Advertorial

Menjajal Olike TWS T103, Earphone Praktis untuk Berbagai Aktivitas Harian

Kompas.com - 28/03/2023, 08:50 WIB

KOMPAS.com – Perlahan tapi pasti, earphone true wireless stereo (TWS) mulai menggeser wired earphone. Jika dibandingkan earphone kabel, TWS memang jauh lebih praktis dan mudah dipakai. Pasalnya, pengguna bisa leluasa beraktivitas tanpa perlu repot terkendala kabel. Misalnya, saat berolahraga.

Seiring perkembangan teknologi, kualitas suara yang dihasilkan TWS pun semakin membaik. Olike TWS T103, misalnya, tetap mampu menghasilkan suara jernih yang nyaman didengar.

Tak heran, perangkat tersebut mampu memanjakan telinga saat digunakan untuk mendengarkan musik akustik. Ketika “Asmalibrasi” dari Soegi Bornean diputar, misalnya, petikan gitar yang mengiringi permainan sejak awal hingga akhir lagu terdengar nyaman dan syahdu.

Suara gamelan Jawa dan alat musik khas Kalimantan Timur, sape, yang diterjemahkan dengan bahasa gitar akustik juga sayup-sayup terdengar indah melalui Olike TWS T103.

Tak hanya musik akustik, Olike TWS T103 juga sukses menghantarkan nuansa musik rok yang cenderung menghentak, tetapi nyaman di telinga. Misalnya saja, ketika “Bendera” milik grup band Cokelat diputar. Gebukan drum Ervin serta irama bas petikan Ronny terdengar menghentak dengan jernih dan nyaman di telinga.

Jika dibandingkan TWS merek lain di kelasnya, Olike TWS T103 juga mampu menghasilkan suara yang lebih lantang. Sebagai contoh, untuk menghasilkan volume suara yang serupa, Olike TWS T103 hanya perlu diatur pada volume 80 persen, sedangkan volume TWS lain harus ditingkatkan menjadi 90 persen.

Sama halnya saat melakukan panggilan telepon. Jika dibandingkan TWS lain di kelasnya, Olike TWS T103 mampu menghasilkan suara yang lebih lantang dan jelas. Noise yang terdengar pun lebih minim.

Untuk diketahui, Olike TWS T103 hadir dalam bentuk stick-open sehingga cocok bagi pengguna yang memiliki telinga dengan tragus berbentuk V solid dan cekungan (concha) dangkal.

Bentuk tersebut juga membuat saluran telinga tidak terblokir sehingga pengguna tetap dapat mendengar suara sekitar.

Mudah dihubungkan dan digunakan

Olike TWS T103 hadir dengan koneksi Bluetooth 5.3. Teknologi ini membuat TWS tersebut mudah dihubungkan ke berbagai perangkat, baik smartphone, laptop, maupun tablet.

Begitu dikeluarkan dari charger pengisi daya (charging bin), Olike TWS T103 akan langsung menyala. Hal ini terlihat dari indikator berwarna biru yang berkedip pada bagian atas TWS.

Olike TWS T103 hadir dengan pilihan warna putih, pink, dan biru muda. Dok. Olike Olike TWS T103 hadir dengan pilihan warna putih, pink, dan biru muda.

Setelah itu, pengguna hanya perlu menyalakan Bluetooth di perangkat, memeriksa nama Bluetooth TWS, dan menyandingkannya. TWS pun akan terhubung secara otomatis jika pernah terhubung sebelumnya.

Kemudian, Olike TWS T103 juga mudah dikontrol berkat kehadiran sistem sentuh. Pengguna cukup menekan area sentuh earphone kiri atau kanan untuk menjawab dan menutup panggilan telepon. Sementara itu, untuk menolak panggilan telepon, pengguna dapat menyentuh area sentuh selama dua detik.

Kepraktisan serupa juga dapat dirasakan pengguna saat mendengarkan musik. Dengan mengetuk satu kali pada area sentuh, musik dapat langsung terdengar atau terjeda secara otomatis.

Sementara untuk beralih ke lagu berikutnya atau sebelumnya, pengguna hanya perlu mengetuk dua kali pada area sentuh.

Kemudian, untuk mengontrol volume, pengguna dapat menekan sambil menahan area sentuh earphone selama tiga detik. Tahan area sentuh sebelah kanan untuk mengurangi volume dan sebelah kiri untuk menambahkan volume.

Beralih ke bagian baterai, dengan kapasitas baterai sebesar 260 mAh, Olike TWS T103 dapat bertahan selama lima jam untuk memutar musik dan tiga jam untuk melakukan panggilan telepon. Baterai tersebut dapat diisi daya selama 1,5 jam untuk mencapai kapasitas 100 persen.

Jika dibandingkan generasi pendahulunya, Olike TWS T103 hadir dengan pilihan warna yang lebih lembut, yakni putih, pink, dan biru muda. Pilihan warna ini cocok digunakan untuk semua kalangan.

Adapun Olike TWS T103 dibanderol dengan harga Rp 179.900. Harga yang ditawarkan cukup sebanding dengan kualitasnya.

Informasi lengkap mengenai Olike TWS T103 bisa kamu temukan pada laman berikut.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com