Advertorial

3 Rekomendasi Game RPG di Konsol yang Bisa Dimainkan Saat Ngabuburit

Kompas.com - 28/03/2023, 14:34 WIB

KOMPAS.com - Ngabuburit atau kegiatan menunggu azan maghrib merupakan salah satu tradisi menarik yang hanya muncul saat Ramadhan saja.

Biasanya, ngabuburit diisi dengan sejumlah kegiatan, seperti jalan-jalan sore, berburu takjil, olahraga, dan membaca buku. Selain itu, aktivitas ngabuburit yang tak kalah menyenangkan untuk dilakukan adalah bermain game

Adapun salah satu genre game yang bisa dijadikan pilihan adalah role playing game (RPG) atau permainan peran. Genre ini terbilang seru karena pemain bisa mengontrol aksi dari karakter atau grup pada dunia fiksi dalam video game.

Lantaran seru dan larut dalam permainan, waktu pun tak terasa berlalu lebih cepat dan mendekati azan maghrib.

Sebagai rekomendasi, berikut adalah tiga game RPG di konsol yang asyik dimainkan saat ngabuburit, baik untuk PlayStation generasi ketiga (PS3), PS4, maupun PS5.

  1. DarkSouls

Di kalangan gamerDark Souls dikenal sebagai salah satu game paling hardcore alias rumit untuk ditaklukkan. Game besutan developer From Software ini merupakan spiritual successor Demon's Soul pada PS3 dengan durasi gameplay panjang. Alhasil, gamer butuh waktu lama untuk dapat menamatkannya.

Saat memainkan game tersebut, kamu disuguhi musuh-musuh dengan tingkat kesulitan yang bakal menguji kesabaran. Keterampilan gamer pun diuji saat berhadapan langsung dengan bos berwujud iblis dan berukuran raksasa yang mengerikan. Bos ini memiliki area serangan yang cukup luas di dalam ruangan yang sempit dan tak kenal ampun.

Meski dikenal sulit, Dark Souls tetap digemari para gamer lantaran memiliki ciri khas yang berbeda dengan game lain. Salah satunya, pelit cutscene yang biasanya wajib ada pada game-game yang mengutamakan cerita. Dengan begitu, kamu bakal lebih tertantang untuk menaklukkan game ini hingga tamat.

  1. Red Dead Redemption 2

Read Dead Redemption 2 merupakan permainan video aksi-penjelajahan yang dikembangkan serta diterbitkan oleh Rockstar Games. Dirilis untuk PS4 pada Oktober 2018, Red Dead Redemption 2 dinanti-nantikan penggemarnya karena baru muncul delapan tahun berselang dari Read Dead Redemption pertama.

Read Dead Redemption 2 mengambil latar Amerika Serikat pada 1899. Alur cerita game ini berpusat pada kisah tokoh koboi pelanggar hukum dan anggota geng Van der Linde bernama Arthur Morgan.

Di game itu, kamu akan memainkan peran protagonis Arthur Morgan yang ahli menembak. Adapun elemen gameplay yang disajikan mulai dari tembak-menembak, perampokan, berburu, hingga menunggang kuda.

Read Dead Redemption 2 disuguhkan melalui perspektif orang pertama dan ketiga. Setiap pemain pun leluasa menjelajah dunia terbuka secara interaktif.

  1. Stray

Salah satu game unik yang bisa kamu mainkan sembari ngabuburit adalah StrayGame ini tergolong unik lantaran dinantikan oleh gamer pencinta kucing. Dirilis pada Selasa (19/7/2022), game garapan BlueTwelve Studio ini bisa kamu mainkan melalui PC (Steam), PS4, dan PS5.

Stray menawarkan pengalaman gaming yang berbeda dengan game AAA yang umumnya menyuguhkan pengalaman bermain sarat aksi. Stray mengajak kamu untuk berpetualang lewat sudut pandang seekor kucing liar berwarna oranye.

Pada mulanya, kucing oranye itu merupakan kucing liar tanpa nama yang tak sengaja jatuh ke sebuah lubang yang cukup dalam. Tak dinyana, kucing oranye itu justru mendarat secara aman di kota asing bernuansa Cyber Punk.

Dalam permainan tersebut, kamu bisa melakukan berbagai aksi nakal layaknya kucing liar sungguhan, seperti rebahan, mencakar karpet, dan menjatuhkan barang secara sengaja. Benar-benar unik bukan?

Itulah tiga game RPG di konsol yang bisa kamu mainkan saat ngabuburit. Agar lebih seru, kamu bisa mengajak teman atau saudara untuk memainkannya di rumah. 

Untuk mendapatkan perangkat game berkualitas, kamu bisa berbelanja di Tokopedia. Marketplace atau lokapasar tersebut menawarkan berbagai pilihan perangkat game. Sony PS3 SuperSlim 500 GB, misalnya, bisa kamu dapatkan di Tokopedia seharga Rp 1.900.000.

Adapun Sony PS4 Slim 1TB dibanderol Rp 3.400.000 dan PS5 Console Digital seharga Rp 8.399.000.

Di Tokopedia, kamu juga bisa membeli perangkat game lain, seperti game stick yang dibanderol Rp 52.500, kabel USB charger stick Rp 7.900, adaptor HDMI Rp 52.500, dan gamepad wireless seharga Rp 95.000.

Tunggu apa lagi? Segera kunjungi Tokopedia untuk melengkapi koleksi perangkat game di rumah untuk menunjang kegiatan di waktu senggang selama Ramadhan atau libur panjang.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com