Advertorial

Yuk, Cegah Bau Mulut Saat Berpuasa dengan 5 Kebiasaan Ini

Kompas.com - 11/04/2023, 12:11 WIB

KOMPAS.com – Saat Ramadhan, umat Islam harus berpuasa menahan haus dan lapar sejak matahari terbit hingga tenggelam. Hal ini pun memengaruhi sejumlah fungsi biologis tubuh, salah satunya mulut.

Selama berpuasa, mulut tidak dilalui oleh makanan dan minuman dalam jangka waktu yang cukup lama sehingga membuatnya kering. Kondisi ini pun membuat mulut menjadi bau. Apabila tidak ditangani dengan tepat, kesehatan mulut bisa terganggu, bahkan berujung pada penyakit yang bisa menghambat ibadah puasa.

Untuk mencegah hal itu, Anda bisa menjaga kesehatan mulut dan gigi selama berpuasa dengan tip berikut ini.

  1. Rajin sikat gigi dan lidah

Salah satu penyebab bau mulut adalah sisa makanan yang menumpuk pada mulut, khususnya di sela-sela gigi. Oleh karena itu, saat berpuasa, pastikan Anda rajin menyikat gigi dengan benar.

Selain penumpukan sisa makanan, bakteri yang bersarang di mulut juga menjadi salah satu penyebab bau mulut. Jadi, selain menyikat gigi, pastikan bagian lidah juga dibersihkan. Anda bisa menggosoknya dengan alat pembersih lidah yang terdapat di bagian belakang sikat gigi.

  1. Hindari konsumsi makanan berbau menyengat

Bau mulut juga dapat bersumber dari makanan berbau menyengat yang Anda konsumsi saat sahur ataupun berbuka puasa. Sebut saja, bawang putih, bawang merah, bawang bombai, dan durian yang mengandung senyawa belerang tinggi.

Ada pula makanan berbau menyengat karena mengandung sulfur, seperti jengkol dan petai. Tak hanya mulut, keduanya juga menimbulkan bau pada urine.

Selain makanan berbau menyengat, ada juga makanan lain yang memicu bau mulut, yakni susu dan keju. Keduanya mengandung asam amino yang merupakan “santapan” bakteri alami lidah sehingga berpotensi memunculkan bau tidak sedap di mulut, terutama saat berpuasa.

  1. Jangan tidur terlalu lama

Air ludah atau saliva merupakan komponen penting yang bisa membersihkan mulut secara alami dan menjaganya agar tidak kering. Saat tidur, produksi saliva menurun sehingga mulut menjadi kering. Alhasil, pembersihan mulut secara alami pun tidak maksimal.

Oleh karena itu, jangan tidur terlalu lama agar produksi saliva tetap lancar. Dengan demikian, mulut bisa selalu lembap dan bersih.

  1. Isap jeruk atau lemon saat sahur dan buka puasa

Mengisap jeruk dan lemon saat berbuka puasa bisa menjadi salah satu solusi mengatasi bau mulut. Sebab, jeruk dan lemon dapat memantik produksi saliva sehingga mulut tetap lembap. Alhasil, saliva bisa membersihkan mulut secara maksimal dan menghilangkan bau mulut.

Selain mencegah bau mulut, jeruk dan lemon juga mengandung antioksidan yang bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh selama berpuasa.

  1. Berkumur menggunakan mouthwash

Setelah menyikat gigi dan lidah, lanjutkan pembersihan mulut dengan berkumur menggunakan mouthwash. Pasalnya, mouthwash dapat membunuh dan menekan laju pertumbuhan bakteri pada area mulut yang sulit dijangkau oleh sikat gigi.

Pembersihan maksimal menggunakan mouthwash juga bisa mengurangi risiko sariawan dan radang gusi yang kerap terjadi saat berpuasa. Jadi, kesehatan mulut bisa lebih maksimal.

Salah satu mouthwash yang bisa jadi pilihan untuk membersihkan mulut selama berpuasa adalah Total Care Mouthwash.

Obat kumur tersebut telah mendapat sertifikasi halal dan mengandung 0 persen alkohol sehingga tidak perih di mulut. Mouthwash ini juga mengandung formula cetylpyridinium chloride (CPC) yang efektif melawan virus dan mengontrol plak pada area yang sulit dijangkau sikat gigi.

Total Care Mouthwash juga mengandung xylitol yang bisa menghambat pertumbuhan bakteri, mengurangi plak pada permukaan gigi, dan mengurangi proses pembentukan karies pada gigi. Untuk menyempurnakan penjagaan terhadap kesehatan mulut, produk ini juga mengandung formulasi bahan antibakteri alami yang teruji klinis dapat membunuh kuman hingga 99 persen.

Total Care Mouthwash untuk mengurangi bau mulut saat berpuasa.Dok. Total Care Mouthwash Total Care Mouthwash untuk mengurangi bau mulut saat berpuasa.

Salah satu varian Total Care Mouthwash yang cocok digunakan saat berpuasa adalah Siwak Salt. Pasalnya, varian ini memiliki kandungan bahan alami siwak, sea salt atau garam laut, dan tea tree oil yang mampu mengurangi pertumbuhan bakteri dan bau mulut.

Dengan berkumur menggunakan Total Care Mouthwash dua kali sehari setelah sikat gigi, Anda bisa menjaga aroma nafas menjadi segar alami. Agar maksimal, gunakan produk ini setiap setelah sahur, berbuka puasa, serta sebelum tidur.

Untuk diketahui, produk tersebut tersedia dalam tiga ukuran, yakni 100 ml, 250 ml, dan 400 ml. Produk ini bisa didapatkan di e-commerce, seperti Shopee.

Itulah lima tip mencegah bau mulut saat berpuasa. Yuk, selalu jaga kesehatan mulut agar ibadah puasa dapat berjalan dengan lancar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com