Advertorial

Pemprov Sulsel Boyong Kuliner Tradisional ke Inacraft 2023

Kompas.com - 31/03/2023, 18:48 WIB

KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) memboyong sejumlah produk minuman dan makanan tradisional Sulsel ke ajang Inacraft ke-23 yang diadakan di Jakarta Convention Center, Jakarta, mulai Rabu (1/3/2023) hingga Minggu (5/3/2023).

Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mengatakan, produk yang dihadirkan merupakan andalan dari daerahnya.

"Sejumlah makanan dan minuman khas dari Sulsel kami hadirkan untuk Inacraft, seperti kapurung dan pardede dari Kota Palopo, simbole durian dari Kabupaten Wajo, dan produk olahan ikan. Ada juga bipang, barongko, beppa pute, bolu peca, katerisalla, dan kue tradisional lain," kata Andi Sudirman dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Kamis (2/3/2023).

Selain itu, lanjut Andi Sudirman, ada juga minuman khas Sulsel, seperti markisa dan kopi Toraja. Sementara dari Kabupaten Bone, Pemprov Sulsel juga memamerkan baje canggoreng, beppa kambu, gogoso, dan kacipo lontong.

Pemprov Sulsel Andi Sudirman Sulaiman.Dok. Pemprov Sulsel Pemprov Sulsel Andi Sudirman Sulaiman.

Adapun gelaran yang diprakarsai oleh Asosiasi Eksportir dan Pengusaha Handicraft Indonesia (ASEPHI) bekerja sama dengan Mediatama Event itu menjadi ajang yang spesial bagi Sulsel. Sebab, provinsi ini dijadikan subtema gelaran Inacraft 2023 dengan judul The Authentic South Sulawesi. Sementara itu, tema besar yang diusung adalah "From Smart Village to Global Market”.

"Kami juga mengajukan kapal phinisi untuk menjadi ikon Inacraft 2023. Pertimbangannya, karena kapal phinisi mampu menambah daya promosi. Tidak hanya di Indonesia, tetapi juga ke seluruh dunia," ujar Andi Sudirman.

Sebagai informasi, Inacraft 2023 dibuka secara resmi oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. Turut hadir pula Menteri Koperasi Usaha Kecil Menengah (UKM) Teten Masduki serta Ketua Umum ASEPHI Muchsin Ridjan.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com