Advertorial

4 Hal Berikut Wajib Diperhatikan Sebelum Beli Sepeda Listrik

Kompas.com - 28/03/2023, 15:42 WIB

KOMPAS.com - Selain mobil, sepeda motor, dan bus, sepeda listrik atau electric bike mulai dilirik masyarakat untuk memudahkan bermobilitas, khususnya di kawasan perkotaan.

Selain praktis dan mudah untuk digunakan, sepeda listrik merupakan salah satu alat transportasi yang ramah lingkungan karena bebas polusi. Alat transportasi ini dibekali baterai sebagai penggerak sehingga memudahkan pengguna tanpa harus lelah mengayuh pedal.

Hal tersebut pun membuat sepeda listrik nyaman digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Selain itu, sepeda listrik juga memiliki desain ramping dan ringan sehingga dapat digunakan oleh berbagai kalangan, baik anak-anak, remaja, maupun orang dewasa.

Jika Anda tertarik memiliki sepeda listrik sebagai alternatif bermobilitas, simak empat tip membeli sepeda listrik berikut.

  1. Sesuaikan dengan kebutuhan

Seperti barang lain, sebelum membeli sepeda listrik, Anda harus mempertimbangkan secara matang dan tak sekadar ikut-ikutan tren atau fear of missing out (FOMO).

Pilih sepeda listrik yang sesuai dengan kebutuhan dan spesifikasinya. Bila digunakan untuk berbelanja, Anda bisa memilih sepeda listrik yang dilengkapi keranjang.

Jika digunakan untuk berolahraga ringan dan berkomuter, Anda bisa memilih e-bike yang menyerupai sepeda konvensional.

  1. Ketahui jenis dan kualitas baterai 

Setelah mengetahui jenis sepeda listrik, hal berikutnya yang patut diperhatikan adalah jenis dan kualitas baterai yang disematkan pada e-bike. Adapun baterai merupakan salah satu komponen krusial sebagai motor atau penggerak sepeda listrik.

Oleh karena itu, pastikan jenis dan kualitas baterai sepeda listrik agar tak salah beli. Jika diabaikan, sepeda listrik yang sudah terlanjur dibeli tak dapat dioperasikan secara optimal dan tidak bertahan lama.

Ada beberapa jenis baterai dengan kualitas baik yang jamak digunakan pada sepeda listrik, di antaranya adalah NIHM, LiION, LifePO4, LIPO, dan Li2TiO3.

Selain jenis baterai, sesuaikan pula kapasitas baterai listrik dengan keperluan dalam menggunakan sepeda. Jika digunakan untuk bepergian jauh, pilih sepeda listrik dengan kapasitas baterai listrik dengan kapasitas yang besar dan juga sebaliknya.

Untuk memastikannya, Anda bisa bertanya langsung pada pramuniaga di gerai sepeda listrik atau membaca rincian spesifikasi secara detail pada laman resmi pihak produsen.

  1. Cek detail bahan dan kualitas

Selain kualitas, kapasitas, dan jenis baterai, hal yang tak kalah penting diperhatikan adalah mengecek kondisi komponen sepeda, mulai dari ban, rantai, fitur rem, hingga kerangka.

Hal itu dilakukan untuk memastikan sepeda listrik yang hendak dibeli aman, nyaman, serta awet ketika digunakan, baik untuk jarak dekat maupun jauh.

Selain itu, jangan mudah tergiur penawaran dengan harga murah sehingga spontan membeli dengan mengabaikan langkah-langkah di atas.

  1. Garansi dan layanan purnajual

Setelah yakin dengan seluruh tahapan di atas, baik dari segi peruntukan, kualitas dan kapasitas baterai, maupun detail komponen, langkah berikutnya adalah memastikan keberadaan fasilitas garansi komponen sepeda listrik.

Pasalnya, setiap komponen sepeda listrik berpotensi mengalami kerusakan atau korsleting di masa mendatang. Misalnya, komponen baterai, mesin motor, dan rem.

Untuk memastikan garansi komponen sepeda listrik, Anda bisa mengecek di laman resmi brand ataupun official store yang tersedia di marketplace atau lokapasar.

Itulah empat tip yang dapat Anda lakukan jika berencana membeli sepeda listrik. Adapun brand e-bike yang dapat dipertimbangkan untuk dibeli adalah sepeda listrik Selis, Fiar, dan Uwinfly. Tiga jenama tersebut merupakan produsen sepeda listrik kenamaan di Tanah Air.

Untuk mendapatkan sepeda listrik berkualitas, Anda bisa berbelanja di Tokopedia. Di lokapasar ini, Anda bisa membeli sepeda listrik Selis dengan harga yang beragam. Sepeda listrik Selis tipe IOI-Pro, misalnya, dibanderol Rp 6,4 juta. Ada pula Selis tipe Kenari seharga Rp 5,5 juta, dan Garuda Rp 3,5 juta.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa membeli perangkat pendukung sepeda listrik Selis di Tokopedia, seperti aki baterai yang dibanderol Rp 980.000, charger sepeda Rp 105.000, dan ban dalam Rp 26.900.

Selain itu, Anda juga bisa membeli sepeda listrik Viar U1 di Tokopedia seharga Rp 3,8 juta, Viar Akasha 1 Rp 5,7 juta, dan Viar Caraka Rp 6,3 juta.

Charger sepeda listrik Viar juga tersedia di Tokopedia dengan banderol Rp 327.000 dan plat nomor mainan Rp 150.000.

Di Tokopedia, Anda juga bisa mendapatkan sepeda listrik Uwinfly RF8 Redfish 8 seharga Rp 5,5 juta dan Uwinfly Dragonfly DF7 New Series Rp 4,1 juta.

Tak sabar untuk segera memiliki sepeda listrik? Sambangi segera laman atau aplikasi Tokopedia untuk mendapatkan kendaraan listrik impian.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com