Advertorial

Berhasil Atasi Kendala Logistik, Brand ZM Zaskia Mecca Berkembang Pesat Selama Pandemi

Kompas.com - 28/03/2023, 14:58 WIB

KOMPAS.com - Pengelolaan logistik menjadi salah satu tantangan bagi penjual online. Pesanan produk yang banyak otomatis membutuhkan gudang dan keahlian operasional logistik yang mumpuni.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, tidak sedikit pengusaha online yang menjadikan rumah sebagai gudang. Hal ini dilakukan lantaran mereka umumnya belum mampu menyewa tempat khusus atau usahanya memang tidak memiliki toko fisik.

Pengelolaan logistik pada dasarnya tidak sebatas kendala pergudangan saja, tetapi juga manajemen inventori, penagihan, pengemasan, dan pengiriman.

Terlebih, bila bisnis yang dijalankan merupakan industri yang rutin melakukan inovasi dan pengembangan produk. Manajemen logistik menjadi kendala yang cukup menguras waktu dan tenaga.

Kendala tersebut dirasakan oleh artis Zaskia Adya Mecca dan adiknya Haykal Kamil yang mengembangkan bisnis busana muslim dengan brand ZM Zaskia Mecca.

Ia bercerita, bisnis yang telah dirintis sejak 10 tahun lalu itu mulanya beroperasi secara offline alias memiliki toko fisik. Namun, ia memutuskan untuk beralih secara online lantaran gempuran pandemi Covid-19 pada 2020.

Kala itu, lanjutnya, toko ZM Zaskia Mecca turut terkena dampak. Pengunjung sepi, padahal mereka adalah harapan bagi keberlangsungan bisnis tersebut. 

"Bisnis kami juga sempat terdampak, apalagi kami saat itu fokus pada toko offline dan juga menjadi pemasok sejumlah toko,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (24/3/2023).

Transformasi yang dilakukan Zaskia rupanya membuat brand miliknya itu berkembang pesat karena semakin mudah menjangkau pasar yang lebih luas. Di sisi lain, masyarakat juga semakin mudah mendapatkan baju muslim tanpa harus datang ke toko.

Meski begitu, bukan berarti Zaskia tak menemui kendala. Ratusan ribu pesanan yang masuk setiap bulan membutuhkan gudang yang besar dan keahlian dalam menjalankan operasional logistik yang mumpuni.

“Belanja online telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat. Ada ratusan bahkan ribuan pesanan setiap harinya yang harus kami kelola agar bisa terkirim dan sampai ke tangan pelanggan,” kata Zaskia.

Menyadari hal tersebut, Zaskia dan Haykal pun kemudian memercayakan pengelolaan logistik ZM Zaskia Mecca kepada Lazada Logistics. Mereka memilih layanan logistik menyeluruh, yaitu Multi-Channel Logistics (MCL). Melalui layanan ini, Zaskia mengaku bisa selangkah lebih maju dalam mengembangkan bisnisnya.

“Dengan MCL, mempermudah operasional ZM Zaskia Mecca sehingga kami dapat fokus pada penjualan dan pemasaran. (Kami juga) dapat berinovasi mengembangkan produk dan brand ZM Zaskia Mecca,” ujar Zaskia.

Layanan logistik MCL dari Lazada Logistics

Sebagai perusahaan dengan ekosistem e-commerce yang menyeluruh, Lazada Indonesia mengembangkan bisnis dan infrastruktur logistik di Indonesia melalui unit bisnisnya, yaitu Lazada Logistics. Unit bisnis ini bertujuan untuk membantu menguatkan ekosistem logistik Indonesia dan mendukung operasional brand dan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Layanan MCL dari Lazada Logistics. Dok. Lazada Layanan MCL dari Lazada Logistics.

Salah satu layanan yang dimiliki Lazada Logistics adalah MCL. Dengan mekanisme ini, Lazada Logistics akan menyimpan produk-produk mitra dan merchant sehingga penanganan dan pengiriman pesanan lebih efisien.

Adapun pengiriman dapat dilakukan menggunakan armada Lazada, mitra logistik pihak ketiga, atau armada yang ditunjuk.

Chief Logistic Officer Lazada Indonesia –Lazada Logistics Philippe Auberger mengatakan bahwa penjual dan brand memiliki banyak tugas, khususnya untuk bisa melayani pelanggan dengan baik dan mengembangkan bisnisnya secara berkelanjutan.

“Karena itulah, kami siap membantu mengelola operasional logistik mereka melalui infrastruktur dan jaringan logistik kami yang luas dan tersebar di seluruh Indonesia,” kata Philippe.

MCL memastikan brand experience yang konsisten, serta memecahkan banyak masalah logistik untuk brand dan penjual. MCL memungkinkan brand atau penjual untuk mengatur pengendalian inventaris. Dengan demikian, penjual tidak direpotkan dengan masalah logistik yang membutuhkan modal dan biaya operasional yang tinggi. Layanan MCL Lazada Logistics permudah pengiriman produk ke tangan konsumen. Dok. Lazada MCL memastikan brand experience yang konsisten, serta memecahkan banyak masalah logistik untuk brand dan penjual. MCL memungkinkan brand atau penjual untuk mengatur pengendalian inventaris. Dengan demikian, penjual tidak direpotkan dengan masalah logistik yang membutuhkan modal dan biaya operasional yang tinggi. Layanan MCL Lazada Logistics permudah pengiriman produk ke tangan konsumen.

Tidak hanya itu, lanjutnya, Philippe juga percaya bahwa penawaran layanan MCL akan membantu bisnis lokal dalam peningkatan skala bisnis mereka secara efektif dan efisien.

“Kemudahan yang ditawarkan oleh MCL akan meningkatkan pengalaman bisnis online secara keseluruhan. (Sebab,) bisnis dapat fokus pada proses produksi dan strategi pengembangan pasar, sementara sisanya akan ditangani oleh ekosistem e-commerce yang kuat dengan layanan logistik terpadu,” ujar Philippe.

Menurutnya, MCL juga menunjukkan infrastruktur supply chain dan kapabilitas logistik Lazada yang mumpuni. Hal ini terlihat dari solusi inventaris dan pemetaan rute yang cerdas pada MCL berkat dukungan data dan teknologi

Semua brand dan penjual dapat memanfaatkan jaringan Lazada Logistics dengan lebih dari 400 fasilitas yang terdiri dari gudang, pusat penyortiran, dan hub.

Mereka juga dapat memperoleh manfaat dari akses ke armada terbesar yang dimiliki Lazada, serta mendapatkan keunggulan kompetitif Lazada yang memiliki kendali atas operasi logistik yang menyeluruh.

Lazada Logistics juga berkomitmen untuk memberikan solusi logistik terbaik dan akan terus berinovasi serta meningkatkan layanan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang terus berkembang.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai layanan logistik di Lazada Logistics, silakan klik tautan berikut ini.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com