Advertorial

Catat, Ini 5 Vitamin dan Mineral yang Dibutuhkan Tubuh Saat Berpuasa

Kompas.com - 14/04/2023, 09:00 WIB

KOMPAS.com – Tubuh tak dapat dimungkiri bisa terasa lebih lemas ketika menjalankan ibadah puasa. Kondisi ini terjadi lantaran tubuh tidak mendapat asupan nutrisi selama sekitar 12 jam.

Untuk menjaga kelancaran berpuasa, kamu perlu mengonsumsi asupan nutrisi seimbang yang mengandung vitamin dan mineral, baik saat berbuka puasa maupun sahur. Sebab, kedua nutrien ini merupakan amunisi penting untuk menunjang sistem metabolisme tubuh, terlebih saat berpuasa.

Berikut adalah lima vitamin dan mineral yang tidak boleh terlewat agar puasa kamu berjalan lancar.

  1. Vitamin A

Vitamin A kerap dikaitkan dengan kesehatan mata. Padahal, fungsi vitamin A lebih besar dari itu. Diberitakan Kompas.com, Sabtu (19/11/2022), vitamin A dapat memperkuat sistem kekebalan dengan mendukung kinerja sel darah putih serta selaput lendir di paru-paru, usus, dan saluran kemih.

Adapun vitamin A terkandung pada ubi jalar, sayur bayam, brokoli, paprika, ikan tuna, telur, wortel, hati sapi, dan susu.

  1. Vitamin B

Terdapat beragam jenis vitamin B yang sebaiknya dikonsumsi saat berpuasa, seperti vitamin B1 (tiamin), vitamin B5, vitamin B7 (piridoksin), asam folat, dan vitamin B12.

Sebagian besar jenis vitamin B bermanfaat untuk mengubah makanan yang dikonsumsi menjadi energi.

Vitamin B bisa didapatkan pada salmon, sayuran berdaun hijau, hati dan jeroan, telur, susu, daging sapi, serta kacang-kacangan.

  1. Vitamin C

Vitamin C memiliki peran penting dalam menjaga kekebalan tubuh, khususnya saat berpuasa. Dilansir dari laman Healthline, Kamis (2/4/2022), vitamin C mengandung antioksidan kuat yang dapat menetralkan senyawa yang tidak stabil, seperti radikal bebas, di dalam tubuh.

Vitamin C juga dapat mencegah dan membantu memulihkan kerusakan sel dalam tubuh. Selain itu, vitamin ini juga dapat membantu mencegah penuaan, menjaga kesehatan mata, menyerap zat besi, dan menurunkan tekanan darah.

Asupan vitamin C bisa didapatkan lewat sejumlah makanan, terutama buah serta sayur, seperti jeruk, stroberi, tomat, dan brokoli.

  1. Vitamin D

Seperti vitamin C, vitamin D juga berfungsi menjaga daya tahan tubuh. Pasalnya, vitamin ini dapat meningkatkan produksi protein tubuh yang mampu menangkal infeksi berbahaya.

Selain itu, vitamin D juga membantu menjaga kesehatan tulang serta menjaga kalsium dan fosfor di dalam tubuh.

Vitamin D terdapat dalam sejumlah makanan, seperti ikan salmon, ikan sarden, ikan tuna, minyak hati ikan cod, jamur, dan kuning telur.

  1. Omega 3

Omega 3 merupakan jenis lemak baik yang memiliki sejumlah manfaat bagi tubuh, seperti mendukung pertumbuhan otak, meningkatkan kesehatan kulit, menurunkan risiko penyakit jantung, dan mengurangi peradangan.

Kemudian, omega 3, khususnya yang berasal dari ikan, dapat membantu mengontrol rasa lapar pada tubuh saat berpuasa.

Beberapa jenis ikan dengan kandungan asam lemak omega 3 tinggi adalah lain ikan tuna, tenggiri, sarden, belut, bandeng, patin, dan salmon.

Itulah lima vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh selama berpuasa. Selain lewat asupan makanan bergizi, vitamin dan mineral juga bisa didapatkan melalui suplemen kesehatan. Salah satunya adalah Blackmores Multivitamin.

Blackmores Multivitamin merupakan suplemen kesehatan yang mengandung nutrisi lengkap, seperti vitamin A, B1, B2, B5, B6, D, E, kalsium, zat besi, magnesium, dan kalium.

Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi Blackmores Bio C 1000 yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Pasalnya, suplemen ini mengandung vitamin C, bioflavonoid, ekstrak Rosa canina, dan ekstrak Malpighia glabra

Kemudian, untuk memenuhi asupan omega 3, kamu bisa memilih Sea Quill Omega 3 Salmon. Suplemen yang mengandung ekstrak ikan salmon, asam eicosapentaenoate (EPA), docosahexaenoic acid (DHA), serta lisethin ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, mengencerkan darah, menurunkan kadar lemak darah dan tekanan darah tinggi, serta mengurangi reaksi radang, gangguan autoimun, dan nyeri.

Ketiga vitamin dan suplemen kesehatan lain bisa kamu dapatkan dengan mudah melalui marketplace atau lokapasar, seperti Tokopedia.

Melalui lokapasar tepercaya itu, kamu bisa membeli suplemen kesehatan yang dapat menunjang kelancaran puasa.

Yuk, segera cek aplikasi Tokopedia kamu untuk mendapatkan suplemen kesehatan sesuai kebutuhan!

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com