Advertorial

Kemenkes Apresiasi Inovasi Teknologi Inti Struktur SAP Makuku yang Efektif Kurangi Ruam Popok

Kompas.com - 29/03/2023, 20:47 WIB

KOMPAS.com – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia (RI) mengapresiasi inovasi Makuku dalam menghadirkan popok antigumpal pertama di Indonesia.

Pasalnya, jenama popok bayi tersebut telah memelopori penggunaan teknologi inti struktur super absorbent polymer (SAP) yang efektif mengurangi ruam popok pada bayi.

Penggunaan teknologi itu pun membuat Makuku berhasil mendapatkan dua penghargaan sekaligus dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI), yakni sebagai “Popok Bayi Sekali Pakai Tertipis” dan “Popok Bayi dengan Fasilitas Antigumpal Berteknologi SAP Pertama di Indonesia”.

Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, Kemenkes, drg Widyawati, MKM, mengapresiasi capaian Makuku dalam menghadirkan popok bayi berkualitas hingga mendapatkan rekor MURI.

Menurutnya, menjaga kesehatan kulit anak merupakan hal penting yang harus dibiasakan sejak dini. Akan tetapi, kenyataannya, masalah ruam popok masih kerap ditemui. Bahkan, menurut data epidemiologi kasus ruam popok terjadi pada 65 persen bayi dengan kasus tertinggi terjadi di usia 6-12 bulan.

Adapun untuk mencegah ruam popok, orangtua harus menggunakan popok yang tepat sesuai berat bayi, rutin membersihkan area popok, menggunakan krim disekitar area popok, rutin mengganti popok setiap 2-3 jam sekali, dan memberikan air susu ibu (ASI) eksklusif.

“Selamat untuk Makuku karena telah menyabet dua rekor MURI. Semoga capaian ini bisa menjadi tonggak kemajuan untuk industri penyediaan popok berkualitas bagi anak Indonesia,” ujar drg Widyawati dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (29/3/2023).

Ia juga berharap, inovasi dunia usaha, seperti yang dilakukan Makuku dalam menyediakan popok berkualitas, dapat terus menggerakkan upaya promotif dan preventif higienitas kepada masyarakat demi mendukung masa depan generasi penerus bangsa.

Pada kesempatan sama, Director Branding Makuku Indonesia Lucky Zheng berterima kasih kepada MURI dan Kemenkes yang telah memercayakan Makuku sebagai popok paling tipis dan antigumpal yang efektif mengurangi ruam popok.

Penghargaan dan apresiasi yang diberikan kepada Makuku, katanya, telah memberikan kepercayaan kepada pihaknya untuk bagian penting bagi kehidupan bayi di Indonesia.

“Kami harap, ke depan, Makuku dapat terus berinovasi dan mengembangkan produk berkualitas lain sehingga menjadi preferensi brand yang menjadi sahabat para ibu dan anak,” ujar Jason.

Makuku sebagai solusi mengurangi ruam popok pada bayi

Untuk diketahui, angka kasus ruam popok pada anak perempuan dan laki-laki di bawah usia 3 tahun di Indonesia mencapai sekitar 7-35 persen.

Hal tersebut disebabkan oleh sejumlah faktor, di antaranya adalah penggunaan ukuran popok bayi yang salah, permukaan popok yang lembap akibat daya serap popok lemah, kontak terlalu lama antara popok dan kulit bayi, serta popok yang menggumpal.

Sementara itu, saat ini, permasalahan popok menggumpal paling banyak menyita perhatian para orangtua karena berpotensi meningkatkan risiko ruam popok yang menjadi penyebab iritasi kulit.

Melalui teknologi baru inti struktur SAP, Makuku hadir sebagai solusi untuk mengurangi kekhawatiran orangtua terhadap risiko ruam karena popok menggumpal. Sebab, berbeda dari popok lain, popok Makuku hanya menggunakan inti struktur SAP tanpa campuran pulp atau serat kayu (kapas).

Inti struktur SAP mampu menyerap cairan dengan cepat dan merata. Teknologi ini sudah teruji dan terbukti menyerap cairan lebih baik ketimbang popok tradisional yang berbahan dasar pulp.

Berbekal teknologi inti SAP, popok Makuku juga mampu mengunci cairan sehingga tidak menyebabkan gumpalan dan mengurangi risiko kebocoran pada popok.

Teknologi tersebut menjadikan salah satu produk Makuku, yaitu Makuku SAP Diapers Slim, memiliki ketebalan hanya 1,6 mm dengan daya serap maksimal. Ini menjadikan produk tersebut sebagai popok paling tipis.

Sebagai brand pakar ruam popok, Makuku selalu berdedikasi terhadap kesehatan bayi melalui produk berkualitas. Selain itu, Makuku juga membuktikan keseriusannya dalam menangani masalah ruam popok melalui slogan “Takut Ruam Popok, Pakai Makuku”.

Sebagai informasi, Makuku memiliki enam seri popok, yaitu Makuku SAP Diapers Slim, Makuku SAP Diapers Comfort, Makuku SAP Diapers Comfort Fit, Makuku SAP Diapers Pro Care, Makuku SAP Diapers Balance Care dan Makuku SAP Diapers Slim Care yang baru saja diluncurkan.

Seluruh produk Makuku dapat dipakai oleh bayi, mulai usia newborn hingga balita. Adapun produk Makuku hadir dalam dua tipe, yakni tipe perekat (tape) dan tipe celana (pant) dalam ukuran NB, S, M, L, XL, dan XXL.

Informasi lebih lengkap terkait teknologi SAP dan ruam popok pada bayi dapat diakses lewat akun Instagram @makuku.indonesia.official atau mengunjungi situs web www.makuku.co.id.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com