Advertorial

Antimacet, Nyaman, dan Murah, Ini Kelebihan Kereta Api ketimbang Moda Lainnya

Kompas.com - 31/03/2023, 17:34 WIB

KOMPAS.com - Kereta api masih menjadi angkutan transportasi favorit masyarakat untuk traveling saat libur di hari besar nasional. Bahkan, pada musim mudik Lebaran, tiket kereta api habis terjual jauh-jauh hari.

Hal itu bukan tanpa alasan. Jika dibandingkan moda transportasi lain, seperti bus dan pesawat terbang, kereta api lebih ekonomis dan efisien.

Tidak hanya itu, moda transportasi yang dikelola oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI) tersebut juga memiliki sejumlah kelebihan lain.

Lantas, apa saja kelebihan yang ditawarkan kereta api? Simak ulasan berikut.

  1. Antimacet

Jika dibandingkan moda transportasi darat lain, misalnya bus atau kendaraan pribadi, kereta api menjadi pilihan favorit masyarakat karena tidak terjebak kemacetan di jalan. Apalagi, pada saat akhir pekan atau hari raya, risiko macet di jalan raya atau tol tak terhindarkan.

Kereta api mempunyai privilese atau hak istimewa, yakni memiliki jalur khusus. Dengan begitu, ular besi ini dapat melaju kencang hingga 120 km per jam dan hanya berhenti di stasiun tertentu.

  1. Ketepatan waktu

Selain antimacet, kereta api juga tepat waktu sampai di lokasi tujuan ketimbang moda transportasi lain. Adapun on-time performance (OTP) kereta api juga semakin membaik dari tahun ke tahun.

Dilansir dari dataindonesia.id, Rabu (20/7/2022), ketepatan waktu keberangkatan kereta api penumpang mencapai 99,71 persen pada 2021. Angka ini meningkat 0,09 poin jika dibandingkan 2020 yang sebesar 99,62 persen.

Ketepatan waktu itu disebabkan transformasi di tubuh KAI guna memberikan pelayanan prima dan andal bagi masyarakat.

  1. Utamakan kemudahan dan kenyamanan

Kenyamanan yang ditawarkan KAI menjadi nilai tambah bagi moda transportasi kereta api. Berbagai sarana dan prasarana yang dihadirkan pun semakin memanjakan setiap penggunanya, mulai dari sistem pemesanan tiket kereta api yang lebih mudah hingga pelayanan di dalam kabin (on-board).

Agar penumpang nyaman selama di perjalanan, pihak KAI memberikan fasilitas lampu baca, stop kontak, pendingin udara, dan kursi yang bisa disandarkan hingga 40 derajat pada kelas eksekutif.

Begitu pula di kelas ekonomi, tersedia pendingin udara dan pembagian tempat duduk yang lebih teratur sehingga tak berdesak-desakan dengan penumpang lain.

Selain itu, setiap penumpang juga dapat membeli makan ataupun snack di kereta restorasi yang tersedia di setiap rangkaian kereta. Menu yang disuguhkan pun beragam dengan konsep tematik sesuai destinasi kereta yang dituju.

Saat membeli tiket kereta Jakarta Bandung, misalnya, penumpang dapat mencicipi menu legendaris nasi goreng Parahyangan. Begitu pula ketika membeli tiket kereta Jakarta Jogja, penumpang bisa menjajal Nasi Ayam Kremes dari Pringsewu.

  1. Tiket lebih murah

Harga tiket kereta lebih terjangkau daripada tiket pesawat. Dengan begitu, penumpang bisa lebih hemat untuk bujet transportasi liburan dan bisa mengalokasikannya untuk hal lain, seperti kuliner di destinasi liburan dan belanja oleh-oleh.

Saat ini, tiket kereta api juga lebih mudah dibeli. Calon penumpang tidak perlu lagi antre di stasiun atau minimarket yang sudah bekerja sama dengan KAI.

Agar lebih gampang, calon penumpang bisa memesan tiket kereta di Tokopedia. Pembelian tiket kereta di marketplace atau lokapasar ini memiliki banyak keuntungan, salah satunya harga tiket kereta api lebih murah.

Tiket kereta Jakarta Bandung, misalnya, dibanderol mulai dari Rp 45.000 untuk keberangkatan kereta Cikuray dari Pasar Senen ke Cimahi.

Adapun kereta Serayu dengan keberangkatan dari Pasar Senen menuju Kiaracondong bisa dibeli seharga Rp 63.000. Untuk Argo Parahyangan Eksekutif dari Gambir-Bandung dibanderol Rp 200.000.

Untuk tiket kereta Jakarta Jogja, calon penumpang bisa membeli tiket kereta Taksaka, Bima, Argo Lawu, Gajayana, dan Argo Dwipangga dengan harga mulai dari Rp 475.000 untuk kelas eksekutif hingga Rp 1.200.000 untuk kereta panoramic.

Di Tokopedia, kamu pun bisa memesan dua bulan lebih awal dari rencana keberangkatan, pilih kursi sendiri, jadwal serta pilihan rute lengkap, transaksi pembayaran lebih aman, dan tersedia berbagai metode pembayaran.

Tidak hanya itu, ada pula promo 4x cashback atau diskon hingga Rp 75.000 yang bisa kamu nikmati saat pesan tiket kereta di Tokopedia. Bila berencana liburan akhir pekan, kamu juga berkesempatan mendapatkan diskon hingga Rp 500.000 dengan kode promo “WEEKENDTRAVEL”.

Segera kunjungi Tokopedia sekarang dan dapatkan tiket kereta api murah untuk mudik di Hari Raya Idul Fitri ataupun liburan di akhir pekan.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com