Advertorial

Berencana Mudik Lebaran? Simak 3 Kebutuhan si Kecil yang Tak Boleh Ketinggalan

Kompas.com - 30/03/2023, 09:00 WIB

KOMPAS.com – Mudik merupakan salah satu tradisi pada Hari Raya Idul Fitri yang tidak bisa dilepaskan oleh masyarakat Indonesia. Pasalnya, momen ini dimanfaatkan untuk berkumpul dengan orangtua dan keluarga di kampung halaman. Karena itu, mudik tetap dilakukan setiap tahun.

Lantaran menjadi momen spesial, Anda perlu mempersiapkan secara matang sebelum mudik. Terlebih, jika jarak yang ditempuh jauh dan mengajak si kecil. Hal ini akan terasa lebih menantang

Jika Anda berencana pulang kampung membawa si kecil, pastikan membawa tiga kebutuhan berikut agar nyaman selama perjalanan.

  1. Stroller

Barang pertama yang harus ada di daftar Anda saat menyiapkan mudik bersama si kecil adalah stroller. Stoller dapat membantu si kecil saat harus berjalan jauh, seperti di bandara atau stasiun.

Anda dapat menempatkan si kecil di dalam strolle. Dengan begitu, Anda tidak akan kelelahan karena harus berjalan sembari menggendong si kecil. Stroller juga dapat digunakan sebagai tempat tidur jika si kecil terlelap saat menunggu waktu keberangkatan.

Selain itu, stroller juga dapat berguna saat Anda mengunjungi destinasi wisata di kampung halaman. Dengan menempatkan si kecil di stroller, Anda dan si kecil bisa menikmati pemandangan di lokasi wisata dengan nyaman.

Agar lebih ringkas, Anda dapat memilih stroller yang kecil dan mudah dilipat. Untuk diketahui, stroller dengan ukuran kecil juga diperbolehkan dibawa hingga ke kabin pesawat.

  1. Car seat

Bagi Anda yang berencana mudik menggunakan mobil pribadi, penggunaan car seat untuk bayi merupakan barang penting yang harus disiapkan dan dibawa. Car seat adalah kursi mobil khusus yang digunakan anak usia tertentu. Kursi ini berfungsi untuk melindungi mereka selama berada di atas mobil.

iberitakan Kompas.com, Jumat (18/2/2022), penggunaan car seat untuk anak-anak merupakan cara terbaik untuk melindungi anak dari berbagai kejadian yang tidak diinginkan, seperti kecelakaan.

Sebagai informasi, kecelakaan mobil menjadi salah satu penyebab utama kematian dan cedera pada anak. Oleh karena itu, penting untuk menempatkan si kecil di car seat dengan sabuk pengaman anak-anak selama berada di dalam mobil.

Dalam memilih car seat, kidshealth.org memberikan beberapa tips. Anda dapat menyesuaikan car seat dengan berat, tinggi, dan usia anak. Selain itu, sesuaikan juga dengan kursi penumpang pada mobil Anda.


Kemudian, pastikan Anda telah mempelajari cara memasang car seat dan penggunaan sabuk pengaman sebelum melakukan perjalanan mudik.

  1. Gendongan bayi

Barang terakhir yang perlu dibawa saat mudik adalah gendongan bayi. Meski telah membawa stroller, bukan berarti Anda tidak perlu membawa gendongan bayi.

Terkadang, anak bayi rewel di tempat baru. Untuk menenangkan si kecil, Anda dapat menggendongnya menggunakan gendongan bayi. Hal ini akan membuat si kecil lebih nyaman karena berada dalam dekapan sang ibu.

Pilihlah jenis gendongan yang nyaman bagi si kecil dan Anda. Gendongan bayi berbahan kaos atau geos menjadi pilihan banyak ibu-ibu. Pasalnya, gendongan ini mudah diaplikasikan. Si kecil cukup diselipkan di antara kain tanpa perlu mengatur kekencangan dan panjang kain.

Untuk bayi yang sudah bisa duduk sendiri, Anda dapat menggunakan gendongan jenis hip seat. Gendongan jenis ini memberi kenyamanan bagi si kecil karena dapat menghadap ke ibu atau ke depan. Dengan demikian, ia dapat melihat pemandangan sekitar.

Gendongan hip seat juga nyaman digunakan oleh ibu. Pasalnya, gendongan didesain sedemikian rupa untuk menjaga postur tulang belakang ibu tetap berada dalam kondisi normal.

Itulah tiga kebutuhan si kecil yang tidak boleh ketinggalan dibawa saat mudik Lebaran. Dengan membawa ketiga barang tersebut, perjalanan pulang kampung menjadi lebih nyaman dan aman.

Jika belum memiliki salah satu barang tersebut, Anda bisa membelinya secara online di Tokopedia. Marketplace atau lokapasar ini menyediakan berbagai kebutuhan ibu dan bayi, termasuk stroller, car seat, dan gendongan bayi berbagai tipe.

Nah, tunggu apalagi? Segera penuhi kebutuhan mudik si kecil di Tokopedia dan nikmati berbagai promo yang ditawarkan.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com