Advertorial

Catat, Taspen Salurkan THR bagi Pensiunan pada 4 April 2023

Kompas.com - 04/04/2023, 10:49 WIB


KOMPAS.com – Kabar gembira bagi peserta Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Taspen) di seluruh Indonesia. Pasalnya, PT Taspen (Persero) akan menyalurkan tunjangan hari raya (THR) 2023 kepada para pensiunan pada Selasa (4/4/2023).

Penyaluran tersebut merupakan salah satu komitmen Taspen untuk dapat terus hadir dan andal melayani pesertanya, khususnya mendekati Hari Raya Idul Fitri 1444 H.

Merujuk Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2023 tentang Pemberian Tunjangan Hari Raya kepada Aparatur Negara, Pensiunan, Penerima Pensiun, dan Penerima Tunjangan Tahun 2023, Taspen memberitahukan beberapa informasi penting kepada pensiunan, penerima pensiun, dan penerima tunjangan terkait penyaluran THR.

  1. Pembayaran THR kepada pensiunan, penerima pensiun, dan penerima tunjangan tahun 2023 paling cepat dilakukan pada 4 April 2023. Ketentuan besaran THR 2023 didasarkan komponen penghasilan yang dibayarkan pada Maret 2023 yang terdiri atas pensiun pokok, tunjangan keluarga, tunjangan pangan, dan tambahan penghasilan.

THR bagi pensiunan, penerima pensiun, penerima tunjangan tahun 2023 tidak dikenakan potongan iuran danatau potongan lain, termasuk potongan kredit pension, kecuali dikenakan pajak penghasilan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan ditanggung pemerintah

  1. Bagi penerima pensiun TMT Maret 2023 atau sebelumnya yang pembayaran pensiun pertamanya dilakukan di atas 29 Maret 2023, THR 2023 dibayarkan mulai 4 April 2023.
  2. Dalam hal aparatur negara sekaligus sebagai pensiunan atau sebaliknya pensiunan sekaligus sebagai aparatur negara, THR yang dibayarkan hanya satu yang nilainya paling besar.
  3. Dalam hal penerima pensiun yang berasal dari aparatur negara sekaligus sebagai penerima pensiun dari pejabat negara atau sebaliknya, THR yang dibayarkan hanya satu yang nilainya paling besar.
  4. Dalam hal aparatur negara sekaligus sebagai penerima pensiun janda/duda dan/atau sebagai penerima tunjangan janda/duda, THR dibayarkan pada keduanya, yaitu sebagai aparatur negara dan penerima pensiun janda/duda dan/atau sebagai penerima tunjangan janda/duda.
  5. Dalam hal pensiun sendiri sekaligus sebagai penerima pensiun janda/duda dan/atau penerima tunjangan janda/duda, THR dibayarkan pada keduanya, yaitu sebagai pensiun sendiri dan sebagai penerima pensiun janda/duda dan/atau sebagai penerima tunjangan janda/duda.
  6. Dalam hal pensiun janda/duda sekaligus sebagai penerima tunjangan, THR dibayarkan pada keduanya, yaitu sebagai pensiun janda/duda dan sebagai penerima tunjangan.
  7. Bagi PNS dan pejabat negara yang pensiun terhitung mulai 1 April 2023 dan seterusya, pembayaran THR 2023 dilakukan oleh instansi yang bersangkutan.
  8. Kepada para pensiunan untuk berhati-hati terhadap penipuan yang mengatasnamakan Taspen. Sebab, pembayaran THR tidak dikenakan biaya apa pun.

Pelayanan terbaik diberikan Taspen pada para pensiunan. Dok. Taspen Pelayanan terbaik diberikan Taspen pada para pensiunan.

Sebagai informasi, Taspen senantiasa terus memberikan pelayanan terbaik bagi peserta, termasuk pada Ramadhan. Komitmen Taspen dalam penyaluran THR bagi peserta dapat disalurkan dengan baik karena mengimplementasikan prinsip 5T, yaitu tepat orang, tepat jumlah, tepat waktu, tepat tempat, dan tepat administrasi.

Selain itu, Taspen terus menghadirkan inovasi program demi meningkatkan kualitas layanan dan transformasi bisnis yang semakin baik. Inovasi layanan Taspen terbaru hadir melalui Taspen One Hour Online Service. Layanan ini merupakan pengajuan klaim secara online yang terintegrasi untuk peserta dan dapat diakses melalui tos.taspen.co.id.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com