Advertorial

Sambut Arus Mudik, Pemkab Klaten Siagakan 60 Ambulans

Kompas.com - 13/04/2023, 16:35 WIB

KOMPAS.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten, Jawa Tengah (Jateng), melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) menggelar apel ambulans di halaman Pendapa Ageng Kabupaten Klaten, Kamis (13/4/2023). Kegiatan ini dilakukan sebagai persiapan menyambut arus mudik Lebaran 2023.

Kepala Dinkes Klaten Cahyono Widodo mengatakan bahwa pihaknya menyiagakan 60 unit ambulans untuk mendukung operasional pelayanan kesehatan. Layanan ini disediakan secara gratis bagi pemudik yang melintas di wilayah Klaten.

“Apel ambulans kali ini bertujuan untuk memastikan unit yang digunakan berada dalam kondisi baik,” ujar Cahyono dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (13/4/2023).

Cahyono menuturkan, ambulans tersebut disiagakan di pos-pos kesehatan arus mudik dan balik Lebaran 2023.

Pihaknya juga menyediakan pos kesehatan yang tersebar di enam titik Pos Pelayanan Terpadu, yaitu Pos Terpadu Alun Alun Klaten, Terminal Karang Delanggu, Prambanan, Jatinom, Balai Desa Tegalyoso, dan Pos Kesehatan Terminal Ir Soekarno.

Selain itu, Dinkes Kabupaten Klaten juga menyiagakan 13 rumah sakit dan 34 puskesmas sebagai pelayanan kesehatan bagi pemudik selama 24 jam.

Bupati Klaten Sri Mulyani juga turut meninjau langsung kesiapan unit ambulans yang disiagakan selama arus mudik dan balik Lebaran 2023.

Dia meminta seluruh petugas ambulans untuk selalu memantau kondisi kendaraan dan menjaga kondisi kesehatan diri.

“Ambulans dan petugasnya harus dalam kondisi fit sehingga pelayanan yang diberikan kepada masyarakat bisa optimal,” kata Sri.

Dia juga mengingatkan kemungkinan lonjakan pemudik jika dibandingkan 2022. Oleh sebab itu, seluruh petugas harus memberikan pelayanan yang optimal demi kelancaran arus mudik dan Lebaran 2023.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com