Advertorial

Kejar Mimpi Studi ke Inggris, British Council Buka GREAT Scholarships 2023

Kompas.com - 22/03/2023, 18:06 WIB

KOMPAS.com - British Council kembali menggelar kampanye Study UK melalui program GREAT Scholarships 2023 untuk tahun ajaran yang akan dimulai pada September 2023. Program ini merupakan salah satu bagian dari kampanye Study UK yang digagas pemerintah Inggris untuk 14 negara, termasuk Indonesia, untuk berkesempatan melakukan studi pascasarjana di Inggris tahun ajaran 2023/2024. 

Sebagai informasi, British Council telah bermitra dengan 13 universitas yang berada di Inggris untuk menjalankan program tersebut. Setiap calon penerima beasiswa akan mendapatkan dukungan biaya kuliah sebesar £10,000 selama satu tahun. 

Khusus Indonesia, GREAT Scholarships 2023 membuka 3 jurusan yang dapat dipilih. Ketiga jurusannya yaitu Core sebanyak 10 slot, Justice and Law sebanyak 2 slot, dan satu slot untuk Climate Change.

"British Council mendukung anak muda Indonesia untuk melanjutkan studi mereka di luar negeri. Inggris, secara konsisten, telah menjadi salah satu tujuan studi terbaik bagi mahasiswa Indonesia," kata Direktur British Council Indonesia untuk Klaster Asia Tenggara Summer Xia melalui siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (6/2/2023). 

Lebih lanjut Summer mengarahkan, GREAT Scholarships 2023 akan menjadi momen yang baik untuk mahasiswa bertukar ide, berbagi praktik terbaik, dan menunjukkan keahlian mereka di panggung global. Selain itu, program ini sebagai bukti bahwa pemerintah Inggris menyambut mahasiswa internasional terbaik untuk studi di negaranya. 

"Kami berharap, peluncuran GREAT Scholarships 2023 akan memungkinkan lebih banyak mahasiswa Indonesia mendapatkan manfaat dari pendidikan tinggi dari salah satu negara terbaik di dunia. Kami dengan senang hati menyambut mahasiswa Indonesia agar dapat terhubung, belajar, dan berbagi serta menjadi anggota baru jejaring global dari 'Alumni UK' kami," ujar Summer. 

Studi ke Inggris

GREAT Scholarships 2023 dibuka untuk mahasiswa yang telah menyelesaikan pendidikan strata-1 dan ingin melanjutkan ke program pascasarjana di Inggris. Ada 14 universitas di wilayah Inggris yang dapat dipilih, yaitu University College London, Cardiff University, University of Nottingham, Lancaster University, dan Ulster University. 

Selain itu, Sheffield Hallam University, University of Hull,

University of Plymouth, University of Stirling, University of St Andrews juga telah bekerja sama untuk program beasiswa ini. Selanjutnya, Imperial College London,

Teesside University dan Goldsmiths, University of London juga membuka kesempatan untuk studi postgraduate sesuai dengan jurusan yang dipilih. 

Soal persyaratan, setiap universitas memiliki klasifikasinya masing-masing. Tentu, syarat utamanya adalah mampu berbahasa Inggris dengan baik dan lancar. Selain itu, syarat akademik juga menjadi pertimbangan tersendiri oleh pihak universitas. 

Syarat lainnya, beberapa universitas juga meminta calon mahasiswa membuat esai yang terdiri dari 500 kata sesuai dengan topik dari jurusan yang ditempuh sebelumnya. Selanjutnya, calon mahasiswa pun harus melalui proses seleksi dan wawancara yang dikelola oleh universitas yang dituju. 

Setiap universitas memiliki batas waktu seleksi yang berbeda-beda. Calon mahasiswa dapat mengecek informasi hasil seleksi melalui situs universitas masing-masing. Namun, GREAT Scholarships secara umum akan ditutup pada 30 Juni 2023. 

Selama mengikuti GREAT Scholarships, calon mahasiswa akan menjalankan perkuliahan dan tutorial serta terlibat aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler. Mahasiswa juga diminta untuk menghadiri acara networking dengan penerima beasiswa lain. 

Beasiswa ini juga dapat diikuti oleh mahasiswa yang sedang melakukan studi di Inggris jika memenuhi persyaratan kelayakan yang berlaku.

Informasi lebih lanjut mengenai GREAT Scholarships, cara mendaftar, dan persyaratan lainnya dapat diakses melalui tautan berikut ini

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com