Advertorial

Gelar Tarling Perdana, Bupati Klaten Berikan Bantuan Sosial kepada Pejuang Adipura

Kompas.com - 28/03/2023, 13:48 WIB

KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten menyelenggarakan Sholat Tarawih Keliling (Tarling) perdana pada Ramadhan 1444 Hijriyah di Rumah Dinas Bupati Klaten, Jawa Tengah, Jumat (24/3/2023).

Adapun rangkaian kegiatan tersebut meliputi salat isya, tarawih, serta witir berjemaah. Pada kesempatan itu, Ustaz Syamsuddin Asyrofi memberikan ceramah kepada para jemaah yang hadir.

Selain itu, terdapat juga acara pemberian bantuan sosial Ramadhan Berkah dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Klaten kepada 150 pejuang Adipura.

Bupati Klaten Sri Mulyani menyerahkan bantuan secara simbolis kepada perwakilan 10 tim oranye atau penyapu jalanan. Penyerahan bantuan ini didampingi Wakil Bupati Klaten Yoga Hardaya dan Ketua Baznas Klaten KH Mukhlis Hudaf.

Dalam sambutannya, Sri Mulyani mengajak masyarakat Kabupaten Klaten untuk selalu menjaga keaktifan kegiatan Tarling. Ia juga meminta agar jumlah zakat, infak, dan sedekah (ZIS) di Baznas Kabupaten Klaten selalu meningkat. Dengan demikian, dana ZIS dapat digunakan untuk membantu menekan angka stunting (tengkes) dan kemiskinan di Kabupaten Klaten.

“Hari ini, kami menyalurkan bantuan sembako Ramadhan Berkah kepada tim oranye yang bekerja dengan baik selaku pejuang Adipura. Semoga tim oranye selalu sehat dalam mendukung (Kabupaten) Klaten yang selalu bersinar,” kata Sri Mulyani dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (28/3/2023).

Sementara itu, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Ardani mengatakan bahwa kegiatan Tarling akan dilaksanakan di enam tempat selama Ramadhan 1444 Hijriyah. 

Bupati Klaten Sri Mulyani saat memberikan sambutan. 

DOK. Pemkab Klaten Bupati Klaten Sri Mulyani saat memberikan sambutan.

Selain di Rumah Dinas Bupati Klaten pada Jumat (24/3/2022), Tarling juga akan dilaksanakan di Masjid Raya Klaten pada Jumat (31/3/2023), di Masjid Golo Bayat untuk kali pertama pada Rabu (5/4/2023), serta di Masjid Al Aqsha yang bertepatan dengan Nuzulul Quran pada Jumat (7/4/2023).

“Lalu, Tarling akan dilaksanakan di Masjid Nurul Istiqlal (Grha Bung Karno) pada Jumat (14/4/2023). Terakhir, Tarling akan dilaksanakan di Masjid Nur Azizah di Kantor Pemerintah Kabupaten Klaten pada Senin (17/4/2023),” kata Ardani.

Sebagai informasi, acara Tarling perdana juga dihadiri oleh jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Klaten, camat, serta aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Kabupaten Klaten.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com