Advertorial

Rekomendasi 3 Tensimeter Terbaik untuk Kontrol Tekanan Darah Selama Ramadhan

Kompas.com - 29/03/2023, 19:14 WIB

KOMPAS.com - Selama menjalani ibadah puasa Ramadhan, penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi perlu mengukur tekanan darah secara rutin. 

Hal itu perlu dilakukan supaya penderita hipertensi dapat mengetahui perubahan kondisi dan menjaga tekanan darah di level normal, yakni 100-130 milimeter air raksa (mmHg) untuk tekanan sistolik dan 60-90 mmHg untuk tekanan diastolik. 

Mengukur tekanan darah saat ini pun cukup praktis karena sudah ada tensimeter–alat pengukur tekanan darah–yang dapat dioperasikan di rumah. Dengan begitu, penderita hipertensi tidak perlu repot-repot ke klinik atau rumah sakit untuk memeriksa tekanan darah. 

Berikut adalah rekomendasi tensimeter digital yang dapat Anda beli untuk digunakan di rumah.

  1. Omron Tensimeter HEM-7121

Omron HEM-7121 menjadi salah satu tensimeter yang memiliki fitur lengkap. Selain dapat mengukur tekanan darah, tensimeter ini juga dapat menunjukkan ritme detak jantung yang tidak teratur. Bahkan, hasil pengukurannya pun bisa disimpan hingga 30 kali.

Tak heran, bila tensimeter Omron ini banyak digunakan karena bisa mendeteksi kondisi kesehatan secara menyeluruh.

Agar pengukuran tekanan darah lebih akurat, pengguna harus menjaga tubuh supaya tidak bergerak. Karenanya, tensimeter ini dilengkapi indikator yang akan menyala jika tubuh bergerak. 

Harga tensimeter Omron HEM-7121 cukup bervariasi di pasaran, mulai dari Rp 450.000 hingga Rp 699.000.

  1. TensiOne 1A OneMed

Selain Omron, jenama tensimeter lain yang banyak digunakan masyarakat adalah OneMed. Jenama ini memiliki beragam produk tensimeter yang laris di pasaran. Salah satunya, TensiOne 1A OneMed. Produk ini merupakan alat pengukur tekanan darah digital pada lengan atas bersuara bahasa Indonesia.

TensiOne 1A OneMed memiliki layar LCD besar untuk memudahkan pengguna melihat hasil pengukuran tekanan darah. Ada pula fitur indikator pemakaian manset, gerakan tubuh, serta deteksi detak jantung tidak beraturan.

TensiOne 1A OneMed memiliki tempat penyimpanan empat buah baterai dan adaptor. Untuk harga, tensi digital Onemed ini dibanderol mulai dari Rp 325.000 hingga Rp 425.000.

  1. Beurer BM 26

Beurer BM 26 dapat dijadikan pilihan bila Anda mencari tensimeter yang dapat menyimpan hasil pengukuran hingga empat orang. Bahkan, hasil pengukuran masing-masing anggota keluarga dapat disimpan hingga 120 kali pengukuran. 

Dengan demikian, tensimeter tersebut cocok untuk memantau kondisi kesehatan seluruh anggota keluarga di rumah.

Soal fitur, Beurer BM 26 dapat mendeteksi denyut jantung yang tidak beraturan. Terdapat juga indikator warna yang dapat menunjukkan hasil pengukuran tekanan darah, mulai dari rendah, normal, hingga di atas rata-rata. Adapun harga tensi digital ini berkisar Rp 530.000 hingga Rp 660.000.

Itulah tiga tensimeter yang dapat digunakan untuk mengukur tekanan darah selama Ramadhan. Kini, Anda tidak perlu repot mencari tensimeter digital karena sudah tersedia di Tokopedia. 

Jadi, tunggu apa lagi? Segera dapatkan tensimeter di Tokopedia untuk dapat mengetahui kondisi tekanan darah anggota keluarga.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com