Advertorial

Hadirkan Performa Maksimal, Ini 5 Keunggulan Laptop Prosesor H-Series

Kompas.com - 27/03/2023, 09:07 WIB

KOMPAS.com – Laptop yang tersedia di pasaran umumnya memiliki spesifikasi yang beragam. Sebab, konsumen memiliki kebutuhan yang beragam pula, mulai dari kebutuhan sekolah, gaming, profesional, hingga desain grafis.

Adapun prosesor menjadi salah satu spesifikasi yang kerap menjadi perhatian pengguna sebelum memilih laptop. Pasalnya, komponen ini merupakan “otak” dari komputer atau laptop.

Prosesor sendiri terdiri dari tiga segmen, yakni kelas hemat energi, mainstream atau balance, serta performa tinggi.

Prosesor kelas performa mampu bekerja lebih maksimal ketimbang kelas lain. Adapun prosesor kelas performa dari Intel biasanya memiliki kode H, HK, serta HX pada akhir seri nomor prosesor.

Sementara itu, laptop yang dirancang sebagai seri hemat energi biasanya menggunakan prosesor Intel dengan kode U. Selanjutnya, untuk segmen performance thin and light, biasanya menggunakan kode huruf P.

Hal serupa juga berlaku untuk laptop yang menggunakan prosesor AMD. Jenama prosesor ini menggunakan kode H atau HS untuk prosesor kelas performa dan kode U untuk kelas hemat energi.

Dari ketiga segmen tersebut, laptop dengan prosesor H-Series umumnya lebih dilirik oleh konsumen karena sejumlah keunggulan yang ditawarkan. Apa saja keunggulannya? Simak ulasan berikut.

  1. Performa lebih tinggi

Laptop yang menggunakan prosesor H-Series, baik dari Intel maupun AMD, dikenal dengan performa yang lebih tinggi ketimbang seri lain.

Oleh karena itu, laptop yang dilengkapi prosesor H-Series dapat diandalkan untuk berbagai macam aktivitas komputasi berat, seperti editing video 4K, modeling 3D, serta bermain game triple A. Tak heran, prosesor ini jamak digunakan oleh para profesional, pembuat konten, serta gamer.

  1. Menunjang multitasking

Selain dapat mengoperasikan software berat, prosesor H-Series juga dapat menunjang aktivitas multitasking. Pasalnya, prosesor ini memiliki jumlah core dan thread yang lebih banyak ketimbang prosesor lain, seperti U-Series.

Dengan demikian, pengguna tak akan merasakan lag saat membuka banyak browser atau menggunakan beberapa software sekaligus. Aktivitas multitasking pun dapat dilaksanakan secara lebih mulus ketimbang prosesor dari seri lain.

  1. Grafis mumpuni

Tak hanya menawarkan performa komputasi cepat, prosesor H-Series juga sudah terkoneksi dengan prosesor grafis terintegrasi (integrated graphic processor) yang bertenaga.

Hal itu membuat prosesor H-Series dapat menampilkan performa visual yang lebih baik saat laptop digunakan untuk menjalankan software editing foto, menikmati konten video, serta bermain game.

  1. Efisiensi energi

Meski mengonsumsi daya lebih banyak daya ketimbang prosesor U-Series, prosesor H-Series terbaru tergolong efisien. Pasalnya, prosesor ini tetap dapat menghasilkan performa tinggi untuk menyelesaikan berbagai aktivitas komputasi dengan lebih cepat.

Hal tersebut berbeda dengan prosesor U-Series. Walau lebih hemat energi, prosesor ini membutuhkan waktu lebih lama untuk menyelesaikan pekerjaan yang relatif berat, seperti rendering video. Dengan demikian, prosesor ini dinilai tidak efisien untuk kegiatan komputasi berat.

  1. Mengantisipasi software terbaru

Prosesor H-Series kerap diandalkan untuk menjalankan berbagai software atau sistem operasi terkini yang membutuhkan spesifikasi komputasi mumpuni. Tak hanya itu, prosesor ini juga dapat melibas software atau game yang akan hadir dalam beberapa tahun ke depan.

Hal tersebut memberikan keuntungan kepada pengguna. Sebab, pengguna tidak perlu meng-upgrade prosesor atau membeli laptop baru untuk dapat menjalankan software yang hadir dalam waktu dekat.

Itulah beberapa keuntungan dari menggunakan laptop H-Series. Salah satu jenama yang memiliki varian laptop H-Series adalah Asus.

Baru-baru ini, Asus merilis laptop mainstream teranyar yang menggunakan prosesor H-Series Ryzen 5 dari AMD, yakni Vivobook 16X (M1603) dengan layar 16 inci dan Vivobook 14X (M1403) dengan layar 14 inci.

Vivobook 14X sendiri memiliki dua pilihan layar, yakni in-plane switching (IPS) dan organic light-emitting diode (OLED). Laptop ini cocok dipakai oleh pengguna yang membutuhkan laptop dengan dimensi ringkas dan kompak untuk menunjang mobilitas.

Sementara itu, Vivobook 16X cocok dijadikan pilihan untuk pengguna yang membutuhkan perangkat dengan layar lebih luas. Laptop ini hadir dalam pilihan panel layar OLED untuk menunjang aktivitas visual berkualitas tinggi.

Vivobook 14X. DOK. Asus Vivobook 14X.

Baik Vivobook 14X maupun Vivobook 16X memiliki opsi upgrade random access memory (RAM). Dengan demikian, pengguna dapat meningkatkan kapasitas RAM untuk menunjang performa laptop sesuai kebutuhan.

Sebagai informasi, Vivobook 14X dijual mulai dari Rp 8.999.000. Setiap pembelian Vivobook 14X dan Vivobook 16X akan mendapatkan paket instalasi sistem operasi terbaru dari Microsoft, yaitu Windows 11. Dengan demikian, pengguna tidak perlu repot meng-upgrade sistem operasi.

Selain itu, pengguna juga akan mendapatkan paket Office Home and Student 2021 atau software office versi lengkap, yakni Word, Excel, dan PowerPoint. Perangkat lunak ini berlaku untuk pemakaian seumur hidup. Dengan demikian, dapat menunjang aktivitas pengguna dalam waktu lama.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai Vivobook 14X dan Vivobook 16X, Anda dapat mengeklik tautan ini.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com