Advertorial

Dapat Kucuran Dana Rp 1,5 Triliun, Aspire Gandeng Accurate Hadirkan Solusi Keuangan Bisnis Terintegrasi

Kompas.com - 22/03/2023, 08:30 WIB

KOMPAS.com – Platform atau software keuangan all-in-one, Aspire, menjalin kerja sama dengan software akuntansi Accurate. Kemitraan kedua layanan ini bertujuan untuk memberikan solusi keuangan menyeluruh kepada pelaku pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) dan startup di Indonesia.

Melalui kerja sama tersebut, pengguna Accurate bisa menikmati berbagai layanan yang disediakan Aspire, seperti akses real-time layanan keuangan dan pembayaran lintas batas. Pelaku bisnis juga dapat menggunakan berbagai fitur lain dari Aspire untuk mendukung pertumbuhan bisnis.

Kemudian, bagi pengguna Aspire, akun mereka yang mencakup manajemen pengeluaran dan utang akan terintegrasi secara langsung dengan platform Accurate. Dengan demikian, pelaku usaha dapat melihat kondisi finansial bisnisnya secara real-time.

Hal tersebut juga dapat membantu pelaku usaha dalam mengelola keuangan secara lebih efisien dan produktif.

General Manager Aspire di Indonesia Ferdy Nandes mengatakan, kerja sama Aspire dan Accurate dapat menjadi solusi bagi pelaku UKM dan startup yang membutuhkan pendekatan manajemen keuangan yang lebih modern. Terlebih, persaingan bisnis semakin ketat setiap tahun.

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop dan UKM), jumlah UMKM yang telah masuk ke ekosistem digital tercatat mencapai 20,76 juta unit pada 2022. Jumlah ini diprediksi akan meningkat menjadi 24 juta pada 2023.

Dengan menggunakan solusi yang ditawarkan Aspire dan Accurate, kata Ferdy, pelaku UMKM dapat mengoptimalkan operasional perusahaan serta mengurangi kebutuhan entri manual yang rawan kesalahan manusia.

“Dengan solusi yang ditawarkan Aspire dan Accurate, pelaku bisnis dapat menjaga pertumbuhan bisnis,” ujar Ferdy dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (17/3/2023).

Hal senada juga diutarakan Chief Executive Officer (CEO) Accurate Indonesia Yosep Stephen. Yosep menjelaskan, partnership Aspire dan Accurate mencerminkan visi bersama untuk masa depan keuangan bisnis di Indonesia.

“Accurate dan Aspire menyadari potensi pasar Indonesia yang signifikan. Oleh karena itu, kami berkolaborasi untuk memberikan solusi bisnis yang inovatif supaya pelaku usaha dapat mengelola keuangan dengan lebih efisien dan produktif,” ujar Yosep.

Sebagai bagian dari partnership tersebut, Aspire dan Accurate menawarkan paket bundle dengan harga spesial kepada pengguna yang berlangganan kedua layanan tersebut.

Kolaborasi Aspire dan Accurate.DOK. Aspire Kolaborasi Aspire dan Accurate.

Selain itu, perusahaan yang telah berlangganan software Accurate akan mendapatkan diskon 50 persen untuk paket Manajemen Keuangan Aspire selama satu tahun pertama.

Kemudian, sebanyak 500 perusahaan pertama yang mengambil penawaran tersebut akan mendapatkan promosi dan undangan khusus ke acara eksklusif Aspire dan Accurate. Klik tautan ini untuk informasi lebih detail terkait penawaran tersebut.

Platform keuangan all-in-one

Sebagai informasi, Aspire merupakan platform keuangan all-in-one yang menawarkan berbagai layanan untuk mendukung operasional pelaku usaha, seperti akun multi-valuta asing (valas), kartu korporat, software budgeting, pembayaran massal, serta solusi payment gateway.

Untuk menikmati setiap layanan tersebut, pelaku usaha umumnya menggunakan berbagai platform berbeda. Namun, dengan platform keuangan yang hadir di Indonesia sejak 2019 itu, pelaku usaha dapat memonitor dan mengatur aktivitas keuangan secara real-time dan menyeluruh dalam satu software.

Layanan yang diberikan Aspire memberikan berbagai keuntungan bagi pelaku usaha, seperti menghemat waktu dan sumber daya perusahaan, mengoptimalkan kinerja bisnis untuk meraih laba atau profit secara maksimal, serta mendorong pertumbuhan perusahaan secara berkelanjutan.

Acara pengenalan kemitraan Aspire dan Accurate yang dihadiri lebih dari 100 pelaku bisnis.DOK. Aspire Acara pengenalan kemitraan Aspire dan Accurate yang dihadiri lebih dari 100 pelaku bisnis.

Salah satu layanan Aspire yang digunakan perusahaan adalah manajemen pengeluaran. Solusi manajemen ini memungkinkan perusahaan mengalokasikan anggaran sesuai kebutuhan proyek atau pun tiap divisi.

Solusi tersebut juga membantu perusahaan dalam mendelegasikan pengeluaran dengan menyediakan kartu korporat atau fitur klaim kepada karyawan.

Fitur tersebut dapat terhubung dengan pos anggaran masing-masing divisi ataupun proyek. Dengan demikian, perusahaan dapat mengatur anggaran secara lebih mudah dan sesuai kebutuhan divisi.

Aspire juga dapat terintegrasi dengan berbagai software akuntansi. Salah satunya adalah Accurate. Integrasi ini memungkinkan transaksi keuangan dapat dilakukan melalui platform Aspire dan langsung tercatat secara otomatis di software akuntansi dari Accurate.

Karena kelebihan tersebut, sebanyak lebih dari 15.000 perusahaan di Asia, termasuk startup dan UKMdi Asia Tenggara, memercayakan pengelolaan keuangannya menggunakan platform Aspire.

Beberapa klien Aspire di Indonesia meliputi ESQA, bobobox, Saturdays, bibit, eFishery, mamikos, Haus!, Pintu, Shipper, Ula, dan Kopi Kenangan.

Perusahaan yang berkantor pusat di Singapura dan memiliki lebih dari 400 karyawan ini didukung oleh venture capital internasional, seperti Sequoia, Lightspeed, dan Y-Combinator. Aspire juga mendapatkan dukungan dari investor strategis lain, seperti Tencent dan Paypal.

Aspire baru saja mendapatkan penggalangan dana seri-C oversubscribed sebesar 100 juta dollar Amerika Serikat (AS) atau setara Rp 1,5 triliun pada Februari 2023. Pendanaan tersebut akan digunakan untuk terus mengembangkan platform finansial yang dapat membantu perusahaan di Asia Tenggara.

Sementara itu, Accurate adalah software bisnis komprehensif pertama di Indonesia yang telah beroperasi sejak 1999. Accurate memiliki misi untuk mempermudah pemilik bisnis mengembangkan bisnis mereka melalui sistem operasi yang inovatif dan akurat.

Saat ini, Accurate telah dipercaya lebih dari 500.000 pemilik bisnis dan terus berkomitmen untuk membantu pemilik bisnis menjalankan bisnisnya. Salah satunya melalui kerja sama dengan Aspire.

Dalam beberapa tahun terakhir, Accurate semakin meningkatkan kehadirannya dengan berpartisipasi aktif dalam berbagai pameran dan konferensi besar, seperti Jifhex, Bifhex, serta SIAL Interfood. Accurate telah berkembang menjadi perusahaan SaaS Berkelanjutan #1 di Indonesia.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com