Advertorial

Siagakan Layanan Pengisian BBM, Pertamina Siap Hadapi Arus Mudik

Kompas.com - 06/04/2023, 21:25 WIB

KOMPAS.com – Jelang arus mudik Lebaran 2023 yang diprediksi berlangsung pada 18-19 April 2023, PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah (JBT) menyiagakan fasilitas penyaluran bahan bakar minyak (BBM). Utamanya, di Tol Trans-Jawa di wilayah Jawa bagian tengah.

Hal itu diungkapkan Direktur Pemasaran Regional Pertamina Patra Niaga Mars Ega Legowo Putra saat mendampingi Direktur Jenderal (Dirjen) Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Tutuka Ariadji dalam peninjauan sejumlah stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) dan layanan tambahan untuk pengisian BBM di rest area tipe B di sepanjang Tol Trans-Jawa wilayah Jawa Barat hingga Jawa Tengah pada Kamis (6/4/2023)

Kunjungan tersebut bertujuan untuk memastikan kesiapan sarana fasilitas dan stok BBM di SPBU yang akan dilintasi para pemudik ataupun angkutan logistik yang mobilisasinya kerap meningkat jelang Lebaran.

“Kami mendampingi tinjauan tim dirjen migas yang menyusuri jalur Tol Trans-Jawa di sepanjang Pantai Utara (Pantura). Sebelumnya, kami meninjau SPBU di Rest Area Cikarang, Cikopo, Cipali, dan SPBU di Rest Area KM 379A,” tutur dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Kamis.

Terkait persiapan Lebaran 2023, Ega menjelaskan, Pertamina melakukan penambahan sembilan SPBU di antara kilometer (KM) 252 hingga KM 519 di wilayah Tol Trans-Jawa yang berada di Jawa Tengah.

Adapun empat di antaranya berada di ruas Tol A (Jakarta menuju Surabaya) dan yang baru beroperasi terletak di KM 338. Sementara, lima lainnya berada di ruas Tol B (Surabaya menuju Jakarta). Hanya saja, yang baru beroperasi di ruas B adalah SPBU di KM 282.

Selain itu, Pertamina juga telah menambah layanan pengisian tambahan di beberapa titik rest area lain, seperti 12 unit Pertashop dan 1 unit SPBU modular.

Adapun lima di antaranya berada di ruas Tol A, yaitu di KM 252, KM 275, KM 391, KM 456, KM 487, KM 519 dan KM 538. Sementara, empat lainnya berada di ruas Tol B, yakni di KM 538, KM 519, KM 487, KM 456, dan KM 294.

Ega menambahkan, SPBU yang berada di jalur strategis akan disiagakan selama 24 jam dengan stok penuh untuk mengantisipasi kebutuhan pengisian BBM.

Ia pun mengimbau para pemudik agar mengisi BBM kendaraannya di titik awal keberangkatan guna menghindari kepadatan di rest area.

“Para pemudik dapat mengisi penuh tangki kendaraan Anda dengan BBM berkualitas untuk performa yang maksimal," ujar Ega.

Pertamina siap layani kebutuhan BBM pemudik Lebaran 2023. Dok. Pertamina Pertamina siap layani kebutuhan BBM pemudik Lebaran 2023.

Siapkan motoris

Pertamina juga menyiagakan motoris Pertamina jika suatu waktu dibutuhkan untuk melayani pengisian BBM di dalam tol dan jalur padat apabila terjadi antrean di SPBU.

“Apabila dibutuhkan, motoris Pertamina yang sehari-hari bertugas dalam layanan Pertamina Delivery Service (PDS) juga akan kami kerahkan untuk memecah antrean pada saat pengisian BBM di setiap SPBU Tol Trans-Jawa atau jalur lainnya yang mengalami kepadatan,” terang Ega.

Pertamina juga mengantisipasi apabila terdapat konsumen yang mengalami kehabisan BBM di tengah jalan tol dengan menyiapkan Mobil Siaga, yaitu mobil pembawa BBM kemasan.

Terdapat emapt Mobil Siaga yang disiapkan di empat titik, yaitu di gerbang keluar Tol Tegal, gerbang keluar Tol Weleri, SPBU Rest Area KM 429, dan SPBU dekat gerbang masuk Tol KM 493.

"Secara keseluruhan, kami telah menambah jumlah fasilitas tambahan pengisian BBM untuk mengimbangi peningkatan mobilisasi kendaraan pada mudik 2023 yang diprediksi meningkat hingga 14,2 persen yang diikuti oleh 123,8 juta orang, dengan 12,99 juta orang di antaranya atau 15 persen bertujuan mudik ke Jawa Tengah,” tutur Ega.

Penjabat Sementara (Pjs) Area Manager Communication, Relation and CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah Marthia Mulia Asri mengungkapkan bahwa selain layanan pengisian BBM, Pertamina juga akan menyiapkan stok tambahan dalam mobil tangki yang terisi penuh dan ditempatkan di beberapa SPBU di titik yang berpotensi adanya lonjakan kebutuhan.

“Mobil tangki tersebut disebut dengan istilah SPBU Kantong,” ujar Marthia.

Ia menyebutkan bahwa sebanyak 50 mobil tangki disiapkan di 50 SPBU, baik di Tol Trans-Jawa maupun di luar Tol Trans-Jawa. Utamanya, di lokasi-lokasi yang ramai konsumen, seperti di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

“Kami berkomitmen melayani kebutuhan energi agar masyarakat dapat menikmati Ramadhan dan Idul Fitri dengan tenang. Satuan Tugas (Satgas) BBM dan liquefied petroleum gas (LPG) Ramadhan dan Idul Fitri juga sudah kami aktifkan sejak 1 April 2023 dan direncanakan akan berakhir pada 2 Mei 2023," jelasnya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com