Advertorial

Tetap Bugar Selama Puasa, Simak 4 Tip Penuhi Nutrisi Tubuh

Kompas.com - 04/04/2023, 14:51 WIB

KOMPAS.com – Selama berpuasa Ramadhan, tubuh akan mudah merasa lemas dan lelah. Hal ini disebabkan menurunnya kadar gula darah karena tubuh tidak menerima asupan makan dan minum selama kurang lebih 12 jam.

Padahal, sekalipun sedang berpuasa, kamu harus tetap semangat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari selama Ramadhan. Salah satu caranya adalah dengan mencukupi kebutuhan nutrisi agar tetap sehat dan bugar selama berpuasa.

Untuk mencukupi kebutuhan nutrisi, kamu harus mengonsumsi makanan bergizi seimbang saat sahur dan berbuka puasa. Makanan yang kamu konsumsi pun harus mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral.

Namun, kamu juga harus tahu bahwa kebutuhan nutrisi setiap orang berbeda-beda. Ada beberapa faktor yang menjadi pembeda, yaitu berat badan, usia, aktivitas yang dilakukan, dan kondisi kesehatan seseorang. Misalnya, penderita anemia memerlukan lebih banyak makanan yang mengandung zat besi. 

Faktor lain yang juga membedakan kebutuhan nutrisi harian setiap orang adalah jenis kelamin. Berdasarkan tabel Angka Kebutuhan Gizi yang dianjurkan oleh Kementerian Kesehatan, pria berusia 20-an dengan berat badan berkisar 60 kg memerlukan energi setidaknya 2.650 kalori. Sedangkan, wanita yang berada di rentang usia sama dengan berat badan sekitar 55 kg memerlukan energi sekitar 2.250 kalori. 

Oleh karena itu, agar tetap sehat dan bugar selama puasa, kamu perlu mencukupi setidaknya 40 persen dari total kebutuhan energi harian saat sahur. Berikut empat tip untuk penuhi nutrisi harian dan bikin kamu kenyang lebih lama saat puasa Ramadhan. 

  1. Konsumsi makanan dan minuman tinggi protein serta kaya serat

Saat puasa, banyak orang memilih untuk menambah jumlah karbohidrat, terutama saat sahur. Padahal, konsumsi karbohidrat berlebih justru membuat kamu cepat mengantuk. 

Daripada memperbanyak karbohidrat, kamu bisa memaksimalkan asupan protein dan serat untuk membantu merasa kenyang lebih lama. Kamu bisa mengonsumsi makanan tinggi protein dan serat, seperti kacang-kacangan, telur, ikan, dan daging ayam. 

Kamu juga bisa mengonsumsi minuman praktis, seperti smoothies ready to drink yang memiliki kandungan protein serta serat tinggi. 

  1. Pilih karbohidrat kompleks

Mengonsumsi karbohidrat kompleks juga bisa membantu kamu kenyang lebih lama. Dengan menambahkan sumber karbohidrat kompleks dalam menu sahur, kamu bisa kuat berpuasa seharian penuh. 

Hal itu karena karbohidrat kompleks membutuhkan proses cerna lebih lama sehingga kamu tidak mudah lapar. Selain itu, karbohidrat kompleks juga mengandung serat, vitamin, dan mineral tinggi.

Adapun sumber karbohidrat kompleks yang dapat kamu konsumsi saat sahur di antaranya adalah susu almon, susu oat, pisang, nasi merah, roti gandum, dan ubi jalar.

  1. Hindari makanan dan minuman yang mengandung gula tambahan 

Meskipun gula dapat diubah menjadi energi, jika dikonsumsi secara berlebih akan berdampak buruk untuk kesehatan. Energi yang dihasilkan pun tidak bisa bertahan lama dan justru akan membuatmu mudah lemas.

Selain itu, minuman tinggi gula tambahan juga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Pasalnya, kadar gula darah dapat melonjak drastis. 

Sebagai gantinya, kamu bisa memilih makanan dan minuman yang mengandung gula alami dari buah dan sayur. 

Opsi lain, kamu bisa mengonsumsi jus murni yang terbuat dari buah dan sayur segar tanpa tambahan gula. Tak hanya tepat untuk mencukupi kebutuhan gula, jus murni juga dapat menjadi sumber vitamin dan mineral yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh selama puasa.

  1. Lengkapi kebutuhan mikronutrien

Saat puasa, pastikan kamu tidak hanya fokus pada makanan yang mengandung makronutrien. Kamu juga perlu melengkapi kebutuhan mikronutrien yang terdiri dari vitamin dan mineral. 

Sebagai informasi, vitamin A, B kompleks, C, D, E, dan K sangat dibutuhkan oleh tubuh agar bisa tetap berfungsi secara normal. Selain itu, kandungan mineral, seperti kalsium, natrium, kalium, magnesium, dan zat besi, juga tidak boleh diabaikan. 

Agar tidak bosan, kamu dapat memvariasikan menu makanan dan minuman saat sahur serta berbuka yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi makro dan mikro untuk tubuh. 

Itulah 4 tip agar tubuh tetap mendapat kandungan nutrisi yang cukup saat sahur dan berbuka puasa. Kamu dapat menerapkan tip tersebut agar tubuh tidak lemas selama berpuasa seharian.

Selain dengan makanan sehat, kamu juga harus memenuhi kebutuhan cairan, berolahraga ringan, dan cukup istirahat untuk menjaga badan tetap bugar dan sehat saat puasa. Kamu bisa mengonsumsi minuman yang mengandung elektrolit alami yang dapat membantu tubuh kembali segar untuk #SeimbangkanNutrisimu bersama Re.juve. 

-Dok. Re.juve -

Re.juve menghadirkan Paket #TemanPuasa yang dibuat khusus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi serta membantu mengembalikan cairan yang hilang selama puasa. Kombinasi smoothies, true cold-pressed juice, dan cold-pressed almond milk dalam Paket #TemanPuasa bisa menjadi alternatif sehat dan praktis untuk memenuhi kebutuhan protein, serat, vitamin, dan mineral. 

Ada tiga pilihan Paket #TemanPuasa yang bisa kamu pesan melalui store Re.juve terdekat. Kamu juga dapat memesan Re.juve melalui Delivery Hotline, Mobile Unite, dan mengunjungi situs web www.rejuve.co.id. Yuk, sedia Re.juve sekarang!

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com