Advertorial

Mentan SYL: Panen Raya IP 400 di Kabupaten Klaten Bisa Jadi Contoh Pertanian Nasional

Kompas.com - 11/04/2023, 15:45 WIB

KOMPAS.com - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengapresiasi capaian panen program IP 400 di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Untuk diketahui, IP 400 merupakan cara tanam dan panen padi sebanyak empat kali secara rotasi dalam satu tahun pada lahan yang sama.

Bahkan, Mentan menyebut bahwa pertanian di Kabupaten Klaten harus menjadi role model pertanian secara nasional. Menurutnya, petani di Kabupaten Klaten memegang andil besar dalam menyukseskan program tersebut.

Hal tersebut disampaikan Mentan saat panen raya padi IP 400 di Desa Kalikebo, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Klaten, Senin (10/4/2023).

“(Kabupaten) Klaten harus menjadi contoh program pertanian yang berskala nasional. Hebatnya, semangat gotong royong harus menjadi budaya para petani di daerah lain, tidak hanya di Klaten. Oleh karena itu, saya berterima kasih kepada petani di Klaten yang sudah sepakat untuk berkomitmen mencukupi 11.000 hektare (ha) Program IP 400,” ujar Syahrul dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (11/4/2023).

Mentan menjelaskan, semangat petani di Kabupaten Klaten dapat mempercepat pelaksanaan program IP 400 serta meningkatkan produktivitas sektor pertanian. Ia berharap, semangat para petani itu mampu meningkatkan kesejahteraan mereka.

“Mari kita percepat target panen 11.000 Ha pada Program IP 400 untuk mewujudkan pertanian yang maju, mandiri, dan modern di Indonesia,” paparnya.

Sementara itu, data Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Klaten menyebutkan, luas lahan tanam padi IP 400 di Desa Kalikebo mencapai 530 ha (luas panen hamparan) dengan varietas padi Padjadjaran. Sementara, potensi produktivitasnya mencapai 8,8 ton per ha.

Pada kesempatan sama, Bupati Klaten Sri Mulyani yang turut mendampingi Mentan menyampaikan bahwa Kabupaten Klaten telah mencapai target IP 400 pada 2022. Adapun luas lahan tanamnya mencapai 10.000 ha yang tersebar di 25 kecamatan di 273 desa.

Bupati Klaten Sri Mulyani saat memberikan sambutan.DOK. Pemkab Klaten Bupati Klaten Sri Mulyani saat memberikan sambutan.

Kemudian, pada 2023, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten memperluas lahan pertanian pada program IP 400 menjadi 11.000 ha di 26 kecamatan di 2899 desa.

“Panen padi di Desa Kalikebo merupakan salah satu bukti keberhasilan Kabupaten Klaten dalam pengembangan optimalisasi indeks pertanaman (OPIP) IP 400. Adapun capaian hasil pertanian setiap bulannya, dari Januari sampai Maret 2023, mengalami surplus hingga 31.000 ton beras,” kata Sri Mulyani.

Dengan capaian tersebut, Sri Mulyani menegaskan bahwa stok beras untuk masyarakat Kabupaten Klaten dalam kondisi aman. Hal ini selaras dengan program unggulan Kabupaten Klaten, yaitu Klaten Mandiri Pangan.

“Keberhasilan panen harus disyukuri dan ditingkatkan di masa yang akan datang. Panen padi di Desa Kalikebo merupakan salah satu bukti bahwa kami selalu bersama dalam pengembangan IP 400,” tuturnya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com