Advertorial

Beli Konten di Google Play Kini Bisa Pakai Virtual Account BCA via DOKU

Kompas.com - 03/04/2023, 13:14 WIB

KOMPAS.com - Platform pembayaran digital, DOKU, resmi menghadirkan opsi pembayaran virtual account (VA) Bank Central Asia (BCA) untuk setiap pembelian konten digital yang dilakukan melalui Google Play Store dan in-app purchase.

Seperti diketahui, saat ini, VA merupakan media pembayaran digital sekaligus menjadi salah satu metode pembayaran populer di Indonesia.

Kepopuleran VA sebagai metode pembayaran pilihan konsumen juga terlihat dalam total transaksi yang tercatat pada aplikasi DOKU.

“Saat ini, VA menjadi metode pembayaran yang paling banyak digunakan oleh pelanggan dari merchant yang menggunakan payment gateway DOKU. Setidaknya (ini yang terjadi) dalam dua tahun terakhir. Hadirnya VA BCA diharapkan dapat membuat pengguna Google Play semakin nyaman saat membeli konten digital dan menambah jumlah transaksi," ujar Chief of International Partnerships DOKU Alison Jap dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (20/3/2023).

Selain itu, lanjut Alison, opsi pembayaran VA BCA juga dihadirkan DOKU karena minat terhadap pembelian online game berbasis aplikasi mengalami peningkatan.

Berdasarkan data Google Year in Search, minat pencarian terhadap online game meningkat hingga 30 persen pada 2022. Tren main bareng (mabar) juga meningkat hingga lebih dari 80 persen.

Sementara itu, menurut laporan e-Conomy SEA 2022, frekuensi penggunaan digital gaming juga mengalami kenaikan, yakni dari 29 persen pada 2021 menjadi 34 persen pada 2022.

Executive Vice President Transaction Banking Business Development BCA I Ketut Alam Wangsawijaya menjelaskan bahwa pihaknya sangat menyambut baik kerja sama dengan DOKU.

“Kerja sama ini sebagai bagian dari upaya memberikan layanan terbaik. Tak hanya bagi nasabah BCA, tapi juga bagi pengguna Google Play. Kolaborasi antara BCA, Google, dan DOKU menjadi salah satu perwujudan ekosistem layanan transaksi digital di Indonesia,” kata I Ketut.

Terkait kerja sama dengan DOKU dan BCA, Head of Google Play Retail and Payments Activation Southeast Asia, Zulfi Rahardian, menjelaskan bahwa upaya tersebut dilakukan untuk mendukung pertumbuhan sektor game dan hiburan di Indonesia.

Apalagi, saat ini, minat dan transaksi di Google Play selama beberapa tahun terakhir semakin meningkat akibat munculnya berbagai tren hiburan baru dan hobi yang kembali populer.

“Kami terus berusaha menyediakan lebih banyak opsi pembayaran yang sesuai dengan kebutuhan pengguna dan developer di Indonesia. Kami berharap, dengan kerjasama ini, para pengguna bisa semakin nyaman saat membeli konten digital dan bertransaksi,” jelas Zulfi.

Cara pembayaran menggunakan VA BCA

Adapun cara bertransaksi menggunakan metode pembayaran VA BCA cukup mudah. Kamu hanya perlu masuk ke aplikasi Play Store.

Kemudian, cari dan pilih game item atau diamond yang akan dibeli pada aplikasi game.

Setelah itu, cari metode pembayaran dan pilih opsi "Pembayaran dengan BCA".

Selanjutnya, klik opsi "Dapatkan Kode Pembayaran" dan klik "Copy Kode Pembayaran".

Lalu, buka aplikasi BCA Mobile dan pilih menu "m-BCA" serta klik menu "M-Transfer".

Setelah berhasil masuk, pilih opsi "BCA Virtual Account" dan masukan nomor VA yang telah disalin pada kolom nomor VA sebelumnya. Terakhir, klik opsi "Konfirmasi" dan tunggu hingga transaksi berhasil.

Sebagai informasi, selain VA, DOKU juga memfasilitasi pembayaran digital yang dilakukan pada gerai minimarket, seperti Alfamart dan Indomaret serta e-wallet melalui DOKU e-Wallet untuk setiap pembelian konten digital di Google Play.

Adapun bank yang telah bekerja sama dengan DOKU untuk kebutuhan VA adalah BCA, Bank Mandiri, Bank Syariah Indonesia (BSI), dan BRI.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com