Advertorial

Dukung Digitalisasi Keuangan Daerah, BRI Resmi Terkoneksi SIPD

Kompas.com - 22/03/2023, 12:14 WIB

KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI kini resmi terkoneksi dengan Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) Kementerian Dalam Negeri. Hal ini dilakukan BRI sebagai upaya mendukung dan mendorong program digitalisasi keuangan pemerintah daerah.

Adapun peluncuran kerja sama diselenggarakan sebagai rangkaian acara “Rakornas Keuangan Daerah & APBD Awards 2023” yang digelar Kementerian dalam Negeri (Kemendagri) RI di Mercure Convention Centre Ancol, Jakarta, Kamis (16/3/2023).

Peluncuran dilakukan secara simbolis oleh Wakil Menteri Dalam Negeri John Wempi Wetipo dan Direktur Institution & Wholesale Business BRI Agus Noorsanto.

Hadir dalam acara tersebut, Direktorat Jenderal (Dirjen) Bina Keuangan Daerah Kemendagri Agus Fatoni, serta gubernur, bupati, wali kota, sekretaris daerah (sekda), Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), serta Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) seluruh Indonesia.

Agus Noorsanto mengatakan bahwa kerja sama tersebut merupakan bentuk kolaborasi pihaknya untuk mendukung digitalisasi keuangan.

Dengan kolaborasi itu, ia berharap pihaknya dapat memberikan kemudahan pengelolaan transaksi keuangan, khususnya bagi pemerintah daerah yang menggunakan SIPD untuk menjalankan transaksi belanja daerah.

“BRI mendukung penuh transformasi keuangan daerah, termasuk SIPD. Aplikasi ini merupakan terobosan Kemendagri untuk digitalisasi keuangan daerah,” ujarnya dalam rilis yang diterima Kompas.com, Rabu (22/3/2023).

Dengan terkoneksinya BRI dengan SIPD, sambungnya, maka pemerintah daerah yang Rekening Kas Umum Daerah (RKUD)-nya dikelola oleh BRI dapat diintegrasikan dengan SIPD.

Adapun pemerintah daerah yang dapat diintegrasikan dengan SIPD adalah pemerintah daerah yang sudah menggunakan modul penatausahaan SIPD.

Ia melanjutkan bahwa pihaknya optimistis, hal tersebut bermanfaat untuk jajaran pemerintah daerah. Sebab, mereka dapat menikmati layanan digital dari BRI sekaligus memenuhi regulasi Kemendagri.

Di samping itu, ia juga menjelaskan bahwa proses penggajian aparatur sipil negara (ASN) juga sudah dapat dilayani memanfaatkan SIPD.

Sebagai informasi, SIPD merupakan aplikasi yang digunakan oleh pemerintah daerah untuk melakukan transaksi belanja daerah. Terkait hal ini, BRI bekerja sama untuk memberikan layanan perbankan.

Ia juga menyebutkan berbagai layanan digital BRI yang dapat dimanfaatkan, seperti Cash Management System (CMS), Kartu Kredit Pemerintah Domestik, serta layanan BRImo dan BRIguna digital.

Ke depan, BRI akan terus meningkatkan kolaborasi dalam berbagai hal untuk kemajuan pemerintah daerah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com