagai produk terbaru.

BRI pun optimistis, produk-produk dari alumnus BRILIANPRENEUR yang lolos kurasi dapat bersaing dengan produk lain dari berbagai negara.

Keyakinan tersebut muncul saat kegiatan showcase produk UMKM alumnus yang ditampilkan untuk mengikuti kurasi.

Pada showcase itu, terdapat sejumlah produk yang dibagi ke dalam beberapa kategori, seperti home decor and craft serta accessories and beauty.

Masing-masing dari UMKM alumnus juga menyajikan keunikan, kualitas, dan kisah dibalik produk, bahan baku, serta penggunaan material yang ramah lingkungan.

Tak hanya itu, para pelaku UMKM juga turut melakukan pemberdayaan perempuan ataupun masyarakat pada proses produksinya.

Direktur Bisnis Kecil dan Menengah BRI Amam Sukriyanto mengatakan, keikutsertaan BRI dalam NY NOW 2023 mencerminkan komitmen perusahaan untuk terus mendampingi pelaku UMKM agar bisa berkembang hingga menembus pasar internasional (go global).

Oleh karena itu, pihaknya akan terus mendukung UMKM, terutama alumnus BRILIANPRENEUR terpilih untuk mengikuti kurasi oleh kurator AS agar kualitas produknya saat mengikuti NY NOW 2023 betul-betul mampu bersaing secara global.

“Hal ini merupakan wujud komitmen BRI bagi UMKM Indonesia agar dapat terus memperluas pasarnya hingga ke pasar global. Hari ini kami melakukan kurasi bersama Jennifer Isaacson sebagai upaya mendapatkan peserta yang layak diikutkan dalam NY NOW 2023. Pelaku UMKM dapat berkonsultasi langsung kepada Jennifer terkait dengan produknya dan kesesuaian di pasar AS,” ujar Amam dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (16/3/2023).

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com