Advertorial

Pilih Lantai Tepat Sesuai Ruangan, Bikin Anda Betah Tinggal di Rumah

Kompas.com - 27/03/2023, 12:47 WIB

KOMPAS.com – Salah satu elemen yang perlu diperhatikan saat membangun atau renovasi rumah adalah pemilihan lantai. Pasalnya, jenis dan tekstur lantai yang tepat akan menambah kenyamanan penghuni.

Memilih lantai juga tidak bisa sembarangan. Tidak semua ruangan juga dapat menggunakan jenis lantai yang sama. Anda dapat mengelompokkan sifat ruangan di dalam rumah, seperti area publik, area pribadi, dan area servis.

Area publik adalah ruangan yang bisa diakses oleh seluruh keluarga, tamu, dan kerabat. Ruang tamu dan keluarga, misalnya, merupakan area publik di dalam rumah.

Kemudian, area pribadi merupakan ruangan yang hanya bisa diakses anggota keluarga atau penghuni rumah. Contohnya, ruang tidur dan ruang kerja. Dua ruangan ini biasanya jarang diakses oleh para tamu.

Terakhir, dapur dan kamar mandi dapat masuk dalam area servis. Pasalnya, dua rangan ini pada saat-saat tertentu bisa menjadi area pribadi atau publik.

Nah, berikut tips agar mudah untuk menentukan jenis lantai yang ingin digunakan untuk ketiga ruangan tersebut.

  • Area publik
    Untuk area publik, Anda dapat memilih lantai bertekstur halus. Pilihlah juga jenis lantai yang memiliki nilai estetika tinggi. Sebab, ruangan di area publik kerap dikunjungi tamu.


Salah satu lantai yang dapat memberikan kesan mewah adalah lantai granit. Granit sendiri merupakan salah satu jenis batu alam yang sering dijadikan material lantai. Daya tahan yang kuat dan permukaan yang tidak mudah tergores menjadi pilihan karena mampu menopang furnitur besar.

Granit lantai dapat digunakan untuk ruang tamu untuk memberikan kesan elegan. Penggunaan lantai jenis ini juga dapat menyejukkan ruangan karena sifatnya yang dingin.

  • Area pribadi

Pada area pribadi, penggunaan lantai dapat menjadi lebih fleksibel. Anda bisa memilih lantai yang sesuai keinginan dengan tetap mengutamakan kenyamanan.

Lantai yang disarankan untuk kamar tidur, misalnya, adalah vinyl. Pasalnya, bahan lantai sintetis ini tahan lama, terjangkau, dan mudah dipasang. Vinyl juga tahan terhadap air, anti-rayap, dan mampu bertahan di lingkungan yang lembap.

Tampilan motif kayu pada vinyl lantai membuat ruangan terasa lebih hangat dan tenang. Tak heran, banyak menggunakan lantai ini di kamar tidur atau ruang kerja.

  • Area servis

Pemilihan lantai pada area servis termasuk paling mudah. Anda dapat memilih lantai bermaterial kuat dengan permukaan licin. Hal ini agar lantai mudah dibersihkan dari kotoran atau noda.

Keramik menjadi pilihan lantai yang tepat, baik untuk dapur maupun kamar mandi. Umumnya, keramik terbuat dari tanah liat berwarna merah atau putih. Jenis lantai ini juga bertahan lama dengan pemasangan dan perawatan yang tepat.

Untuk dapur, Anda dapat memilih keramik lantai dengan permukaan halus agar mudah dibersihkan. Sementara itu, pilih keramik dengan permukaan kasar untuk mengurangi risiko terpeleset.

Itulah tips memilih lantai yang tepat untuk ruangan di rumah. Selain itu, sesuaikan pemilihan warna lantai sesuai dengan tema dari hunian Anda.

Untuk memudahkan dalam membeli ubin dan lantai, Anda kini dapat memesannya secara online di Tokopedia. Marketplace ini menyediakan berbagai macam kebutuhan, mulai dari ibu dan anak, rumah tangga, makanan dan minuman, hobi, elektronik, hingga pertukangan.

Jadi, tak perlu ragu untuk membeli lantai pilihan Anda melalui Tokopedia.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com